x

Iklan

Alfina Nur Eka Damayanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Desember 2022

Rabu, 28 Juni 2023 06:33 WIB

Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk

Perusahaan yang mengimplementasi system manajemen memiliki kinerja keuangan dan non-keuangan. Kinerja keuangan berfokus pada pengembalian laba bersih atas modal, dan kinerja non-keuangan berfokus pada kualitas produk, pangsa kepuasan pelanggan serta moral karyawan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di dalam sebuah perusahaan tentunya memiliki sistem pengendalian manajemen. Pengendalian manajemen itu berfungsi untuk mengambil keputusan terkait suatu hal. Selain itu juga  untuk memotivasi karyawan, agar perilaku dan nilai mereka sesuai norma dan tujuan perusahaan. Ini berlaku untuk perusahaan besar perusahaan kecil.

Kegiatan pengendalian manajemen bersifat single feedback loop. Hal ini dilakukan berupa upaya pengukuran kinerja, membandingkan kinerja aktual dengan standar, dan apabila diperlukan mengambil tindakan korektif. 

Pengendalian manajemen juga lebih bersifat proaktif dibandingkan reaktif karena dirancang untuk mencegah masalah yang memberikan efek buruk bagi organisasi, oleh sebab itu pastinya perusahaan memiliki system pengendalian manajemen. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Anthony dan Reece (1989:824) "system pengendalian manajemen merupakan nfluence members of the organization to implement the organization yang artinya bahwa system pengendalian manajemen memiliki fungsi pengendalian terhadap aktivitas-aktivitas dalam suatu organisasi yang diupayakan agar sesuai dengan startegi badan usaha untuk mencapai tujuannya".

Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk

PT Garuda Indonesia Tbk. adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia yang menguasai 50% pasar penerbangan domestik. Seiring dengan perkembangan teknologi dan persaingan global sekarang ini menjadikan persaingan bisnis semakin ketat maka dibutuhkan sistem pengendalian manajemen perusahaan dalam rangka mengarahkan berbagai macam usaha yang dilaksanakan oleh semua subunit organisasi agar mengarah pada tujuan organisasi dan tujuan para manajernya. 

Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Garuda Indonesia Tbk. ini terdiri dari result control, action control, personel control, dan cultural control. Result control berkaitan dengan pencapaian visi dan misi organisasi dimana menciptakan langkah-langkah 
strategis dengan target yang telah ditetapkan, salah satunya yaitu quantum leap yang merupakan upaya PT Garuda Indonesia Tbk. dalam rangka meningkatkan pertumbuhan secara pesat selama lima tahun. 

Action control lebih menitikberatkan kepada pengendalian terhadap tindakan pegawai agar mengikuti kehendak perusahaan, bentuk 
pengendaliannya diantaranya Batasan Perilaku (Behavioral constraint) yang contohnya computer password, Review Sebelum Tindakan Dilakukan 
(Preaction review) dengan adanya litbang yang canggih dan modern, dimana semua produk baru atau pun pengembangan suatu produk ini harus terlebih dahulu lulus uji di litbang ini, Pertanggungjawaban Tindakan (Action accountability) dengan melakukan review per minggu, Pengulangan (Redundancy) dengan memiliki Komite Sumber Daya PT. Garuda Indonesia, Tbk telah dibentuk di setiap divisi dan fungsi guna mengidentifikasi ketrampilan dan kapabilitas yang dibutuhkan di masa depan, menetapkan jalur karir dan program pelatihan profesional, melakukan benchmarking remunerasi, dan mengidentifikasi talenta utama dan pemimpin masa depan. 

Strategi yang diterapkan Garuda agar dapat bertahan untuk menghadapi kompetitornya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (dengan training and development pegawai), menerapkan Good Corporate Governance, meningkatkan sinergi antar unit-unit usaha yang tercantum dalam ‘Garuda Group’, dan menerapkan aliansi strategis. Personnel controls membangun kecenderungan pola pikir karyawan secara alami untuk mengontrol dan memotivasi diri mereka sendiri, PT Garuda Indonesia Tbk. memiliki personal control antara lain beberapa submodul HCP SAP yang isinya mengenai Organisasional Manajemen (MO), Unit Organisasi (Organizational Unit), Pekerjaan (Job) dan Posisi (Position), Personnel Administration, Time Management, Recruitment, 

Proses Bisnis Recruitment, Performance Management System yang menangani semua proses HR yang terkait dengan pencatatan dan evaluasi penilaian karyawan, Proses Bisnis Performance Management System, Training & Event Management, Proses Bisnis Training & Event Management, Compensation Management, Proses Bisnis Compensation Management, Personnel Cost Planning, Proses Bisnis Personnel Cost Planning. 

Cultural control adalah pengendalian yang di desain untuk mengontrol kegiatan secara bersama-sama, dengan cara pemberian tekanan kelompok pada individu yang menyimpang dari norma dan nilai dari kelompok tersebut. Supaya cultural control dapat efektif maka dibutuhkan ikatan emosional yang kuat antara yang satu dengan yang lainnya. Garuda Indonesia telah mengumandangkan 5 (lima) nilai-nilai perusahaan, yaitu efficient & effective; loyalty; customer centricity; jonesty & openness dan integrity yang disingkat menjadi "FLY HI" sejak tahun 2007, dilanjutkan dengan rumusan code of conduct yang diluncurkan pada tahun 2008. Etika bisnis dan etika kerja perusahaan merupakan himpunan perilaku-perilaku yang harus ditampilkan dan perilaku-perilaku yang harus dihindari oleh setiap Insan Garuda Indonesia. Perusahaan juga mengimplementasikan whistleblowing system sebagai alat manajemen untuk membantu penegakan etika perusahaan. Kemudian Garuda Indonesia juga melakukan perubahan terkait tampilan dan pelayanan supaya lebih merepresentasikan Indonesia dengan keramahan dan mempromosikan Indonesia kepada dunia yang diselaraskan dengan konsep pelayanan Garuda Indonesia Experience.

 

Alfina Nur Eka Damayanti

Mahasiswi Universitas Pamulang

Program Studi Akuntansi Program Sarjana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ikuti tulisan menarik Alfina Nur Eka Damayanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu