x

Foto bersama dengan anak-anak setelah sesi mendongeng bersama

Iklan

Salsabila Rahmasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Februari 2023

Kamis, 23 Februari 2023 19:33 WIB

Mahasiswa KKN Undip Mengadakan Pelatihan Cerita Dongeng Anak Jepang Mengatasi Rendahnya Minat Baca

Pelaksanaan Program Monodisiplin KKN TIM 1 UNDIP T.A 2022/2023

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Batang, (09/02/2023) Membaca merupakan salah satu keterampilan hidup yang paling penting untuk dipelajari anak-anak. Membaca tidak hanya sangat penting untuk kesuksesan akademik dan kehidupan umum di masa depan, tetapi juga sesuatu yang bisa sangat menyenangkan. Bagi beberapa anak mungkin menghindari membaca karena mereka tidak suka membaca atau karena mereka merasa sulit untuk memahaminya. Anak-anak lain mungkin tidak mau membaca karena mereka tidak pandai membaca. 

Anak-anak  yang  kesulitan membaca  seringkali  enggan membaca  sendiri.  Kecemasan mereka  soal membaca kadang-kadang dapat membuat  mereka  menjauh  dari  kegiatan  membaca  sama sekali.  Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa membaca harus menjadi  pengalaman  yang  menyenangkan. Oleh sebab itu, salah   satu mahasiswi TIM  1  KKN Undip 2022/2023  jurusan Bahasa & Kebudayaan  Jepang, angkatan  2019   berupaya mengusung  tema  Pelatihan  Cerita  Dongeng  Anak  Jepang  sebagai  Media Penanaman Karakter pada Anak-anak dan Remaja Desa Sigayam.

Rendahnya minat membaca anak-anak juga dapat dipengaruhi dengan pembelajaran yang terlalu monoton menyebabkan kurang tertariknya anak-anak dalam pelajaran membaca. Dengan demikian, perlu  adanya  sarana membangkitkan rasa antusias dan bersemangat dalam membaca. Salah satunya, pengenalan dongeng anak Jepang yang penuh akan nilai-nilai moral. Momotaro (桃太郎, "Peach Boy") merupakan kisah rakyat Jepang yang bercerita tentang kisah pahlawan. Diberi nama Momotarō karena ia ditemukan dari dalam buah persik (momo) , sedangkan "Tarō" merupakan nama yang umum bagi laki-laki di Jepang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya kegiatan mendongeng menjadi lebih interaktif dan menciptakan suasana yang seru ialah dengan menggunakan gambar. Kegiatan pembelajaran bahasa Jepang dasar dihadiri 10-15 anak-anak dari kelas 4-6 SD bertempat di Posko TIM 1 KKN UNDIP Desa Sigayam. Materi disampaikan melalui gambar yang berwarna dengan kertas besar dan tebal. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setelah selesai mendongengkan cerita Momotaro, penulis menanyakan kepada para anak-anak atas pendapatnya mengenai dongeng Jepang tersebut dan memberikan penanaman nilai-nilai moral mengenai kebaikan dan ketulusan dalam menjalani kehidupan antar sesama. Harapannya dilakukannya kegiatan ini juga dapat menumbuhkan minat baca para anak-anak untuk meningkatkan wawasannya melalui kegiatan membaca dongeng.

Ikuti tulisan menarik Salsabila Rahmasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB