x

Kegaiatan sosialisasi dan penyusunan spip di kantor imigrasi surakarta

Iklan

Kantor Imigrasi Surakarta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Januari 2023

Rabu, 10 Mei 2023 13:34 WIB

Imigrasi Surakarta Gelar Sosialisasi & Pendampingan Penyusunan SPIP

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Surakarta, Senin 08/05. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor, dalam sambutannya Winarko menyampaikan “Kegiatan ini diadakan sebagai upaya peningkatan Nilai Maturitas SPIP Kementerian Hukum dan HAM serta tercapainya penyusunan dan pengimplementasian manajemen resiko pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta,” ucap Winarko.

Hadir sebagai pemateri Kapsari, Korwas Bidang Kemaritiman BPKP Jawa Tengah. Kapsari menyampaikan Sistem Pengendalian Intern menurut PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP, yaitu "Proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,"  ujar Kapsari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lebih lanjut disampaikan mengenai lima unsur Sistem Pengendalian Intern yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan pengendalian intern.

Proses pengendalian menyatu pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai. Oleh karena itu, yang menjadi fondasi dari pengendalian adalah orang-orang (SDM) di dalam organisasi yang membentuk lingkungan pengendalian yang baik dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ingin dicapai instansi pemerintah.

Selanjutnya Kapsari melakukan pendampingan implementasi Manajemen Resiko bagi tiap seksi di lingkungan Imigrasi Surakarta.

Ikuti tulisan menarik Kantor Imigrasi Surakarta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler