x

Iklan

Ruqyah Kuningan

Ruqyah di Kuningan
Bergabung Sejak: 20 Juni 2022

Kamis, 15 Juni 2023 08:04 WIB

Cara Mudah Membersihkan Motor agar Tetap Kinclong

Motor keren tidak harus mahal dan kencang. Asalkan badannya bersih dan rapi, bisa dibilang keren.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Motor keren tidak harus mahal dan kencang. Asalkan badannya bersih dan rapi, bisa dibilang keren. Karena itu, Anda tidak perlu merasa minder, meski motor Anda hanya motor sejuta umat. 

Tetapi Anda harus merasa tidak aman jika sepeda motor Anda adalah sepeda motor. Karena kondisi motor yang mencerminkan kepribadian pemiliknya. Oleh karena itu, pastikan motor Anda selalu dalam keadaan bersih. Nah, berikut Cara Mudah Membersihkan Motor Agar Tetap Kinclong dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

BACA JUGA : Harga Yamaha R6

Cara Mudah Membersihkan Motor Agar Tetap Kinclong

Berikut ini ada 9 cara mudah membersihkan motor agar tetap kinclong,diantarannya:

Hindari Penggunaan Deterjen

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara pertama adalah dengan menghindari penggunaan detergen. Mungkin detergen yang ampuh untuk menghilangkan noda yang menempel di pakaian. Namun sepertinya cara ini tidak disarankan untuk menghilangkan noda yang menempel pada motor, hal ini dikarenakan warna cat pada motor akan memudar. 

Apalagi kandungan detergen mengandung unsur kompon seperti Natrium Hidroksida (NaOh), Asam Klorida (HCI), Kalium Hidroksida ( KOH) yang dapat memudarkan warna cat pada kendaraan. Oleh karena itu tidak disarankan menggunakan detergen untuk membersihkan motor.

Cuci Motor Setelah Hujan

Cara yang kedua sangat mudah yaitu mencuci motor setelah terkena hujan. Cara ini terbilang sangat efektif untuk membersihkan motor. Karena air hujan dapat membuat karat pada bagian motor jika tidak segera dicuci. 

Makanya tidak disarankan untuk mengelap motor. karena biasanya air hujan membawa partikel debu yang dapat menimbulkan goresan pada motor jika langsung diusap. Maka dari itu mencuci motor setelah kehujanan merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk menjaga kekilauan motor.

Cuci Motor Secara Rutin

Mencuci motor secara rutin memang membuat kita lelah, namun cara ini sangat efektif untuk membuat motor kita tetap kinclong. Hal ini juga membuat debu yang menempel pada motor kita tidak menumpuk dan membuat motor menjadi kusam. Namun disarankan untuk mencuci motor secara rutin yaitu 1-2 kali dalam seminggu.

Keringkan Sepeda Motor Setelah Dicuci

Keringkan motor setelah dicuci secara rutin, agar motor kita tetap kinclong dan terlihat bagus. Alasan selalu menjemur motor setelah dicuci karena biasanya ada bercak air atau sabun yang suka meninggalkan bekas di motor, mengeringkan motor setelah dicuci adalah cara mudah agar motor kita tetap kinclong.

Gunakan Kompon

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kompon, kompon adalah sejenis alat agar motor terlihat mengkilat, alat ini semacam body lotion motor untuk membersihkan sisa debu yang menempel. Cara menggunakan alat ini cukup dioleskan pada bagian yang terdapat goresan saja tidak perlu banyak, sedikit saja sudah cukup.

Gunakan Beeswax

Beeswax merupakan alat kecantikan yang dapat digunakan sebagai alat untuk kinclongkan motor. Tidak diragukan lagi alat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat dan termasuk cara manual untuk membuat motor kinclong. Terlebih lagi, banyak produk yang digunakan untuk melakukan perawatan motor termasuk beeswax.

Gunakan Minyak Goreng

Menggunakan minyak goreng untuk membuat kendaraan kita kinclong mungkin tidak masuk akal. Minyak goreng biasa digunakan sebagai komponen pelengkap masakan. Namun, siapa sangka ternyata minyak goreng ini bisa membuat motor kinclong. 

Cara yang bisa kita lakukan untuk membuat motor kinclong menggunakan minyak goreng adalah dengan mengoleskannya pada bagian body yang bermotif kulit jeruk. Perlu diingat bahwa minyak goreng yang digunakan adalah minyak goreng baru dan bukan minyak goreng bekas.

Gunakan Minyak Kayu Putih

Selain menggunakan minyak goreng, minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai alat alternatif untuk memoles sepeda motor. Cara pemakaian minyak kayu putih pada motor adalah dengan mengelap seluruh permukaan motor menggunakan kain yang kering, bersih dan lembut. Setelah itu oleskan minyak kayu putih pada kain, lalu gosok Motor agar tetap mengkilat dan kinclong.

Hindari Terkena Sinar Matahari Dalam Waktu Yang Lama

Paparan sinar ultraviolet dapat berdampak buruk pada kendaraan. Hal ini terbukti jika motor terkena sinar matahari dalam waktu lama akan memudar. Selain itu dampak terlalu lama terpapar sinar matahari yaitu pernis cat motor akan mengalami keretakan. Maka dari itu, untuk menjaga kondisi motor agar tetap mengkilat, disarankan untuk memarkirnya di tempat teduh.

Demikian ulasan tentang Cara Mudah Membersihkan Motor Agar Tetap Kinclong, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Kuningan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu