x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Jumat, 27 Januari 2023 07:02 WIB

Usaha Kuliner Modal Kecil? Perhatikan Cara Memulai Bisnis Ini

Usaha atau bisnis kuliner merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Meski hanya bermodal kecil, Anda bisa langsung memulai usaha kuliner.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Usaha atau bisnis kuliner merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Meski hanya bermodal kecil, Anda bisa langsung memulai usaha kuliner. Namun sebelum memulai, pelajari beberapa tips penting cara memulai usaha di bidang kuliner dengan modal kecil ini.

Cara Memulai Usaha Kuliner Modal Kecil 

Cara memulai usaha kuliner bisa dimulai dengan langkah kecil. Jika passion Anda di bidang makanan dan minuman, maka usaha kuliner dengan modal kecil bisa segera dimulai. Namun, jangan asal ikutan membuka usaha kuliner. Berikut ini cara memulai Usaha Kuliner Modal Kecil yang bisa Anda lakukan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Matangkan Konsep 

Cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil yaitu terlebih dahulu menyiapkan konsep menu dan bagaimana usaha tersebut akan dijalankan. Apa yang ingin Anda jual? Sekarang ada berbagai minuman kekinian seperti boba, kopi, es krim. Kemudian pasar jajanan, kue kering, atau kue manis seperti donat, brownies, pisang coklat, martabak, roti. 

Kemudian aneka nasi dengan menu utama ayam dan bebek seperti pecel ayam, ayam geprek, bebek goreng. Ada masakan Jepang seperti ramen, tempura, sushi. Makanan Korea, Makanan Cina, Makanan Timur Tengah, Makanan Thailand, Makanan India, Makanan Cepat Saji.

Serta menu-menu yang sangat digemari seperti sate, seafood, bakso, sop, mie, dan lain sebagainya. Keunikan, nilai, harga, perlu dipikirkan sejak awal. Dalam hal ini penting dilakukan observasi dan survei lapangan. Selain itu, matangkan juga konsep pemasarannya. 

Survei, Riset, Kumpulkan Informasi Tentang Peluang Pasar

Sebelum memulai usaha kuliner, sangat penting untuk melakukan survey atau riset pasar untuk mengetahui peluang dari menu kuliner yang akan Anda pilih. Caranya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kompetitor usaha yang ada. Cek apa saja kelebihan dan kekurangan dari menu yang mereka jual, dari situ Anda bisa mengetahui peluang apa saja yang terbuka untuk Anda.

Buat Rencana Usaha Atau Business Plan Yang Jelas

Rencana yang matang dan detail adalah setengah dari kesuksesan sebuah usaha. Cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil juga membutuhkan rencana usaha atau business plan. Itu supaya bisa dibayangkan perputaran uang (cash flow). 

Business Plan merupakan simulasi cara memulai usaha kuliner, perputaran uang, dan strategi pengembangan. Selain itu, pentingnya membuat business plan adalah agar jika Anda membutuhkan partner atau investor, maka Anda bisa mempresentasikan business plan kuliner tersebut dengan jelas. Business Plan antara lain meliputi:

- Rencana keuangan, jumlah modal usaha dan detail detail penggunaannya.

- Tim kerja: juru masak, admin, kasir, kurir, asisten, promosi pemasaran, dan lain-lain. Untuk usaha dengan modal kecil, biasanya pekerjaan dipegang oleh pemilik usaha.

- Menu dan harga jual, sehingga tergambar seberapa besar potensi keuntungan usaha tersebut.

- Strategi pemasaran.

- Waktu pelaksanaan.

Memilih Tempat Usaha Yang Tepat Dan Strategis 

Cara memulai usaha kuliner baik dengan modal kecil maupun besar adalah dengan memiliki tempat usaha yang tepat dan strategis. Lokasi yang strategis membutuhkan pengamatan survei lapangan. Anda perlu mengamati langsung saat sarapan, makan siang, makan malam, antara makan siang dan makan malam. Siapa dan berapa banyak orang yang melintasi lokasi pengamatan Anda.

Selain itu, amati juga bagaimana keamanan dan area parkirnya, serta tanyakan kepada warga sekitar apakah lokasi tersebut bebas banjir atau tidak. Jangan asal pilih lokasi saat memulai usaha kuliner. Pertimbangkan juga bagaimana daya beli masyarakat di sekitar lokasi usaha yang Anda pilih, agar produk Anda dapat dijangkau oleh konsumen.

Ciptakan Nama Usaha Dan Menu

Penciptaan nama usaha atau merek sangat penting. Manfaatnya adalah dapat dikenali oleh calon pelanggan yang melewati lapak Anda atau yang sedang mencarinya di Google Maps. Anda dapat membuat nama usaha, tetapi pilihlah nama yang sesuai dengan produk yang Anda buat. 

Jadi jika nama usaha terdiri dari dua kata, maka salah satu kata tersebut adalah kata kunci untuk jenis menu Anda a-nama item menu juga sebaiknya dibuat sekreatif mungkin agar menarik perhatian konsumen. 

Promosikan Produk Anda

Memperkenalkan nama usaha dan menu kuliner Anda melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter adalah salah satu cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil yang sangat efektif. Anda bisa membuat akun sesuai dengan nama usaha Anda. 

Buatlah logo yang mudah diingat orang. Selanjutnya buat konten promosi menarik tiap hari, misalnya berupa foto dan video dari menu kuliner Anda. Mungkin juga bisa ditampilkan harganya. Bagikan konten-konten promosi tersebut melalui Whats App dan Telegram. 

Bentuk Tim Kerja

Usaha kuliner bisa sukses dengan bantuan tim kerja. Dan setidaknya Anda mempunyai satu orang asisten agar bisa membantu usaha kuliner Anda. Merekrut 1-2 orang asisten merupakan salah satu cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil agar dapat berjalan dan berkembang dengan cepat. 

‍Pengembangan Usaha

Selagi menjalankan cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil, sebaiknya Anda juga memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha kuliner Anda. Tujuannya supaya anda dapat menjual lebih banyak produk dan mendapatkan banyak pelanggan. 

Demikian penjelasan dari saya tentang Usaha Kuliner Modal Kecil? Perhatikan Cara Memulai Bisnis Ini semoga bermanfaat, terimakasih.

Referensi: www.istanareload.net

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler