x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika memeriksa pasien dengan komplikasi Asam Urat

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Selasa, 11 April 2023 11:17 WIB

Terapi Berendam Air Garam, Salah Satu Cara Efektif Atasi Nyeri Asam Urat

Terapi Berendam Air Garam Salah Satu Efektif Mengatasi Nyeri Pada Pasien Asam Urat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Masalah penyakit asamm urat merupakan masalah umum yang banyak menghinggapi para lansia terutama bagi masyarakat yang sangat abai dalam menjaga pola makan sehari – hari. Kebiasaaan sering mengkonsumsi makanan yang tinggi purin disinyalir menjadi salah satu penyebab utama pasien didiagnosis Asam Urat. Penyakit Asam Urat sendiri menjadi masalah ketidaknyamanan pada pasien dengan masalah nyeri akut.

Pada pasien Asam Urat akan dijumpai keluhan nyeri akut pada persendian seperti jari tangan, jari – jari kaki, organ gerak dan pergelangan. Hal ini dikarenakan didalam persendian pasien yang memiliki asam urat yang tinggi terendam kristal karena purin yang apabila untuk bergerak akan bergesek dan menyebabkan nyeri pada si penderita.

Al hasil maka akan dijumpai tanda – tanda pada jari – jari tangan kaki terasa nyeri, bengkak dan kemerahan. Apabila hal ini dibiarkan akan menyebabkan masalah yang serius pada keterbatasan gerak pasien yang lain. Selain itu masalah tersebut apabila dibiarkan akan mengakibatkan komplikasi yang serius seperti terjadinya batu ginjal dikarenakan pengendapan kristal yang sudah banyak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu terapi non farmakologis yang bisa mengurangi masalah nyeri akut pada pasien asam urat adalah terapi Berendam Air Garam. Terapi Berendam Air garam efektif dalam mengurangi nyeri akut pada pasien asam urat. Dalam penelitian menyebutkan bahwa selain bisa mengurangi nyeri sendi akibat asam urat, terapi berendam air garam juga efektif untuk mengurangi stres. Proses terapi terhadap stres dimana terapi berendam air garam tersebut menekan hormon kortisol yang berproduksi secara berlebihan yang bisa menyebabkan stres pada pasien.

Penelitian yang lain yaitu penelitian yang dipublikasikan University of Manchester. Penelitian menemukan, penyuntikan larutan salin ke bagian tubuh hewan yang nyeri dapat meredakan proses peradangan yang sedang terjadi pada pasien asam urat.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji mengemukakan proses terapi berendam air garam dalam mengurangi pembengkakan nyeri sendi pada pasien asam urat adalah dimana terjadi proses “osmosis” dimana Salin menyerap air dari sel yang mengalami peradangan atau membengkak sehingga peradangan akan berkurang pada pasien asam urat. Kemudian efek air garam osmoterapi dengan larutan hipertonik dapat memberikan manfaat dalam pengelolaan penyakit radang sendi, seperti rheumatoid arthritis, dengan proses perendaman dalam waktu lama. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB