x

Iklan

Winda Lina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Februari 2023

Senin, 12 Juni 2023 12:28 WIB

LPM UM Pontianak Gelar Pelatihan SPMI untuk Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak Gelar Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berlangsung secara offline pada 7 – 8 Juni 2023 bertempat di Hotel Orchardz Perdana Pontianak.

Rektor UM Pontianak Dr. Doddy Irawan, ST, M. Eng secara resmi membuka Pelatihan Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang diikuti oleh seluruh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di lingkungan UM Pontianak dengan total sebanyak 33 peserta. Siklus penjaminan mutu harus terus dikembangkan dan dilaksanakan dengan model siklus yang mencakup penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan dan peningkatan standar mutu (siklus PPEPP).

Semua tahapan dan pelaksanaan penjaminan mutu internal mesti dilaksanakan secara konsisten dan perbaikan secara berkelanjutan sehingga budaya mutu akan dapat dicapai di UM Pontianak tercinta ini. Untuk itulah kita bersama memahami secara utuh tentang penjaminan mutu internal dengan mengikuti pelatihan SPMI ini, yang nanti akan dilengkapi dengan Pelatihan Dokumen SPMI sehingga bisa sebagai auditor mutu internal. UM Pontianak ditargetkan Unggul pada tahun 2028, sehingga perlu dipersiapkan sejak dini, dalam sambutannya.

Dalam sambutan, kepala LPM UM Pontianak Dr.Linda Suwarni, SKM., M. Kes menegaskan bahwa pelatihan Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Sistem Penjaminan Mutu Internal di UM Pontianak, sekaligus untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan serta terbangunnya budaya mutu di UM Pontianak, dan mempersiapkan Auditor Internal Mutu di Perguruan Tinggi.  Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan diharapkan dapat membawa manfaat dalam meningkatkan penjaminan mutu di level Prodi, Fakultas, maupun Universitas serta mampu menginisiasi dan mengembangkan SPMI PT sesuai kekhasan visi dan misi fakultas masing-masing, sehingga tercipta budaya mutu secara berkelanjutan.

Kegiatan pelatihan ini bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Tanjung Pura (UNTAN) yang menghadirkan tiga narasumber dari UNTAN yaitu Prof. Dr. H.A.Oramahi,MP, Dr. Elvi Rusmiyanto PW, M.Si dan Dr. Pardi, M.AB. Kegiatan pelatihan pada hari pertama terdiri dari empat sesi topik pembahasan. Pada sesi pertama, dibahas mengenai “ Komitmen Pimpinan terhadap SPMI”. Sesi kedua mengulas tentang “ Sistem Penjaminan Mutu Internal PT “. “Sesi ketiga Kebijakan SPMI”. Dan sesi terakhir Organisasi SPMI (Tingkat Universitas Muhammadiyah dan Fakultas/Program Studi) dan sistem pelaporan SPMI. Sedangkan di hari kedua terdiri dua topik pembahasan dan persentasi kelompok.

Pada sesi pertama dibahas mengenai “ SPME Model BAN-PT ”. Sesi kedua “ Dokumen SPMI” dan di lanjtkan dengan kerja kelompok (penyusunan dokumen SPMI) yang dilanjutkan dengan presentasi hasil kerja kelompok tersebut. Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang aktif dalam diskusi dan tanya jawab dengan narasumber. Setelah pelatihan SPMI ini, direncanakan akan dilanjutkan dengan pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) dalam upaya menambah jumlah auditor internal di  UM Pontianak.

Ikuti tulisan menarik Winda Lina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler