x

Iklan

Naufal Dwiranzah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2023

Senin, 10 April 2023 14:41 WIB

Pentingnya Pendidikan dalam Menciptakan Generasi Cerdas dan Bermoral Menghadapi Tantangan Global


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pendidikan dianggap sebagai kebutuhan dasar setiap orang dan menjadi kunci untuk kemajuan dan perkembangan suatu negara. Oleh karena itu, menciptakan generasi cerdas dan bermoral menjadi prioritas utama bagi setiap negara dalam menciptakan masa depan yang cerah. Meskipun begitu, kualitas pendidikan di Indonesia masih belum sebaik negara-negara lain. Oleh karena itu, banyak lembaga pendidikan berupaya memberikan fasilitas dan tenaga pendidik berkualitas yang dapat mengembangkan potensi siswa, sehingga menciptakan lulusan-lulusan yang memiliki kualitas dan moral yang baik di masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menghadapi tantangan dan persaingan yang semakin sulit pada era perkembangan teknologi informasi saat ini.

 

Dalam mencapai tujuan ini pendidik memiliki peran yang sangat penting, karena mereka bukan hanya memberikan informasi kepada siswa, tetapi juga sebagai pembimbing yang membantu siswa memahami dan mengembangkan potensi mereka. Dalam hal ini, pendidik harus memastikan bahwa siswa memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan bermanfaat untuk membantu mereka mencapai kesuksesan di masa depan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Namun, pendidikan di Indonesia masih dihadapkan pada beberapa permasalahan, seperti minimnya tenaga pendidik yang berkualitas terutama di daerah pedesaan dan pedalaman, jumlah guru yang belum sarjana namun sudah menjadi tenaga pendidik, dan kurangnya sistem pendidikan yang tertata dan terarah. Permasalahan ini menyebabkan peserta didik kesulitan untuk mendalami ilmu pengetahuan yang disampaikan dan membuat pembelajaran tidak berjalan secara maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga pendidik yang profesional dan berpengalaman, yang dapat mengajar sesuai pendidikan sarjananya dan melanjutkan pendidikan sesuai mata pelajaran yang diampunya agar pendidik lebih paham dan matang terhadap mata pelajaran yang diajarkan. 

 

Para pendidik juga harus mengedukasi mengenai pentingnya literasi baru di era digital yang mencakup tiga hal, yakni literasi data, kemampuan membaca dan menganalisis menggunakan informasi di dunia digital, serta literasi teknologi. Hal ini merupakan bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini disekitar kita.

 

Untuk meningkatkan mutu pengajar di Indonesia, perlu dilakukan upaya-upaya yang holistik dan komprehensif. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas pendidikan guru. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki kualitas perguruan tinggi yang menawarkan program pendidikan guru dan memberikan pelatihan terus-menerus bagi para guru. Selain itu, memberikan insentif dan penghargaan bagi guru yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, serta meningkatkan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja guru, juga dapat membantu meningkatkan mutu pengajar. Pemerintah juga harus memastikan bahwa guru memiliki akses pada sumber daya yang cukup untuk membantu mereka dalam memberikan pendidikan yang berkualitas, seperti buku-buku pelajaran, fasilitas laboratorium, dan akses internet. Selain itu, kerja sama antara sekolah dan industri juga perlu ditingkatkan untuk membantu para guru mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Melalui upaya-upaya ini, diharapkan mutu pengajar di Indonesia dapat meningkat dan memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan di negeri ini.

 

Dalam menciptakan generasi cerdas dan bermoral, pemerintah, pihak sekolah, dan tenaga pendidik juga harus bekerja sama dengan orang tua, masyarakat, dan pihak-pihak terkait lainnya, sehingga  kolaborasi ini memungkinkan pengembangan pendidikan yang holistik, yang mencakup aspek akademik, karakter, dan keterampilan sosial. Dengan peran yang sangat penting tersebut, tenaga pendidik memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan generasi cerdas dan bermoral. Oleh karena itu, mereka harus selalu mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pengajaran, agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat bagi siswa dan masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Naufal Dwiranzah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu