Jajanan Kampung Gratis di Taman Bacaan, Cara Tingkatkan Aktivitas Literasi Masyarakat - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 23 Januari 2023 09:06 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Jajanan Kampung Gratis di Taman Bacaan, Cara Tingkatkan Aktivitas Literasi Masyarakat

    Taman Bacaan Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor selalu menggelar jajanan kampung gratis tiap bulan. Bagaimana bisa?

    Dibaca : 140 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sebulan sekali TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor selalu menyediakan jajanan kampung gratis. Biasanya saat event bulanan di taman bacaan. Setelah membaca bersuara dan bermain games motivasi, anak-anak dan orang tua yang mengantar anaknya ke TBM diberikan kupon Rp. 3.000 untuk ditukarkan ke pedagang keliling yang mangkal tiap hari Minggu pagi di TBM Lentera Pustaka. Dengan kupon yang disetor tiap anak, nantinya pedagang tinggal menukarkan sejumlah kupon menjadi uang yang diperoleh.

    Jajanan kampung gratis ini, sejak berdiri TBM Lentera Pustaka pada tahun 2007 lalu, setiap bulan selalu dilakukan di taman bacaan yang dikenal paling komprehensif ini. Adapaun tujuan dari jajanan kampung gratis ini adalah:

    1. Melatih antre anak-anak sejak dini, agar lebih tertib dalam segala hal kehidupan.
    2. Memotivasi anak-anak dan warga untuk selalu rajin dan datang ke taman bacaan.
    3. Menjadi sedekah untuk menyenangkan anak-anak yang membaca.

     

    Lalu, dari mana dana untuk jajanan kampung gratis setiap bulan?

    Jawabnya dari CSR korporasi yang mensponsori aktivitas TBM Lentera Pustaka setiap tahunnya. TBM Lentera Pustaak dikenal sebagai taman bacaan yang “dibesarkan” oleh CSR korporasi. Sebagai bentuk kepedulian sosial korporasi terhadap aktivitas taman bacaan dan gerakan literasi. Pada tahun 2023 ini, TBM Lentera Pustaka mendapat bantuan CSR kofrporasi dari 1) Bank Sinarmas, 2) Asosiasi DPLK, dan 3) AAI di Perancis. TBM Lentera Pustaka memang setiap tahunnya bekerjasama dengan korporasi untuk program CSR sebagai wujud kolaborasi dalam gerakan literasi. Apalagi TBM Lentera Pustaka saat ini menjalankan 15 program literasi, mulai dari taman baxaan, berantas buta aksara, kelas prasekolah, yatim binaan, jimpo binaan, koperasi simpan pinjam, motor baca keliling, literasi digital, literasi finansial dan sebagainya.

     

    Tidak kurang dari 200 orang setiap minggunya dilayani TBM Lentera Pustaka. Dengan koleksi buku lebih dari 10.000 buku, TBM Lentera Pustaka pun didukung oleh 5 wali baca dan 12 relawan dalam menjalankan aktivitas literasinya. Saat ini TBM Lentera Pustaka pun dilengkapi ruang baca utama, kebun baca, dan rooftop baca, di samping sering menjadi Narasumber literasi di televisi seperti NET TV, CNN TV, DAAI TV, RTV, Berita Satu TV, JTV, dan sebagainya.

     

    Begitulah sekilas tentang jajanan kampung gratis di TBM Lentera Pustaka. Sebagai cara sederhanan untuk meningkatkan tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Salam literasi #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.