x

perkembangan teknologi

Iklan

pikih alpahri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2023

Jumat, 20 Januari 2023 22:40 WIB

Perkembangan Teknologi  di Era Digital

perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia di era digital.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan Teknologi  di Era Digital

Pada kehidupan sehari-hari kita pasti melekat dan berhubungan langsung dengan yang namanya teknologi dan sangat berpengaruh bagi kehidupan kita,salasatunya yaitu handphone merupakan alat komunikasi sehari-hari dan sangat berpengaruh dalam segala aktivitas terutama dalam pekerjaan.

zaman sekarang perkembangan teknologi sudah sangat berkembang,khususnya gadget atau handphone,kebanyakan anak dalam era globalisasi pasti tidak pernah ketinggalan dan selalu menemani aktivitas mereka,apalagi yang sering aktif di social media pasti sangat ketergantungan dengan gadget atau handphone. Seiring perkembangannya teknologi,banyak sekali pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan mudah melalui gadget,dimasa sekarang perkembangan teknologi sudah sangat pesat dibandingkan zaman dulu,misalnya pada waktu dulu ketika kita ingin memberi kabar kepada seseorang pasti menggunakan surat menyurat atau melalui kantor pos.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

saat ini mungkin hamper sebagian penduduk di dunia khususnya di Indonesia sudah menikmati kecanggihan dari teknologi tersebutdan tidak bisa dipisahkan dengan internet dan gadget yang merupakan hasil dari kemajuan teknologi tersebut,teknologi yang maju dan perkembangannya sangat membantu bagi kehidupan manusia,bahkan dengan seiringnya perkembangan zaman,teknologi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin salasatunya kita bisa menciptakan peluang untuk menghasilkan rupiah tanpa harus pergi keluar rumah dan terjun langsung kelapangan kerja,kita bisa dirumah saja bisa menghasilkan uang.

            Namun tanpa kita sadari dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat,bisa juga menjadi ancaman jika teknologi itu tidak bisa kita manfaatkan justru malah kita yang akan dikuasai oleh teknologi tersebut.

Pada waktu zaman dahulu ketika kita ingin dikenal oleh banyak orang,kita harus bertatap muka langsung,tetapi dengan seiringnya perkembangan teknologi yang semakin pesat kita bisa dikenal banyak orang dan bisa berkomunikasi secara langsung melalui media sosial.misalnya Instagram,twitter,facebook,youtube dan masih banyak lagi media lain agar kita bisa dikenal banyak orang.kita bisa mengunggah foto atau video dalam media sosial tersebut.

Internet adalah salasatu hasil dari kemajuan teknologi tersebut dari tahun ketahun pengguna internet sudah berkembang pesat dari mulai anak-anak sampai orang dewasa sudah menggunakan internet pada setiap aktifitasnya.selain itu para orangtua yang sebelumnya tidak mengenal yang namanya teknologi internet pada saat ini mereka akan belajar dan mencoba memanfaatkan nya pada kehidupan sehari-hari mereka.

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) adanya teknologi sendiri memanglah bertujuan untuk mendorong manusia agar dapat hidup lebih nyaman, makmur dan sejahtera. Oleh sebab itu, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, manusia diharapkan dapat mengerjakan segala hal dengan lebih mudah dan praktis.

Sayangnya baik kita sadari atau tidak, namun setiap kemajuan dalam perkembangan teknologi khususnya dari kemudahan mengakses internet tentu memiliki banyak dampak bagi kehidupan sosial. Baik dampak yang sifatnya positif untuk meringankan banyak pekerjaan manusia, ataupun yang dampaknya negatif dan cenderung merusak.

Oleh sebab itu, yuk kita cari tahu apa saja dampak dari adanya perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini bagi kita sebagai makhluk sosial!

Seperti yang sudah disebutkan tadi, pesatnya perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang tentu memiliki banyak dampak positif bagi kita sebagai bagian dari makhluk sosial, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Memudahkan kita untuk mengakses informasi secara aktual dan faktual secara cepat lewat internet
  • Membuat kita lebih mudah mendapatkan layanan digital tertentu tanpa antre, misalnya pesan tiket pesawat dan belanja secara online
  • Memungkinkan kita mengakses banyak hiburan lewat platform streaming film atau musik

Disamping dampak-dampak positif tersebut, tentu akan ada pula dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya perkembangan teknologi, misalnya saja seperti berikut:

  • Memungkinkan beredarnya informasi atau berita bohong
  • Ketergantungan terhadap dunia maya dan menarik diri dari lingkungan sosial
  • Memungkinkan mudahnya akses pornografi dan konten bajakan

Keberadaan teknologi dari masa ke masa tentu akan selalu memiliki sisi yang baik ataupun buruk sekaligus. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk tetap bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, agar kita bisa mendapatkan lebih banyak dampak positifnya, dan meminimalisir terjadinya dampak negatif. (kumparan berita update)

Menurut Angela Merkel, revolusi industri 4.0 terjadi karena adanya transformasi dari segala aspek produksi industri melalui penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional. Di era revolusi industri 4.0 perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan komunikasi, masyarakat di planet baru (new normal) tidak pernah lepas dari perangkat elektronik seperti komputer, laptop, gadget, televisi, radio, dan sebagainya. Perkembangan tersebut juga memberi banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan seperti perkembangan era digital. Namun, tahukah Teman Inklusi apa itu perkembangan era digital?

Istilah era digital adalah suatu kondisi aktivitas masyarakat dalam kehidupan yang telah dipermudahkan dengan adanya teknologi. Perkembangan era digital adalah suatu perkembangan yang terjadi pada masyarakat di kehidupan baru (new planet) dengan adanya jaringan internet, perangkat digital, aplikasi atau platform digital, media sosial, sehingga memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum adanya perkembangan di era digital, masyarakat sudah melakukan otomasi mesin di sektor manufaktur, Big Data, hingga kecerdasan buatan yang dikenal dengan artifical intelligence (AI). Misalnya sebuah perusahaan Amerika Serikat, IBM (International Business Machines) yang didirikan sejak 16 Juni 1911 itu setiap hari menciptakan 2,5 triliyun byte data. Namun, dalam dua tahun terakhir ia hanya bisa membuat 90% data di dunia. Data science dan AI telah menjelajah ke semua sektor industri. Dari kedua tersebut tercapainya transformasi digital yang melibatkan tiga aspek yaitu teknologi, data, dan manusia.

Perkembangan era digital masyarakat di planet baru telah membawa perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga membawa banyak dampak positif yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Namun, masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan di era digital dari berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan, dan teknologi. Tantangan tersebut dapat dilakukan dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul.( klobility)

Pada media sosial yang telah berkembang dalam teknologi mau tidak mau harus mengubah cara untuk berinteraksi. Kita juga bisa mempunyai akses ke mana saja secara instan. Contohnya seperti, ketika anak yang sedang sekolah diluar kota kita juga bisa memonitor keberadaannya dan bisa berkomunikasi kapan saja.

Dalam situasi ini merupakan sebuah terobosan yang tidak bisa kita hindari lagi, namun kita juga tidak pernah memikirkan dampaknya. Budaya tradisional sudah mulai diabaikan, seperti silaturahmi, memberi selamat, dan bermaaf-maafan yang aktivitas tersebut bisa kita lakukan secara online, yang sering kita anggap sudah cukup baik. Namun, akibatnya ketika bertemu kita tidak lagi merasa asing dan tidak lagi saling bersalaman dan menikmati interaksi seperti biasa.

Dalam kehidupan yang penuh interaksi, disaat media bisa hadir di ruang tidur, ruang makan, ruang rapat dan ruang publik ternyata tidak membuat hidup kita menjadi terisi dan bermakna, cara berkomunikasi seperti ini sudah beredar di mana-mana. 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik pikih alpahri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu