x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Kamis, 11 Mei 2023 12:18 WIB

Yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Trip ke Surga Dunia Nyata Indonesia Timur, Labuan Bajo

Seperti yang kalian ketahui, Labuan Bajo merupakan sebuah kota kecil di bagian barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bukan hanya keindahan alamnya saja yang dijuluki sebagai surganya dunia nyata, Labuan Bajo juga terkenal sebagai pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang kalian ketahui, Labuan Bajo merupakan sebuah kota kecil di bagian barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bukan hanya keindahan alamnya saja yang dijuluki sebagai surganya dunia nyata, Labuan Bajo juga terkenal sebagai pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo. 

Selain Taman Nasional Komodo, ketika melakukan trip Labuan Bajo Anda pastinya akan ditawarkan banyak destinasi wisata lainnya, seperti Gua Batu Cermin yang menampilkan formasi batu kapur yang menakjubkan, Pulau Kelor yang memiliki pemandangan pantai yang indah, dan Pulau Kanawa yang menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Untuk menjelajahi atau melakukan trip Labuan Bajo dan sekitarnya, pengunjung dapat memilih berbagai macam aktivitas, seperti snorkeling, diving, hiking, atau menyewa kapal untuk menjelajahi pulau-pulau sekitar. Secara keseluruhan, Labuan Bajo menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menakjubkan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan keindahan alam yang spektakuler dan keberadaan hewan langka yang menjadi daya tarik utama tidak heran jika kini wisata Indonesia bukan hanya Bali saja yang terkenal, tetapi masyarakat mancanegara sudah mulai melirik keindahan dari Labuan Bajo. 

Sebelum melakukan trip Labuan Bajo, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Yang paling utama merupakan budget yang harus dipersiapkan untuk melakukan perjalanan bersama teman dan keluarga ke Labuan Bajo. Simak selengkapnya nih!

1. Pilihlah Mode Transportasi yang Pas dengan Budget Anda 

Dalam melakukan perjalanan seperti trip Labuan Bajo biasanya akan berlangsung selama tiga hari dua malam. Yang artinya waktu sangat terbatas dan wisatawan harus memilih transportasi yang cepat agar lebih efisien seperti misalnya transportasi udara. 

Namun apabila Anda ingin menikmati waktu lebih lama di perjalanan alangkah baiknya menggunakan mode transportasi laut dan darat. Sebab selama perjalanan Anda bisa menikmati keindahan dari Labuan Bajo. 

Balik lagi kepada budget yang Anda miliki, sebab pemilihan moda transportasi yang pas bisa disesuaikan dengan keuangan, waktu, dan tujuan liburan Anda baik itu bersama teman dan bahkan bisa juga dengan keluarga.

2. Pilih Waktu yang Tepat untuk Melakukan Trip Labuan Bajo

Sebelum menikmati keindahan surga dunia nyata, alangkah lebih baik ketahui terlebih dulu kapan Anda akan melakukan trip Labuan Bajo. 

Bocoran sedikit untuk Kamu, waktu terbaik melakukan trip Labuan Bajo adalah bulan Maret hingga September karena cuacanya bagus, sedangkan setelah September cuaca cenderung mendung hingga selalu mengalami hujan deras. 

3. Kedatangan Harus Lebih Awal Dengan Jadwal Trip Labuan Bajo Anda 

Bagi kalian yang mengikuti trip Labuan Bajo, alangkah lebih baiknya untuk datang minimal satu hari sebelum trip dimulai. Hal itu dikarenakan transportasi udara berpeluang mengalami delay. 

 

Jadi daripada gagal malakukan trip bersama dengan pemandu wisata disana, lebih baik datang lebih awal. Benar bukan? 

4. Biaya Liburan Trip Labuan Bajo

Setiap melakukan liburan, alangkah baiknya kalian mempersiapkan terlebih dulu budget atau biaya liburan yang harus dikeluarkan nantinya di Labuan Bajo. Seperti misalnya biaya makan, transportasi, penginapan dan bahkan dana lainnya. 

Untuk tiga hari dua malam melakukan trip Labuan Bajo biasanya perorang dikenakan biaya sebesar Rp.6.000.000. Budget tersebut sudah termasuk biaya transportasi udara dan penginapan serta makan. Gimana murah sekali bukan? 

5. Hindari Calo Jika Melakukan Perjalanan Trip Labuan Bajo 

Jika Anda melakukan trip ke Labuan Bajo tanpa agen perjalanan sudah bisa dipastikan kalian akan bertemu dengan calo yang sudah menunggu di pelabuhan. Biasanya calo akan menawarkan tiket kapal air dengan harga yang bisa dua kali lipat dari harga asli. 

Untuk menghindari calo, alangkah lebih baiknya kalian langsung mendatangi tiket kapal resmi yang sudah ada di kawasan pelabuhan, disana kalian juga bisa dengan mudah mengecek jadwal keberangkatan kapal dan ketersediaan kapal menuju berbagai destinasi. 

6. Carilah Penginapan yang Sesuai dengan Budget Anda Melakukan Trip Labuan Bajo

Sebagai lokasi wisata yang kini semakin terkenal di mata masyarakat dunia, tidak heran jika kini kawasan sekitar Labuan Bajo dipenuhi dengan berbagai penginapan. Mulai dari penginapan mewah hingga yang standar dan pas di kantong Anda. 

Tarif penginapan paling murah ketika melakukan trip Labuan Bajo mulai dari Rp180.000 per hari, dan yang mewah bisa mencapai Rp4.000.000 keatas. Jenis penginapan yang ada semuanya bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. 

Namun jika ingin lebih menghemat disana juga terdapat penginapan seperti kos-kosan, atau guest house yang bisa sharing. Semua tergantung pada kalian mau memilih yang mana. 

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, berikut merupakan lima tempat belanja oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi setelah melakukan trip Labuan Bajo. Simak selengkapnya! 

- Pasar Kampung Ujung 

Pasar ini terkenal dengan penjualannya yang beragam, mulai dari suvenir khas Labuan Bajo seperti pakaian tradisional hingga makanan dan buah-buahan lokal. Pasar Kampung Ujung terletak di Jalan Soekarno Hatta.

- Pasar Waringin 

Pasar Waringin merupakan pasar tradisional yang menawarkan berbagai macam hasil bumi dari Flores, seperti kopi, coklat, dan rempah-rempah. Selain itu, pasar ini juga menjual berbagai jenis kerajinan tangan khas Flores seperti tas anyaman dan ukiran kayu. Pasar Waringin terletak di Jalan Waringin.

- Toko Oleh-Oleh 

Toko Oleh-Oleh menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Flores, seperti kerajinan tangan, kain tenun, dan kopi Flores. Toko ini terletak di Jalan Soekarno Hatta.

- Jenggala Souvenir

Jenggala Souvenir merupakan toko suvenir yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Labuan Bajo, seperti kaos, topi, dan kalung. Toko ini terletak di Jalan Soekarno Hatta.

- Labuan Bajo Art Market

Labuan Bajo Art Market merupakan pasar seni yang menjual berbagai jenis barang seni, seperti lukisan, ukiran kayu, dan patung. Selain itu, pasar ini juga menjual oleh-oleh khas Labuan Bajo seperti kaos dan topi. Pasar ini terletak di Jalan Soekarno Hatta.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan trip Labuan Bajo baik itu bersama teman atau keluarga. Semoga perjalanan kalian menyenangkan!

 

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB