x

pendampingan dalam perakitan sistem instalasi hidroponik

Iklan

ilhamismunandar Rizky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Juni 2023

Rabu, 7 Juni 2023 20:34 WIB

Smart Urban Farming Green Puspa

Sebuah kampung yang memberdayakan masyarakatnya untuk berkebun melalui hidroponik dan akuaponik, dengan lahan yang minim hal tersebut dapat tetap dilaksanakan dengan semangat kolektif antar masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Green Puspa adalah Kelompok Petani kota 06 yang berlokasi di Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur. Kampung yang berada di dataran rendah ini mengalami normalisasi perbaikan saluran utama di daerah mereka.

Kampung ini melakukan penghijauan di sektitar RW 06. Di sini ada dua metode penghijauan. Salah satunya menggunakan teknologi IOT (Internet Of Things), ada aquaphonic dan hidroponic. Pengaturan Ph melalui smartphone Dengan teknologi Iot, hal ini dikembangkan oleh Karang Taruna sekitar. Selain menggunakan sumber listrik dari PLN, warga juga menggunakan tekanan udara sebagai alternatif jika listrik padam di daerah green puspa.

Program petani kota dimulai pada 2017 yang didasari karena daerah tersebut sering merasakan dampak banjir. Memang, daerah tersebut berdekatan dengan bantaran kali, Namun karena kesadaran yang dimiliki oleh warga dan kegiatan kolektif membuat kampung Green Puspa semakin berkembang. Diawali dari kesadaran lingkungan karang taruna dan masyarakat hingga mendapat bantuan dana dari pemerintah. Pun hasil dari hydroponic dan aquaponic juga di lelang dan di jual kembali oleh warga, pak zulfikar selaku RT memaparkan tagline green puspa "dari warga, untuk warga dan oleh warga"

Tanaman di hydroponic green puspa juga sudah di data menggunakan barcode. Selain itu warga juga saling kolektif untuk mengurus hydroponic dan aquaponic, hal ini bisa menjadi solusi bagi daerah-daerah yang terdampak banjir agar lebih peduli terhadap lingkungan dan mulai membenahi lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik ilhamismunandar Rizky lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB