Intip Manfaat Penggunaan Sistem Informasi Manajemen pada Bisnis Awal Kamu - Urban - www.indonesiana.id
x

Sistem Informasi Manajemen adalah adalah sebuah sistem informasi yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam membuat keputusan.

sarah salsabila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Desember 2022

Kamis, 8 Desember 2022 06:30 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Intip Manfaat Penggunaan Sistem Informasi Manajemen pada Bisnis Awal Kamu

    penggunaan sistem informasi manajemen

    Dibaca : 1.343 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Apakah kamu sedang berencana membuka bisnis atau menjadi wirausaha? Tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan dan harus kita pelajari terlebih dahulu secara mendetail. Salah satunya yang sudah tidak asing dan sering kita dengar yaitu Sistem Informasi Manajemen. Nah, kali ini, kita akan mengulik sedikit lebih dalam tentang apasih Sistem Informasi Manajemen itu, dan apasih kegunaannya untuk bisnis? Yuk, simak lebih dalam!

    Sistem Informasi Manajemen atau yang biasa dikenal dengan singkatan "SIM" singkatnya adalah sebuah aplikasi. Aplikasi ini menyediakan laporan informasi untuk manajemen. Secara singkat, dari seluruh data base atau kumpulan data dari banyak sumber dengan topic berbeda-beda yang dimiliki oleh perusahaan, akan dikelola oleh SIM menjadi data yang terorganisir dan rapih sehingga memudahkan pekerjaan kita. Nah, informasi data didalam Sistem Informasi Manajemen bias kita atur sendiri sesuai kebutuhan perusahaan kita, jadi bias menyesuaikan dengan kenyamanan kita! Enak banget, kan! Mode yang disediakan pun beragam, bias secara terperinci, secara ringkas, tergantung kebutuhan kita dalam memilih dan menyortir data.

    Saat ini, terutama sejak pandemi, hamper semua bidang usaha telah bergerak secara digital. Secara, bisnis yang bergerak secara digital akan jelas lebih gampang untuk mencapai tujuan dan lebih dekat dengan pengguna. Tentunya, menggunakan Sistem Informasi Manajemen dalam bisnis, jelas akan mempermudah kamu, sobat!  Sistem Informasi Manajemen memiliki banyak banget manfaat untuk kamu yang baru akan membuka bisnis! Salah satu manfaat utama dari Sistem Informasi Manajemen adalah menyediakan informasi yang nantinya akan dipakai buat menghitung biaya jasa, produk dan keperluan lain yang diminta oleh manajemen. Selain itu, Sistem Informasi Manajemen juga menyediakan informasi yang dipakai buat planning, controlling, dan evaluasi tahap selanjutnya dari manajemen bisnis kita. Dan yang terakhir, Sistem Informasi Manajemen bias berguna banget pas bisnis kita dihadapin sama pengambilan keputusan untuk sebuah masalah, jadi kita enggak akan salah ambil langkah!

    Buat teman-teman yang baru akan membangun bisnisnya sendiri, tentu saja Sistem Informasi Manajemen pas banget untuk di pelajari lebih dalam karena bakal berguna banget untuk kamu yang baru mau mulai jadi seorang entrepreneur. Simak, ya, berikut ini akan dijelaskan tentang tiga poin penting yang enggak boleh dilewatin tentang Sistem Informasi Manajemen buat bisnis yang baru mau dibangun:

    1. Tingkat Akurasi Data

    Buat sebuah bisnis, nyatet data yang masuk dan keluar setiap hari merupakan hal yang harus banget kamu perhatiin terutama merupakan salah satu poin kritis yang menjadi penyokong keputusan yang diambil perusahaan. Nah, bagi para pelaku bisnis di tahap awal baru mulai usaha, penting banget untuk mencatat semua transaksi data di Sistem Informasi Manajemen karena tingkat akurasi data yang kita catat akan makin tinggi. Sistem bakal secara otomatis memproses data yang masuk sehingga tugas administrasi bakal lebih efektif dan efisien. Selain itu, dengan dukungan teknologi Internet, perusahaan juga bias mengakses data yang diperlukan di system perusahaan secara real time.

    1. Memudahkan koordinasi

    Sistem Informasi Manajemen punya layanan informasi yang bias banget dimanfaatkan buat dasar planning, organizing, dan controlling dari sebuah bisnis, apalagi bisnis yang baru dibangun. Data informasi yang dihasilkan bias banget dipakai sama departemen atau divisi lain yang memerlukan. Berbagi informasi yang tepat antar department bisabanget meningkatkan hubungan yang sehat dalam suatu organisasi. Selain itu, Sistem Informasi Manajemen juga bias memudah kan sharing tugas antar divisi. Koordinasi antar departemen juga lebih gampang karena bias dilakukan secara online.

    1. Peningkatan Sumber Daya Manusia

    Tentu saja, informasi data yang akurat dan cepat tersedia berdampak pada kinerja departemen sumber daya manusia suatu bisnis. Suka tidak suka, sumber daya manusia yang menggunakan system ini perlu menyesuaikan system kerjanya untuk mengikuti perkembangan teknologi. Tentunya dengan sumber daya yang berkualitas, hal ini akan mempengaruhi kemajuan perkembangan bisnis kedepannya.

    Ikuti tulisan menarik sarah salsabila lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 465 kali