x

Dua dosen Universitas Syiah Kuala (USK) menerbitkan buku Antologi Taktik Tim di Piala Dunia Qatar 2022

Iklan

Yopi Ilhamsyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Juli 2019

Senin, 13 Februari 2023 19:33 WIB

Dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Menerbitkan Buku Taktik Tim di Piala Dunia 2022


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dosen Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, yaitu Dr. Yopi Ilhamsyah dan Dr. Zulkarnain Jalil menerbitkan buku Taktik Tim di Piala Dunia Qatar 2022.

Buku ini awalnya adalah analisis video antara dua kesebelasan yang bertanding selama gelaran Piala Dunia Qatar 2022. Analisis video ini ditujukan bagi adik-adik peserta Sekolah Sepak Bola (SSB) Academia Futbol Sudamerica (AFS) yang berlatih di Lapangan bekas Sekolah Guru Olahraga (SGO) Goheng / Lamteumen Timur, Seutui Kota Banda Aceh.

Video ini menyajikan berbagai momen kunci dalam sebuah pertandingan sepakbola yang terdiri dari beberapa klip disertai penjelasan singkat. Video-video tersebut dirancang berdurasi singkat dengan ukuran file yang kecil sehingga memudahkan untuk diunggah dalam grup whatsapp SSB. Kehadiran video ini bertujuan memberikan pemahaman taktikal bagi adik-adik SSB kelompok umur 14 tahun ke atas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selanjutnya, kedua dosen USK ini mencoba menyusun kembali klip video beserta catatan yang menyertainya dalam wujud buku. Kali ini dengan bahasa sepakbola yang lebih populer dengan tetap menyertakan pandangan teknis seorang analis sepakbola, meliputi prinsip-prinsip dasar bermain sepakbola dan empat momen dalam sepakbola, yaitu: menyerang, bertahan dan dua transisi dari bertahan ke menyerang dan sebaliknya dari menyerang ke bertahan. Sepakbola era modern juga menekankan pada permainan berbasis geometri seperti triangle support (umpan kombinasi) dan formasi diamond (berlian/ketupat), disajikan dalam bahasa umum yang bisa dicerna oleh khalayak.     

Buku Catatan Analisa: Antologi Taktik Tim di Piala Dunia Qatar 2022 telah tersedia di toko buku dan penerbit Bandar Publishing, Lamgugob, Kota Banda Aceh. Pembelian secara online dapat diakses melalui tautan berikut: https://bandarpublishing.com/catatan-analisa-antologi-taktik-di-piala-dunia-qatar-2022/

Dalam waktu dekat akan hadir buku ragam statistik dan taktik tim liga-liga Eropa dan Liga Indonesia serta buku teknis yang menjelaskan secara spesifik bagaimana menganalisis sebuah pertandingan sepakbola dilengkapi aplikasi pendukungnya.

Penulis Yopi Ilhamsyah meraih doktor dalam bidang Meteorologi di IPB University. Sehari-hari mengajar di Fakultas Kelautan dan Perikanan USK. Dr. Yopi hobi sepakbola. Atas rekomendasi Dr. Zulkarnain, Dr. Yopi mengikuti kursus kepelatihan sepakbola bersertifikasi D dan C AFC yang diselenggarakan oleh PSSI di bawah bimbingan instruktur Coach Iwan Setiawan, Coach Emral Abus dan Syafrianto Rusli. Dr. Yopi juga mendapatkan lisensi Match Analysis di bawah bimbingan Coach Wolfgang Pikal, mantan Asisten Pelatih Tim Nasional Indonesia.

Sebagai bagian tridarma perguruan tinggi, Dr. Yopi pernah bertugas sebagai asisten pelatih teknik merangkap video analis tim Pra-PORA Kota Banda Aceh dan PS PLN yang berlaga di Liga 3 Aceh tahun 2021. Di akhir pekan, Dr. Yopi melatih usia dini di SSB AFS Goheng / Lamteumen Timur, Seutui Banda Aceh. Selain itu, Dr. Yopi juga dipercaya sebagai instruktur tamu dalam materi IT dan Analisa Sepakbola dalam Kursus Kepelatihan Lisensi C yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sepakbola Provinsi (ASPROV) Aceh.

Dr. Zulkarnain Jalil adalah dosen di Jurusan Fisika, Fakultas MIPA USK. Dr. Zulkarnain adalah kontributor Harian Serambi Indonesia Aceh pada Piala Dunia Jerman 2006 dan Afrika Selatan 2010.

 

 

Ikuti tulisan menarik Yopi Ilhamsyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB