x

560 Tunas Pengayoman Kemenkumham Jateng Resmi Menerima SK CPNS

Iklan

Mariam Avi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juni 2023

Minggu, 11 Juni 2023 14:32 WIB

Berbagi Pengalaman Seputar Tes SKD CPNS

Pembukaan pendaftaran CPNS 2023 akan segera dimulai. Bagi kamu yang punya cita-cita jadi abdi negara, yuk cari tahu segala sesuatu tentang tes SKD CPNS dalam artikel ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa itu SKD? SKD adalah kependekan dari Seleksi Kompetensi Dasar. Kamu mungkin penasaran tentang tahap tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang merupakan bagian dari proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Indonesia. SKD adalah ujian pertama yang harus diikuti oleh peserta seleksi CPNS setelah melalui seleksi administrasi.

Tujuan dari ujian ini adalah untuk menilai sejauh mana peserta memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh pegawai negeri sipil.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang tahapan seleksi CPNS. Tahapan ini terdiri dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). SKD merupakan tahap pertama setelah seleksi administrasi, sementara SKB merupakan tahap selanjutnya yang menguji kompetensi bidang sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama adalah seleksi administrasi, di mana kamu harus mendaftar melalui website resmi BKN dan mengunggah dokumen serta berkas yang dibutuhkan.

Kemudian, seleksi kemampuan dasar (SKD) menguji kemampuan intelektual dasar peserta serta pengetahuan kebangsaan.

Terakhir, seleksi kemampuan bidang (SKB) menguji kedalaman pengetahuan dan keterampilan dalam bidang yang sesuai dengan formasi yang dilamar.

Selanjutnya, mari kita lihat materi ujian SKD. SKD terdiri dari tiga materi soal yang harus dikerjakan oleh peserta, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap materi soal memiliki bobot jawaban yang berbeda.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) menguji pengetahuan dan pemahaman peserta tentang nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara. Tes Intelegensia Umum (TIU) menguji kemampuan peserta dalam berpikir logis, analitis, dan kuantitatif melalui berbagai jenis soal seperti analogi, silogisme, dan kemampuan numerik. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menguji pemahaman dan kemampuan peserta dalam pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.

SKD juga memiliki sistem passing grade

, yaitu nilai minimal yang harus dicapai oleh setiap peserta seleksi agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Passing grade SKD berbeda untuk setiap materi soal dan biasanya ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau instansi terkait.

Misalnya, passing grade SKD untuk TWK dapat ditetapkan sebagai 65, untuk TIU dapat ditetapkan sebagai 80, dan untuk TKP dapat ditetapkan sebagai 166. Peserta yang tidak mencapai nilai passing grade pada salah satu atau lebih materi soal akan dinyatakan tidak lolos SKD dan tidak dapat melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

Dalam pelaksanaan SKD, penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri dengan belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal yang sesuai dengan materi ujian. Selain itu, strategi waktu dan pemilihan soal yang efektif juga dapat membantu meningkatkan peluang kelulusan dalam ujian SKD CPNS.

Jangan khawatir, ada rahasia untuk lolos tes SKD! Tes SKD memang bisa sulit, terutama jika kamu tidak memiliki persiapan yang matang. Salah satu cara untuk memudahkanmu dalam menghadapi tes SKD CPNS adalah dengan mengikuti bimbingan belajar online CPNS. Ayo CPNS merupakan salah satu bimbel online yang kami rekomendasikan. Kamu bisa mendownload aplikasi Ayo CPNS untuk mengaksesnya melalui handphone atau laptop. Dengan harga mulai Rp 124.000, kamu akan mendapatkan ratusan tryout premium SKD sistem CAT, akses materi SKD yang selalu update, bimbingan belajar online, konsultasi dengan mentor berpengalaman, simulasi tryout nasional, tools untuk mengukur waktu pengerjaan, dan masih banyak lagi.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk meraih kesuksesan dalam tes CPNS! Dapatkan diskon Rp 25.000 dengan menggunakan kode referal: ASNMASADEPAN melalui link ini.

Demikianlah penjelasan mengenai SKD dalam tes CPNS, jenis rangkaian ujian CPNS, materi ujian SKD, serta sistem passing grade SKD. Persiapan yang matang dan pemahaman yang baik mengenai materi ujian ini akan membantu kamu dalam menghadapi seleksi CPNS dengan lebih baik.

Ikuti tulisan menarik Mariam Avi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini