x

Media Promosi Di Sosial Media Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran

Iklan

Aththaariq Rizki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Maret 2023

Selasa, 14 Maret 2023 19:31 WIB

Penting Diketahui 6 Cara Promosi Usaha Paling Efektif di 2023

Dimasa ini berbagai bisnis sudah banyak beroperasi, mulai dari makanan ringan dan minuman hingga layanan angkutan penumpang. Tentu saja, untuk membuat bisnis Anda berjalan dengan baik dan membuat orang tertarik, Anda membutuhkan strategi periklanan yang solid.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di masa ini berbagai bisnis sudah banyak beroperasi, mulai dari makanan ringan dan minuman hingga layanan angkutan penumpang. Tentu saja, untuk membuat bisnis Anda berjalan dengan baik dan membuat orang tertarik, Anda membutuhkan strategi periklanan yang solid.

Jadi inilah beberapa strategi pemasaran modern yang bekerja untuk bisnis yang berbeda. 

1. Social Media Marketing

Pertumbuhan internet di dunia termasuk Indonesia membuat banyak orang menggunakan media sosial secara luas untuk strategi kampanye dan periklanan, mulai dari mencari teman hingga mempromosikan bisnisnya. Media sosial adalah cara paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan.

Saat ini berbagai fitur media sosial sangat berguna untuk memasarkan bisnis yang berbeda. Contoh media sosial yang biasa diikuti pemasar adalah Instagram.

Jejaring sosial untuk mengunggah foto dan video ini sangat cocok untuk bisnis. Selain itu, penggunaan hashtag di Instagram dapat menarik konsumen baru. Dengan bantuan media sosial, pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan menguntungkan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Membuat Website

Selain menggunakan media sosial, membuat website kini menjadi strategi promosi yang tepat untuk memasarkan berbagai bisnis. Adanya website ini menjadikan bisnis yang diiklankan lebih menguntungkan dan profesional. Contoh sederhananya adalah seseorang yang berkecimpung dalam bisnis dekorasi pernikahan.

Untuk menjadi lebih profesional, pengusaha tidak hanya dapat menggunakan jejaring sosial, tetapi juga situs web. Sehingga perusahaan yang diikuti orang tersebut dikenal dan dapat ditemukan di mesin pencari seperti Google. Membangun website sebagai strategi pemasaran juga tidak diragukan lagi mudah dan sulit. 

3. Menggunakan Marketplace

Jejaring sosial ramai bukan hanya karena perkembangan internet, tetapi munculnya pasar juga merupakan akibat dari perkembangan internet. Tidak hanya website yang berkembang di Indonesia, namun ada puluhan bahkan ratusan pasar.

Setiap pasar memiliki karakteristiknya sendiri. Menggunakan pasar merupakan strategi promosi yang baik karena perusahaan yang ada di pasar dapat dipasarkan dalam kategori tertentu.

Misalnya, jika seseorang membeli dan menjual sepeda motor, maka sepeda motor yang dijual di pasar tersebut termasuk dalam kategori sepeda motor. Dengan memasarkan berdasarkan kategori, orang menemukan produk dengan mudah. 

4. Membuat promosi video melalui Youtube

Saat mendengar kata Youtube, Anda langsung teringat dengan platform yang memuat banyak video dari berbagai genre. Misalnya game, horor, vlog dan kategori lainnya. Lebih dari sekedar cara membuat konten, YouTube adalah alat yang cocok untuk strategi promosi bisnis.

Hal tersebut dikarenakan video lebih mudah menarik perhatian banyak orang daripada teks. Video promosi juga dapat menggunakan metode yang berbeda seperti:  iklan animasi panjang dan lainnya. Hal terpenting dalam video marketing promosi ini adalah bagaimana membuat video yang dapat menarik perhatian orang. 

5. Endorsement Selebgram atau KOL

Dengan pertumbuhan internet dan Instagram, orang-orang dengan pengikut Instagram yang besar telah menjadi pusat perhatian. Istilah sekarang untuk orang-orang ini adalah selebgram atau selebgram Instagram.

Keberadaan para selebriti ini dengan mudah menjadi strategi untuk mempromosikan produk melalui endorsement. Anda bisa menghubungi selebgram tersebut melalui Instagram atau pesan langsung dan meminta konfirmasi harga.

Rekomendasi Instagram juga dikenal sebagai paid ads atau iklan berbayar. Sehingga dengan persetujuan tersebut, bisnis yang dikurasi semakin dikenal karena selebriti mempromosikannya. 

6. Memperluas Hubungan ke Media

Tidak hanya memperluas relasi dengan pengusaha lain, Anda juga bisa terhubung dengan media. Pemasaran media sosial juga bisa menjadi solusi bisnis yang dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini banyak perusahaan yang dipimpin oleh banyak orang dan mereka juga telah menerapkan banyak strategi pemasaran. Bagi pemilik usaha baru, tidak ada salahnya mencoba strategi periklanan di atas untuk menarik konsumen. Satu lagi, jika cara di atas tidak terlalu menarik, jangan menyerah. Jalan menuju sukses masih ada.

Ini adalah strategi atau cara promosi bisnis yang wajib Anda ketahui jika ingin memulai bisnis. Periklanan penting dalam bisnis. Jika ingin bisnis sejahtera dan sejahtera, Anda harus tahu strategi bisnisnya.

Selain itu, Anda perlu melakukan pembukuan yang tepat dan optimal dengan software akuntansi agar Anda dapat mengelola keuangan dengan baik tanpa takut terjadi penipuan keuangan. Disamping itu, penggunaan software erp juga akan semakin mempermudah proses bisnis perusahaan menjadi lebih optimal.

Ikuti tulisan menarik Aththaariq Rizki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler