x

Lidah buaya atau aloe vera yang sejak dulu dikenal sebagai tanaman dengan berbagai manfaat ini cukup menarik untuk mulai dibudidayakan.

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Rabu, 7 Juni 2023 20:11 WIB

Cara Membudidayakan Lidah Buaya Lengkap Beserta Pemeliharaannya

Jenis tanaman sukulen yang tumbuh banyak dan cukup cepat perkembang-biakannya di wilayah tropis, meskipun di habitat aslinya cenderung kering serta hangat. Tentunya dengan memahami cara membudidayakan lidah buaya berikut pola pemeliharaannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Aloe-Vera atau lidah-buaya, termasuk jenis tanaman sukulen yang tumbuh banyak di wilayah tropis. Meskipun di habitat aslinya cenderung kering serta hangat.  Namun, penghobi tanaman ini tetap dapat menanamnya di daerah yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Tentunya dengan memahami cara membudidayakan lidah buaya berikut pola pemeliharaannya.

Persiapan Yang Diperlukan

Lidah buaya yang sejak dulu dikenal sebagai tanaman dengan berbagai manfaat ini cukup menarik untuk mulai dibudidayakan. Mulai sebagai obat pencahar, antiseptik, peradangan dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan akhir-akhir ini juga dapat menjadi bahan olahan makan yang cukup lezat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apalagi tanaman yang dikenal dengan beragam khasiat ini, cukup cepat perkembang-biakannya. Bahkan dapat tumbuh subur dengan banyak menghasilkan anakan untuk dibudidayakan. Tentunnya penghobi perlu memahami cara budidaya lidah buaya yang lengkap beserta pemeliharaan. Untuk itu diperlukan langkah dan persiapan sebagaimana berikut ini:

1.Persiapan Awal Tanam

Cara budidaya lidah buaya yang pertama adalah melakukan persiapan awal. Mulai dari menyiapkan pot, media tanam hingga bibit atau anakan lidah-buaya yang akan dibudidayakan. Pilih pot yang berdiameter besar dan memiliki lubang drainase yang bagus.

Demikian juga dengan media tanam-nya, gunakan campuran antara tanah dengan pasir yang biasa dipakai menanam pohon kaktus. Atau dapat juga menggunakan pasir malang yang terkenal cocok untuk jenis tanaman kering. Selanjutnya pilih anakan lidah buaya yang sehat dan siap tanam.

Anakan lidah-buaya yang baik dan sehat berada di sekitar pangkal tumbuhan indukannya. Biasanya memiliki warna yang cerah serta sudah memiliki akar sendiri. Ambil anakan yang sudah memiliki 4 daun dengan ukuran seperlima tanaman indukannya.

2.Memulai Tanam benih

Setelah semuanya sudah dipersiapkan saatnya melanjutkan cara budidaya lidah buaya yang kedua. Dimulai dengan memasukkan media tanamnya ke dalam pot yang sudah disediakan sebelumnya. kemudian tanam anakan lidah-buaya tersebut. Sebaiknya jangan terlalu dalam menempatkan akarnya yang relatif pendek.

3.Pastikan Mendapat Cukup Sinar Dari Matahari

Meskipun lidah buaya tergolong tanaman kering, namun tetap hindari paparan sinar dari matahari secara langsung. Apalagi  lidah-buaya termasuk jenis tanaman yang mudah sensitif dengan perubahan suhu  di lingkungannya. Sebab hal tersebut akan sangat mengganggu penampilan dan kesegaran lidah buaya, mulai dari berwarna putih hingga kecoklatan.

Untuk itu pastikan tanaman ini hanya terpapar sinar dari matahari secara langsung selama 6 jam saja. Apabila menanamnya di dalam rumah, letakkan dengan jendela yang terkena sinar dari matahrari, untuk membuatnya tetap hidup.

4.Sirami Setiap 2 Minggu Sekali

Sebagai bagian dari keluarga tanaman sukulen, lidah-buaya tidak banyak membutuhkan siraman air yang banyak, cukup 2 minggu sekali. Sebab tanaman ini mampu menyimpan cadangan airnya di waktu yang cukup lama. Untuk itu periksa kondisi tanaman tersebut, jika terlalu banyak airnya, maka lidah-buaya tersebut dapat mengalami pembusukan.

5.Berikan Perawatan

Pada umumnya lidah buaya tidak banyak membutuhkan perawatan. Namun untuk memaksimalkan pertumbuhan dan kesehatannya, diperlukan pemupukan. Meskipun setahun sekali dengan pupuk organik. Selain itu juga menyingkirkan gulma atau tanaman liar yang biasanya mengganggu pertumbuhan dan penampilan lidah-buaya, yang sedang dibudidayakan.

Perhatikan kondisi daunnya, lidah-buaya yang sehat memiliki daun yang lurus ke atas dan montok. Apabila daunnya tampak tipis serta keriting, maka tanaman tersebut membutuhkan banyak asupan air. Selain itu jika daun lidah-buaya terkulai, berarti membutuhkan lebih banyak lagi pasokan sinar dari matahari.

 

Nah, demikianlah cara membudidayakan lidah buaya lengkap beserta pemeliharaan.  Sehingga tumbuhan lidah buaya terus tumbuh subur dan maksimal, serta terjaga kesegaran dan kesehatan-nya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler