x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Kamis, 9 Februari 2023 17:59 WIB

8 Manfaat Telegram untuk Aplikasi Pesan Singkat

Pada saat ini, untuk urusan pengiriman pesan singkat, WhatsApp masih menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada saat ini, untuk urusan pengiriman pesan singkat, WhatsApp masih menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh masyarakat. Namun, kini mulai muncul aplikasi pesaing yang dapat memberikan tantangan dan menggoyang posisi WhatsApp sebagai aplikasi pengiriman pesan singkat nomor satu.

Telegram mulai memperlihatkan eksistensinya di Indonesia. Hal ini terjadi meskipun ada masyarakat yang mulai beralih dan menggunakan Telegram. Tentunya hal ini tidak terlepas dari adanya alasan yang mendasari mereka melakukan peralihan tersebut.

Karena performa WhatsApp yang menurun dan berbagai masalah yang dikeluhkan oleh penggunanya, maka hal ini membuat mereka beralih ke Telegram. Tak heran, jumlah pengguna Telegram semakin hari semakin meningkat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, apa itu Telegram dan bagaimana manfaat dan fitur-fitur yang bisa dinikmati oleh penggunanya?

Apa Itu Telegram

Telegram adalah aplikasi pengiriman pesan singkat yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk teks, gambar, audio, video, dan berkas lainnya.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Pavel Durov dan dirilis pada tahun 2013. Telegram menawarkan berbagai fitur yang menarik, seperti kecepatan pengiriman yang tinggi, enkripsi end-to-end, fitur API bot, serta dapat digunakan secara gratis dan tanpa adanya iklan.

Tidak hanya itu, Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses nomor Telegram mereka dari berbagai perangkat atau device. Hal ini membuat pengguna dapat membuat grup untuk berbagi informasi dengan mudah.

Manfaat Telegram

Selain fitur-fitur tersebut, masih ada beberapa manfaat lain yang dapat anda peroleh dari Telegram. Berikut adalah manfaat Telegram yang ditawarkan oleh aplikasi ini secara lebih lengkap.

1. Tingkat Kecepatan Pengiriman yang Tinggi

Salah satu hal utama yang dapat anda rasakan dengan menggunakan Telegram adalah kecepatan pengiriman yang tinggi. Inilah yang membedakannya dari aplikasi pengiriman pesan singkat lainnya.

Telegram menerapkan protokol MTProto. Dengan protokol ini, pengiriman pesan akan terkirim dengan sangat cepat. Protokol ini juga memungkinkan Telegram untuk mengirim pesan melalui jaringan yang terbatas, seperti jaringan internet yang lambat.

Selain itu, Telegram juga dapat menjalankan sistem secara peer-to-peer dalam mengirim pesan. Ini menunjukkan bahwa pesan tidak perlu melewati server sentral, sehingga proses pengiriman pesan menjadi sangat cepat.

2. Support Untuk Grup Besar

Telegram juga memberikan dukungan bagi pengguna yang memiliki grup dengan jumlah anggota yang besar. Melalui fitur ini, Telegram menawarkan kemampuan untuk memberikan batasan pada jumlah anggota suatu grup besar dengan kapasitas hingga 200.000 anggota.

Hal ini memungkinkan grup yang anda kelola untuk melakukan komunikasi dengan jumlah anggota yang besar secara simultan, seperti pada komunitas atau kelompok tertentu.

Fitur grup Telegram juga dapat digunakan sebagai opsi moderasi yang kuat, seperti pengaturan akses dan pemberian izin untuk anggota. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengelola komunitas atau organisasi dengan efisiensi yang baik.

3. Fitur Enkripsi end-to-end

Dengan demikian, keamanan pesan yang dikirimkan akan terjaga dan hanya dapat dibuka oleh penerima yang dituju. Fitur enkripsi end-to-end pada Telegram memastikan bahwa informasi yang anda bagikan tetap rahasia dan terlindungi.

Dengan demikian, hanya pengirim dan penerima pesan saja yang memiliki hak untuk membaca isi pesan tersebut, dan tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses pesan tersebut.

Enkripsi end-to-end dilaksanakan dengan memanfaatkan protokol MTProto yang diterapkan oleh Telegram. Fitur ini akan berjalan secara otomatis pada percakapan individu maupun grup. Keberadaan fitur ini sangat penting, terutama ketika pesan yang dikirim memiliki informasi rahasia yang perlu dilindungi.

4. Bot API yang Kuat

Telegram memiliki Bot API yang kuat, sehingga memungkinkan bagi para pengembang untuk membuat bot yang dapat diakses dan digunakan oleh pengguna telegram.

API Bot Telegram kuat memungkinkan pihak pengembang untuk menciptakan bot yang dapat digunakan oleh pengguna Telegram. Bot ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengirim pesan secara otomatis, mengatur pengingat, mengirimkan notifikasi, dan masih banyak lainnya.

Bot pada Telegram dapat diterapkan dengan mudah dengan aplikasi lain, sehingga memperluas fungsionalitas dari bot ini. Bot Telegram juga memiliki kemampuan untuk membuat permainan sederhana, alat bantu, bahkan aplikasi kompleks.

5. Support Untuk Berbagai Platform

Telegram menyediakan dukungan untuk berbagai platform. Anda dapat menggunakan Telegram baik pada perangkat Android, iOS, Windows, macOS, Linux, dan lainnya. Ini berarti bahwa Anda dapat mengakses Telegram dari berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, dan komputer.

Telegram dapat diakses melalui situs web menggunakan browser, sehingga Anda dapat mengakses Telegram dari laptop atau komputer tanpa perlu menginstal aplikasi.

Hal ini membuat Telegram bersifat fleksibel, karena kemudahan akses yang dilakukan oleh pengguna dari berbagai perangkat dan platform.

6. Dapat digunakan Secara Gratis dan Tanpa Iklan

Anda dapat menjalankan Telegram secara gratis dengan mengunduhnya. Selain itu, Telegram juga bebas dari iklan, sehingga Anda dapat menyimpan uang Anda untuk keperluan lain.

Telegram yang tidak menyertakan iklan dalam aplikasinya membuat pengguna Telegram tidak akan terganggu oleh adanya iklan. Hal ini membuat Telegram lebih nyaman digunakan oleh pengguna, sehingga mereka akan memiliki pengalaman yang lebih baik.

Telegram juga tidak membatasi penggunanya terhadap fitur tertentu. Berbeda dengan aplikasi lain yang menerapkan biaya tambahan untuk menggunakan fitur lain, Telegram tidak melakukan hal tersebut.

7. Untuk membuat Grup dan Saling Berbagi Informasi Penting

Seperti aplikasi lain, Telegram juga dapat digunakan untuk membuat grup, komunitas, atau organisasi. Anda sebagai anggota grup tersebut bebas untuk saling berbagi cerita atau informasi.

Fitur grup Telegram bermanfaat bagi penggunanya untuk melakukan kontak dalam jumlah besar. Hal ini menjadikan Telegram sebagai aplikasi yang efektif untuk berbagi informasi dan membangun komunitas.

8. Meningkatkan Peluang Bisnis

Bagi Anda yang memiliki bisnis usaha seperti Arjuna Pulsa, Anda dapat membuat grup telegram untuk meningkatkan volume penjualan bisnis Anda. Anda akan bebas dalam melakukan teknik promosi apa pun.

Jika Anda mengikuti program affiliasi pada sebuah marketplace, Anda juga dapat menyebarluaskan link atau kode referral Anda di sana. Peluang Anda untuk mendapatkan pendapatan menjadi sangat besar.

Demikianlah informasi lengkap mengenai manfaat Telegram yang dapat Anda peroleh. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengirimkan pesan dan berkomunikasi dengan jumlah besar orang.

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler