x

Iklan

Riky Susanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juli 2019

Selasa, 20 Desember 2022 06:28 WIB

Pelatihan Keterampilan Desain Grafis Menggunakan Corel Draw Pada Sekolah Menengah Kejuruan Sasmita Jaya Pamulang


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pamulang, 17 November 2022. Desain grafis menjadi suatu ilmu yang saat ini dapat dibilang sangat diperlukan, umumnya dibutuhkan pada perusahaan-perusaan untuk membuat flyer, brosur, desain produk, dan banyak hal lainnya yang membutuhkan informasi 2 dimensi yang menarik bagi siapa saja yang melihat gambar atau informasi didalamnya. Keahlian dalam membuat desain membutuhkan ilmu-ilmu tertentu yang didasari dengan pengenalan warna, bentuk huruf (font) dan perangkat lunak yang nantinya akan menjadi media membuat sebuah karya atau desain.

Ilmu-ilmu yang dibutuhkan tersebut bisa didapat melalui kursus ataupun media video online, namun jika tidak didasari dengan adanya pengetahuan yang umum dalam desain akan sulit dalam mengerti ilmu-ilmu yang dilihat dari media onlie ataupun kursus yang umunnya dilakukan untuk mempertajam atau mengasah kemampuan. Satu lagi sumber ilmu desai yang sangat efektif untuk pembelajaran bisa didapat di Sekolah Menengah Kejuruan khususnya Multi Media.

Sekolah Menengah Kejuruan Sasmita Jaya 1 adalah sekolah setingkat SMA yang memiliki jurusan Multi Media, yang didalamnya mengajari ilmu desain grafis secara detai dan selalu update setiap tingkatnya, sehingga lulusan-lulusan nya memiliki keterampilan dalam pekerjaan atau seni desain grafis. Namun ada hal yang belum banyak diketahui oleh siswa-siswi SMK Sasmita Jaya 1 terkait perangkat lunak dan tips & trick bagaimana membuat desai dan bekerja dalam perusahaan dibidang desain grafis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perlu adanya praktisi yang dapat membantu siswa-siswi SMK Sasmita Jaya 1 agar bisa lebih banyak referensi atau arahan dari pakarnya langsung namun sampai saat ini belum ada aktifitas yang diberikan terkait hal tersebut kepada siswa-siswi, oleh karena itu dalam rangka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh dosen-dosen Universitas Pamulang yaitu Juri Pebrianto. M.Kom., Riky Susanto. M.Kom. dan Pandu Wiliantoro. M.Kom. yang memiliki pengalaman dalam dunia kerja dan desain grafis, ingin memberikan pengabdiannya kepada SMK Sasmita Jaya 1 khususnya siswa-siswi kelas 12 yang sebentar lagi akan lulus dengan harapan kegiatan yang dilakukan dapat memberikan ilmu baru dan referensi terakait desain grafis.

Kegiatan PkM ini adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang antara lain Pendidikan, dimana sebagai dosen harus memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas bagi Mahasiswa lalu Penelitian, yaitu menggali potensi-potensi ilmu baru sesuai dengan program studinya lalu menerapkannya pada point pendidikan dan yang terakhir adalah Pengabdian, kegiatan ini dilakukan kepada masyarakat luas dengan harapan perguruan tinggi dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi atau ilmu terkait dengan program studinya masing-masing dan dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

Sebelum kegiatan dilangsungkan, para dosen Universitas Pamulang melakukan kunjungan ke SMK Sasmita Jaya 1 dan disambut serta diterima oleh Kepala Sekolah Ibu Suprihatin. S.Pd.

Para dosen Universitas Pamulang memohon izin kepada kepala SMK Sasmita Jaya 1 untuk melakukan kegiatan PkM.

Kegiatan pengabdian di SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang berlangsung pada tanggal 17 November 2022 Jam 08.00 Wib di Aula Sekolah dengan tema “Pelatihan Keterampilan Desain Grafis Menggunakan Corel Draw”, acara dihadiri oleh Kepala Sekolah Ibu Suprihatin. S.Pd dan penanggung jawab Ibu Nanik. M.H. serta guru-guru dan siswa-siswi.

Foto bersama antara dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang serta Kepala sekolah dan guru-guru multi-media SMK Sasmita Jaya 1 sebelum acara dilakukan.

Acara pengabdian ini dipimpin oleh Juri Pebrianto. M.Kom. sebagai pembawa acara serta Pandu Wiliantoro. M.Kom. sebagai kordinator lapangan selama kegiatan berlangsung, harapan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memperkuat pengetahuan siswa-siswi dalam menggunakan Corel Draw sebagai alternativ perangkat lunak untuk membuat sebuah karya desain 2 dimensi, metode yang dilakukan adalah memberikan arahan-arahan (tips & trik) bagaimana memilih warna, ukuran dan jenis huruf serta tata letak menggunakan Corel Draw dan dituturkan oleh Riky Susanto. M.Kom.

 

Riky Susanto. sedang memberikan pelajaran terkait penggunaan Corel Draw

Para siswa-siswi SMK Sasmita Jaya 1 pun sangat antusias mengikuti penuturan dari Riky Susanto. M.Kom., hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada pembicara terkait materi-materi yang diberikan.

Materi demi materi sudah dibahas oleh pembicara diikuti dengan pertanyaan-pertanyaan dari siswa-siswi yang hadir. Siswa-siswi pun terlihat mencatat setiap materi yang diberikan oleh pembicara.

Antusiasme para peserta siswa-siswi mengikuti seminar

 

Setalah berjalan sekita 2 jam, acara pun berakhir, para dosen Universitas Pamulang berharap agar ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat membatu siswa-siswi pada saat kelak nanti setelah lulus sekolah dan bekerja menjadi seorang desainer menggunakan perangkat lunak Corel Draw. Acara diakhiri dengan foto bersama para peserta yang tak lain adalah siswa-siswi SMK Sasmita Jaya 1 dan Dosen serta Mahasiswa Univeristas Pamulang.

 

Tak lupa ucapan terima kasih kepada SMK Sasmita Jaya 1 beserta jajarannya yang terlah memberikan waktu dan tempatnya demi terselenggaranya acara PkM yang dilaksasnakan oleh para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang.

Foto perpisahan antara dosen Universitas Pamulan dan Kepala Sekolah serta jajarannya dari SMK Sasmita Jaya 1

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Riky Susanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu