x

Iklan

18_KHAFIFAH NUR HISAQ _XI AKL 1

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2023

Kamis, 9 Februari 2023 07:09 WIB

Lewat Program Kewirausahaan Siswa SMK Negeri 1 Cilacap Sukses Bisnis Telur Asin

Siswa SMK NEGERI 1 CILACAP Sukses berbisnis telur asin hingga meraih omset yang sangat fantastis. Program kewirausahan sangat beranfaat bagi siswa untuk mengembangkan kreatif dan inofasi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siswa SMK sukses bisnis telur asin? Bagaimana caranya? SMK Negeri 1 Cilacap telah menggelar pimulainya Program kewirausahaan dengan mata pelajaran  Produk Kreatif Kewirausahaan  (PKK). Program ini diterapkan untuk jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga. Para siswa  berwirausaha dengan membuat telur asin  dan menjualnya melalui media sosial. Dengan pengumpulan modal awal sebesar  Rp2.000 per anak hingga kini sudah memliki pendapatan yang menjanjikan.

Adanya mata pelajaran Kewirausahaan yang juga menjadi basis keterampilan di SMK Negeri 1 Cilacap, siswa dapat belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang kewirausahaan untuk mencetak insan yang mampu berpikir kreatif dan inovatif membuat produk yang sukses bahkan bisa menyerap tenaga kerja . Dengan adanya kegiatan ini, siswa diharapkan mampu bersaing dalam mencari peluang usaha.

Praktik pembuatan telur asin ini merupakan wujud aplikasi antara keterampilan, sikap, dan inovasi. Harapan utama dari kegiatan  pembuatan telur asin, disamping keahlian profesional siswa meningkat, sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha/industri kreatif, siswa akan meningkatkan etos kerja. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan berbagai keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman siswa dalam ekonomi kreatif dunia kerja yang sebenarnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perencanaan Modal

Perencanaan modal yang dibuat untuk membuat telur asin dengan cara setiap anak mengeluarkan uang sebesar Rp2.000 dengan jumlah 36 anak sehingga dapat terkumpul modal sebesar Rp72.000, dengan nominal sebesar Rp72.000 dapat untuk membeli 29 butir telur dan membeli alat pendukung serta bahan tambahan seperti batu bata, garam, amplas dan sebagainya yang dibutuhkan untuk membuat telur asin, untuk modal berjualan selanjutnya mengalami peningkatan dalam pembelian telur bebek untuk diolah kembali. Semakin banyak produksi telur yang akan diolah, semakin banyak juga permintaan customer untuk pemesanan telur asin.

Hasil dan Keuntungan Penjualan Telur Asin 

Untuk hasil dan keuntungan penjualan 29 telur asin penjualan pertama menghasilkan laba sebesar Rp5.000, memenag tidak banyak tetapi bisa untuk menambah midal untuk pembelian penjualan berikutnya dengan 50 butir telur yang terjual sehingga menghasilkan laba sebesar Rp53.500. Semakin rutin berjualan telur asin, penghasilan yang kita dapat semakin besar.

 

Tata Cara Pembuatan Telur Asin 

  • Siapkan telur bebek
  • Haluskan batu bata dan siapkan garam
  • Amplas telur bebek agar bisa menyerap garam
  • Jika permukaan telur sudah tipis, siapkan batu bata yang sudah dihaluskan dengan garam, lalu beri air secukupnya, aduk hingga tercampur merata
  • Lapisi telur bebek dengan campuran batu bata dan garam yang sudah dibuat
  • Diamkan telur selama 2 minggu
  • Jika sudah 2 minggu, cuci telur hingga tidak ada sisa adonan yang menempel
  • Siapkan air yang sudah mendidih, lalu kukus telur selama 1 jam 45 menit
  • Telur asin siap dijual kepada customer

.

.Kesimpulan bisnis Berjualan Telur Asin 

  1. Telur yang sudah diasinkan dalam teknik yang baik, dapat disimpan tanpa mengalami kerusakan pada kulit mapun isi telur.
  2. Dengan pengasinan rasa amis telur berkurang, tidak berbau busuk, telur masir dan rasanya enak.
  3. Rasa asin tidaknya telur, sangat bergantung pada takaran garam yang diberikan. Semakin banyak garam akan semakin asin dan tahan lama untuk dikonsumsi karena garam yang meresap dalam telur berfungsi sebagai antiseptik dan pengendali mikroorganisme penyebab pembusukan
  4. Usaha telur asin tidak memerlukan modal yang banyak tetapi membutuhkan ketekunan
  5. Karena harga jual telur asin lebih besar dari harga telur bebek, maka usaha telur asin ini dapat balik modal dan menghasilkan keuntungan dengan jangka waktu yang dekat.
  6. Siswa-siswi SMK Negeri 1 Cilacap mendapatkan pengalaman berharga mulai dari proses produksi, pengemasan sampai dengan pemasaran telur asin

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik 18_KHAFIFAH NUR HISAQ _XI AKL 1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler