x

Sejarah perkembangan Internet di dunia dan Indonesia secara singkat\xd

Iklan

Almera Belva

Mahasiswa Politeknik Tempo
Bergabung Sejak: 2 Maret 2023

Minggu, 12 Maret 2023 06:10 WIB

Halo Perkenalkan, Saya Artificial Intelligence

Digitalisasi, Artificial Intelligence, Masa Depan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Kompas bersama Telkomsel mengadakan webinar yang berjudul Digitalisasi, Artificial Intelligence, dan Masa Depan Kehidupan Manusia yang akan menghadapi tantangan baru dengan disrupsi teknologi. Webinar ini mendatangkan beberapa pembicara, Kepala BRIN (Badan Riset dan Invoasi Nasional) Laksana Tri Handoko, Pemimpin Redaksi Kompas Sutta Dharmasaputra, Akademisi Universitas Indonesia, Meuthia Ganie-Rochman, Ketua IAIS (Indonesia Aritificial Intelligence Society) Lukas, Wakil Presiden Informasi Teknologi Bisnis Intelijen dan Analisis Telkomsel, Direktur Network Telkomsel Nugroho, Tina Lusiana, dan CTO Tokopedia Herman Widjaja. Webinar yang berlangsung selama tiga jam ini dipandu oleh Wakil Redaktur Pelaksana Kompas, Adi Prinantyo.

Masing-masing pembicara memberikan opini mereka mengenai judul yang dibahas dalam webinar. Handoko membahas tentang bagimana AI bekerja yang membutuhkan Big Data, Lukas menjelaskan tentang bagimana AI itu ditemukan serta potensi manfaat dan masalah yang akan dihadapi dengan datangnya disrupsi teknologi, Meuthia membahas tentang masalah etika yang diterobos oleh AI, dan Nugroho tentang pentingnya kesadaran dan adaptasi manusia atas kehadiran AI.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Artificial Intelligence, menurut saya…

 

Saya sangat menyadari kemajuan yang luar biasa dari sisi teknologi. AI sangat membantu pekerjaan yang ada, apalagi untuk saya yang adalah murid dari jurusan produksi media. Dari pembuatan konten otomatis dengan personalisasi yang saya inginkan, AI sangat membantu proses cara kerja produksi madia dalam meningkatkan kreativitas, efesiensi, bahkan sampai profitabilitias.

 

Contoh nyatanya, AI dapat digunakan untuk menghasilkan teks, mempercantik file audio secara otomatis, mengalisis data dalam jumlah yang sangat besar, memberikan pandangan terhadap suatu wawasan yang sulit. Dengan big data, AI dapat membantu produser memahami preferensi audiens kita dan menyesuaikan konten dengan penikmat konten kita. AI juga sangat membantu kita dalam meningkatkan proses kreatif. Big data dan algoritmen mampu menghasilkan ide untuk membuat konten yang baru dengan konteks khusus yang kita berikan.

 

Manfaat AI dalam produksi media sangat banyak dan luas jangkauannya. Dari mengotomatiskan tugas rutin hingga meningkatkan proses kreatif. AI juga menghadirkan potensi untuk mengubah indsutri produksi media dengan insight dan inovasi. Oleh karena itu, menurut saya, kita sangat penting untuk memahami dan memanfaatkan kehadiran AI untuk menjadi pendorong dan asisten kita dalam memproduksi suatu konten.

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Almera Belva lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler