Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini

Rabu, 7 Desember 2022 06:29 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang bisa membawa banyak manfaat bagi anak, mulai dari memperkenalkan berbagai kosakata, meningkatkan imajinasi, kecerdasan, dan kreatifitas, hingga mendukung daya ingat dan konsentrasi si kecil.

Membaca buku adalah aktivitas yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari pula.

Dari buku, banyak sekali pelajaran yang dapat di ambil. Tetapi masih banyak sekali orang tua yang menyepelekan manfaat dari membaca, bahkan jarang sekali orang tua merangkul agar anaknya tertarik dalam membaca.

Maka dari itu, mulai sekarang sebagai orang tua harus menumbuhkan ketertarikan anak dalam minat membaca. Memang tidak mudah tentunya, tetapi ada beberapa cara yang bisa orang tua terapkan agar anak dapat minta membaca. Diantaranya sebagai berikut.

  1. Pilih buku yang tepat

Tentunya sebagai orang tua harus tau mana buku yang tepat untuk anak. Carilah buku yang sekiranya menarik untuk dibaca oleh anak usia dini. Buku yang paling cocok adalah buku yang menghibur, tidak membosankan ketika si anak membaca dan carilah buku yang bergambar agar anak dapat berimajinasi ketika membaca.

 

  1. Bacakan buku sebelum tidur

Membacakan buku cerita sebelum waktu tidur juga merupakan cara yang efektif untuk membuat Si Kecil merasa lebih familiar dengan buku, lho. Untuk membuat Si Kecil semakin tertarik, saat membacakan buku gunakanlah berbagai intonasi suara dan mimik wajah. Selain itu, bila anak sudah bisa diajak berdiskusi, sebagai orang tua juga dapat menanyakan pendapatnya mengenai cerita yang telah di bacakan setiap malamnya. Dengan begitu, ia akan menganggap buku sebagai suatu hal yang menyenangkan, sehingga minat membacanya juga akan meningkat seiring waktu.

 

  1. Berilah contoh kepada anak

Perlu diketahui seorang anak adalah peniru yang ulung lho. Pendidikan pertama meraka adalah orang tuanya. Jika sebagai orang tua sering melakukan kegiatan membaca, maka anak pun akan ikut melakukan kegiatan tersebut dan dapat gemar baca seiring bejalannya waktu.

 

  1. Jangan pernah membatasi buku kesukaan si anak

Sebagai orang tua tentu kita harus pintar dalam memilih buku bacaan anak, tetapi bukan berati kita membatasi buku bacaan seperti apa yang dia suka. Selagi si anak sudah mulai dalam minat membaca, tidak  apa jika dia hanya membaca buku yang dia suka. Hal yang terpenting adalah selagi buku tersebut masih mengajarkan hal positif dan bermanfaat.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Rufaida khairunnisa

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler