x

Karena banyaknya dompet digital yang dimilikinya, bisa membuat seseorang lupa.dengan kode PIN-nya. Untuk itu diperlukan cara mengatasi lupa pin gopay tersebut.

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Rabu, 7 Juni 2023 20:09 WIB

Inilah Cara Praktis Mengatasi Lupa Pin Gopay

Keberadaan Gopay sebagai dompet digital sudah sedemikian banyak diminati orang, dengan berbagai alasan dan latar belakang. Namun, permasalahan lupa pin pada penggunaan dompet digital menjadi hal yang biasa dan manusiawi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ini keberadaan Gopay sebagai dompet digital sudah sedemikian banyak diminati orang, dengan berbagai alasan dan latar belakang. Namun, permasalahan lupa pin pada penggunaan dompet digital menjadi hal yang biasa dan manusiawi, dikarenakan banyaknya dompet digital yang dimilikinya. Untuk itu diperlukan  cara untuk mengatasi lupa pin gopay tersebut.

Gunakan Cara Yang Cepat Dan Tepat

Banyaknya aplikasi yang dimiliki seseorang, seringkali menjadi permasalahan serius, ketika lupa memasukkan kode pin Gopay-nya. Tentunya hal tersebut akan cukup merepotkan, karena akan menyebabkan kegagalan saat bertransaksi. Untuk itu diperlukan beberapa cara mengatasi lupa pin gopay dengan cepat dan tepat, sebagaimana berikut:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

1.Reset Melalui SMS

Cara untuk mengatasi lupa pin gopay yang pertama dan termudah adalah dengan mengatur ulang melalui SMS. Untuk itu pastikan terlebih dulu keaktifan nomor yang pengguna daftarkan sebelumnya. Sebab pengguna diwajibkan punya akses dengan nomornya untuk pengiriman kode OTP-nya. Langkah yang perlu dipersiapkan untuk mereset pin Gopay, antara lain:

 

  •  Buka halaman utama di aplikasi Gojek, lalu tap menu “lainnya”. kemudian buka menu “pengaturan”.
  • ·Mulai atur menu metode pembayaran, kartu-debit, serta PIN-nya dengan meng-klik “lupa PIN”.
  • ·Isi kolom yang tersedia dengan PIN baru dan ketik ulang PIN baru tersebut di kolom yang disediakan.
  •   Maka Gopay segera akan mengirimkan kode OTP-nya untuk konfirmasi melalui SMS. Segera masukkan kode OTP tersebut.
  •   Selanjutnya PIN Gopay milik pengguna sudah berhasil di-reset.

 

2.Lewat Customer Service

Untuk cara mengatasi lupa pin gopay berikutnya adalah dengan meminta bantuan lewat customer service. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang sudah kehilangan akses untuk nomor kontak SMS-nya.  Untuk nomor kontak Customer-Service Gojek adalah; 1500304 dengan alamat email di customerservice@gojek.com.

Data diri pengguna pastinya akan dipertanyakan  melalui email. Untuk itu pengguna cukup memperkenalkan diri serta mulai menceritakan kronologis lupa PIN. Kemudian tunggu dengan mengikuti petunjuk dan arahan dari CS tersebut.

 

3.Bila Terlanjur Terblokir

Apabila pengguna melakukan berturut-turut 3 kali kesalahan dalam memasukkan kode Pin gopay-nya. Maka, secara otomatis pihak Gojek akan memblokir, guna mengamankan akun milik pengguna tersebut. Untuk membuka blokiran akun di gopay-nya, pengguna dapat mengikuti langkah sebagaimana berikut; dengan waktu istirahat kurang lebih 15 menit hingga 1 jam. Sebelum mulai bertransaksi lagi.

 

4.Mengatasi Lewat Smartphone

Pin Gopay sebenarnya sudah dibuat bersamaan ketika pengguna mendaftar diri di Gojek, yang kemudian digunakan untuk mengaktifkan metode pembayaran-nya. Nah, untuk mengatasi lupa PIN Gopay juga dapat dilakukan lewat smartphone, sebagaimana berikut:

  •  Dimulai dengan membuka aplikasi dari Gojek lewat smartphone pengguna.
  •  Kemudian pilih menu “Lainnya” dan lanjutkan pilih menu “pengaturan”, lalu pilih “Lupa-PIN”.
  • Kemudian masukkan kode PIN-nya yang terbaru dan ulangi sekali lagi
  • Segera input-kan kode verifikasi-nya, maka proses untuk penggantian kode Pin Gopay sudah selesai.

 

5.Ubah PIN

Selain cara yang sudah tertulis sebelumnya, pengguna juga dapat mengganti Pin-nya dengan lebih sederhana. Dimulai dengan membuka aplikasi gojek terlebih dulu, lalu pilih menu Gopay. Kemudian pengguna dapat memilih menu “pengaturan” selanjut-nya pilih ubah Pin.

Sebelumnya pengguna segera memasukan Pin lama-nya. Kemudian membuat Pin terbaru-nya, lalu konfirmasikan pin baru tersebut. Maka, pengguna sudah berhasil mengganti Pinnya, tanpa perlu menggunakan kode OTP.

 

Nah, demikianlah cara untuk mengatasi lupa pin gopay. Apalagi jika akun dan aplikasi yang dimilikinya cukup banyak, dengan kode pin yang berbeda-beda. Sehingga beberapa cara tersebut di-atas akan sangat membantu para pengguna dompet digital.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB