x

ilustr: Cleveland Clinic

Iklan

Abigail Harista

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Desember 2022

Minggu, 18 Desember 2022 17:11 WIB

Split Bill pada Kencan Pertama Meruntuhkan Gengsi?

Sedang hangat diperbincangkan oleh warga tiktok tentang split bill atau bahasa santainya ‘patungan’ saat kencan pertama, sebagian besar wanita setuju dengan aturan pria yang harus membayar. Namun tidak sedikit wanita yang setuju dengan aturan split bill dengan alasan mandiri atau belum jadi kewajiban si pria.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah kamu kebingungan siapa yang harus membayar saat kencan pertama? Mau mengajak split bill pun tidak enak tapi isi dompet pun nggak mencukupi.

Sedang hangat diperbincangkan oleh warga tiktok tentang split bill atau bahasa santainya ‘patungan’ saat kencan pertama. Sebagian besar wanita setuju dengan aturan pria yang harus membayar. Namun tidak sedikit wanita yang  setuju dengan aturan split bill dengan alasan mandiri atau belum jadi kewajiban si pria. 

Sebelum itu mari kita bahas apa itu split bill? Split bill artinya membayar tagihan makanan atau pesanan masing-masing secara rata. Lalu mengapa pria harus gengsi jika ingin mengajak split bill saat kencan pertama? Ini mengacu pada first impression. Bagi sebagian orang first impression saat kencan pertama sama pentingnya dengan mengisi bensin kendaraan. Dengan first impression itulah dapat menentukan apakah akan ada kencan berikutnya atau tidak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak orang tidak mau merusak first impressionnya saat kencan pertama apalagi sudah banyak yang percaya split bill saat kencan pertama merupakan hal yang tidak lumrah. Menurut mereka pria harus membayar semua tagihan atau traktir sebagai bentuk tanggung jawab dan kewajiban karena sudah mengajak jalan. 

Ramai diperbincangkan video tiktok wanita yang memberikan pendapatnya terkait terkait split bill menurutnya pria harus selalu mentraktir wanitanya karena menurutnya wanita sudah memberikan modal seperti perawatan wajah, make up, baju dan rambut apalagi bagi wanita yang nyalon sebelum bertemu demi memberikan kenyamanan bagi pria saat mengajak jalan. Dan hal-hal itu juga tidaklah murah sehingga menurutnya adil jika yang membayar pria. Tapi ada komentar seorang pria yang tidak setuju dengan pendapat wanita yang di video, karena menurutnya jika ingin dibandingkan modal perawatan si wanita, pria juga sama dengan wanita untuk hal perawatan dan perintilannya sehingga tidak adil bagi pria jika membawa modal perawatan.

Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2017 oleh Money and SurveyMonkey, 78 persen responden mengatakan, bahwa pihak pria-lah yang harus membayar pada kencan pertama,dan survey lainnya mengatakan kalau yang mengajaklah yang harus membayar.

 

Pendapat  masyarakat yang juga memunculkan rasa gengsi bagi pria mungkin berawal dari budaya patriarki yang mendominasi dan mengharuskan membayar segalanya karena pria lah yang bekerja dan berpenghasilan, wanita hanya tinggal menikmati hasilnya. Stigma tersebut sudah muncul dari sejak dulu sehingga sangat sulit merubah pendapat masyarakat. Padahal wanita juga bisa bekerja untuk memiliki penghasilan sendiri dan membayar tagihannya sendiri.

 

Sekarang pertanyaannya, apakah sudah mutlak pria tidak boleh mengajak split bill? jangan khawatir! tidak ada salahnya pria mengajak split bill karena tidak semua pria memiliki uang yang cukup untuk mentraktir pasangannya, Namun lebih baik tidak saat kencan pertama, kamu bisa coba saat kencan-kencan berikutnya. Tidak perlu gengsi dan memikirkan stigma masyarakat jika pria harus menanggung semuanya. Bagi yang bingung cara mengajaknya dapat mengikuti cara-cara berikut ini,

Ajak berdiskusi tentang split bill sebelum pergi kencan

Agar tidak terjadi miskomunikasi terkait split bill, kamu bisa memulai dengan mengajak diskusi santai, tidak perlu terburu-buru dan jelaskan tentang keadaan kamu sekarang kalau kamu belum bisa mentraktirnya, hindari mengajak split bill saat di depan kasir ya! Nanti kamu keliatan nggak sopan.

Selalu terbuka tentang keuangan dan kurangi gengsi

Wanita pada dasarnya perasa, beri pengertian dan tanyakan apakah dia keberatan atau tidak, jika dia mengerti berarti dia pasangan yang pas buat kamu.

Jangan perhitungan

Misalnya kamu sedang bagi rata bill-nya,jangan sampai ke pajak atau ratus peraknya kamu bagi rata, perbandingan bayarnya bisa 60:40 atau 70:30 agar kamu nggak terlihat perhitungan dan pelit. 

Saling traktir

Kamu bisa coba cara ini, saat makan siang kamu yang bayar dan saat makan malam dia yang bayar atau bisa juga kamu yang beli tiket nonton dia yang membeli cemilan, tapi pastikan dia mau dan setuju dengan cara ini.

 

Jadi kesimpulannya split bill tidak masalah, tapi alangkah lebih baiknya saat kencan pertama pria lah yang membayar tagihannya, ini lebih menuju tanggung jawab karena pria mengajak keluar. Saat kencan berikutnya kamu bisa mulai mengajak split bill atau saling mentraktir, nggak perlu gengsi dan mengikuti pendapat masyarakat. Jika kamu merasa situasi tidak memungkinkan untuk mentraktir, kamu bisa jujur saja dan kasih pengertian seperti “Maaf ya kali ini aku nggak bisa traktir kamu, tapi kencan berikutnya aku yang traktir”.

Atau bisa juga saat ingin mengajak split bill bisa dengan “ keberatan nggak kalau kita split bill?”. Dan banyak cara sopan lainnya untuk mengajak pasanganmu karena yang menjalankan hubungan kamu bukan orang lain, kamu bisa atur cara bayar membayar dengan pasanganmu dan yang terpenting hubungan harmonis dengan cara dan aturan apapun.

Ikuti tulisan menarik Abigail Harista lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu