x

Berkendara saat musim hujan harus hati-hati agar tidak kecelakaan.

Iklan

Ghani Abdur Rahman

Penulis Artikel
Bergabung Sejak: 3 April 2023

Rabu, 19 April 2023 15:52 WIB

5 Tip Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Berkendara saat musim hujan harus hati-hati agar tidak kecelakaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Belakangan ini sering sekali hujan turun di kota Bogor dan kota-kota lain. Musim hujan membuat jalan menjadi basah dan licin. Hal ini akan menjadi penyebab kecelakaan di jalan. Untuk menghindari hal tersebut, bagi para pengendara wajib memperhatikan beberapa tip berikut:

1. Periksa lampu kendaraan 

Lampu kendaraan wajib diperiksa agar semua lampu dapat terang secara maksimal dan melihat pandangan jarak jauh ketika hujan deras. Nyalakan lampu utama pada siang hari dan hujan rintik-rintik. Hal ini akan membantu pengendara lain saat melihat kendaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Tekanan udara dalam ban

Kondisi tekanan ban akan cukup dan menghindari kendaraan dari melayang di atas air serta terlincir pada saat mengalami hujan. Jangan mengambil risiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

3. Memeriksa kondisi utama komponen kendaraan

Bagi para pengemudi tentu perhatikan pedal rem, gas, dan kopling dengan kondisi baik atau tidak. Biasanya perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengatasi akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Mengurangi kecepatan kendaraan sangat tinggi

Mengurangi kecepatan saat mengendara adalah hal paling wajib dilakukan ketika hujan dan jalan licin. Sehingga pengemudi dapat secara mengurangi kecepatan agar terhindar dari kecelakaan.

5. Jaga jarak aman

Jaga jarak aman dengan pengendara mobil lain. Karena dimusim hujan jaga jarak aman sangat penting dalam pengereman kendaraan dan membutuhkan jarak jauh daripada kondisi kering.

Ikuti tulisan menarik Ghani Abdur Rahman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler