x

Foto diambil dari The Atlantic

Iklan

Fidelia Simamora

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ yang mencoba berbagi sedikit cerita.
Bergabung Sejak: 16 Desember 2022

Senin, 13 Maret 2023 06:24 WIB

Cintaku Terhalang Sinyal

Hayoooo siapa disini yang pernah merasakan LDR ? Bahkan apa kalian sedang menjalani LDR ? Pernahkah kalian bingung terkait ketikan doi ? Atau tiba-tiba sleep call mati karena sinyal ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat menjalin hubungan asmara dengan lawan jenis yang biasa disebut dengan pacaran, pernahkah kalian merasakan LDR ? Mungkin sebagian orang berpendapat jika hubungan tidak akan bertahan jika LDR ? Apakah kalian setuju dengan pendapat itu ? Lalu apa sih LDR itu ? LDR adalah singkatan dari Long Distance Relationship. Bahasa gampangnya punya sebuah ikatan hubungan tapi rumahnya saling berjauhan atau ga sering ketemu karena jarak.  Ada berbagai alasan terjadinya LDR seperti alasan pekerjaan, pindah rumah atau bahkan bertemu secara online.

LDR memiliki tantangan tersendiri. Berbeda seperti zaman dahulu yang memerlukan waktu sangat banyak hanya untuk bertukar kabar, dengan ponsel semuanya dapat teratasi dengan cepat. Cara paling ampuh untuk melepas rindu kepada pasangan yang paling sering dilakukan oleh para pejuang LDR dengan cara telponan atau bahkan video call. Namun terkadang tiba-tiba sinyal tidak bersahabat yang membuat suara tidak terdengar jelas bahkan telpon terputus (mati). Selain gangguan teknis seperti sinyal, WiFi, baterai habis, komunikasi yang melalui saluran media chat cenderung kehilangan nonverbal.

Gangguan teknis memang menyebalkan namun hilangnya nonverbal akan lebih dirindukan. Nonverbal itu memiliki banyak jenis seperti sentuhan, intonasi, gerak tubuh, kontak mata dan lainnya. Bagi kalian yang mempunyai love language physical touch dan quality time LDR pasti hal terberat. Hilangnya nonverbal berupa intonasi dapat dirasakan saat chat, bahasa yang digunakan sedikit kehilangan arti karena hilangnya intonasi. Ketika sedang berantem dengan pasangan dan dia mengirimkan chat “Ya udh” kita sulit untuk mengartikannya. Hal tersebut menjadi tanda tanya besar karena kita tidak tahu seperti apa perasannya sekarang ? 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menahan rindu itu sulit memang tapi jika jarak adalah halangannya, ada ponsel jawabannya. Teknologi yang semakin maju memudahkan kita untuk saling terhubung dengan sesama khususnya pasangan. Berkirim pesan untuk sekedar saling mengingatkan dan bertukar cerita, namun untuk komunikasi yang berkesan lebih baik untuk video call tapi pastikan jaringan aman dan kuota telah terisi.

 

Ikuti tulisan menarik Fidelia Simamora lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler