Program P3TGAI PUPR BBWS Brantas Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan

Senin, 5 Juni 2023 07:52 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Desa Tanggaran, Trenggalek, 4 Juni 2023 - Dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendorong pemberdayaan perempuan, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Sumber Daya Air (BBWS) Brantas telah memberikan dampak positif di salah satu desa di Trenggalek, yaitu Desa Tanggaran, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek.

Dalam program ini, Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tani Bahagia memainkan peran penting dalam kegiatan peningkatan jaringan irigasi di tingkat tersier. Bapak Adianto, selaku Ketua P3A, mengungkapkan kebanggaannya atas kontribusi yang telah diberikan oleh masyarakat desa dalam mendukung program ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program P3TGAI juga memberikan kesempatan kepada masyarakat perempuan untuk ikut serta dalam kegiatan padat karya yang merupakan bagian dari upaya pemberdayaan mereka. Tenaga Pendamping Masyarakat, Varia Rustiyaningsih, berperan penting dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada para petani dan Tim Swakelola dalam menjalankan kegiatan peningkatan jaringan irigasi.

Menurut Sugeng, Asisten Tenaga Ahli P3TGAI Desa Tanggaran Kecamatan Pule Trenggalek, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi petani dalam meningkatkan jaringan irigasi yang sudah ada di tingkat tersier. Hal ini akan memberikan dampak positif dalam peningkatan produktivitas pertanian, kualitas hidup masyarakat, serta pemberdayaan perempuan dalam sektor pertanian.

Tenaga Ahli, Rendy Muhammad Mubarok, menyampaikan apresiasi atas kontribusi dan kerja keras masyarakat desa dalam menjalankan program P3TGAI. Ia menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam upaya peningkatan tata guna air irigasi yang berkelanjutan.

Program P3TGAI Kementerian PUPR tahun 2022 lalu telah berhasil menyerap sebanyak 179.141 tenaga kerja, memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat lokal. Program ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan nasional, pemerataan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat di wilayah pedesaan.

"Kami berharap program ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Desa Tanggaran dan masyarakat di wilayah sekitarnya," ujar Bapak Adianto, Ketua P3A Tani Bahagia. "Program P3TGAI telah membawa perubahan yang signifikan dalam peningkatan kesejahteraan kami. Kami berharap program ini dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, meningkatkan produktivitas pertanian, dan mendorong partisipasi aktif perempuan dalam sektor pertanian. Terima kasih kepada Kementerian PUPR dan BBWS Brantas atas dedikasi dan dukungan mereka dalam melaksanakan program ini," imbuhnya.

 

 

Penulis: Triani

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler