x

Pengabdian kepada Masyarakat di SMK Yapia Parung oleh Dosen Prodi TI UNPAM

Iklan

El Kemunk

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Oktober 2022

Selasa, 13 Juni 2023 15:28 WIB

Tim Dosen Unpam Gelar Pengabdian Masyarakat, Membantu Memahami Proses Pemasaran Produk via Digital

pengabdian kepada masyarakat oleh tim dosen informatika unpam di SMK Yapia Parung

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tim dosen dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 13 Mei 2023 dengan fokus pada pembekalan siswa SMK Yapia Parung terhadap konsep digital marketing. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa dalam memahami serta menerapkan proses pemasaran produk secara efektif di era digital.

Di bawah arahan Kepala Sekolah SMK Yapia Parung, A. Roup Rahman, M.Pd., kolaborasi ini menjadi kenyataan. Dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi dengan kebutuhan industri, A. Roup Rahman, M.Pd. telah mendukung inisiatif dosen-dosen Teknik Informatika UNPAM untuk memberikan kontribusi nyata kepada siswa melalui program pembekalan digital marketing.

Dalam PkM ini, dosen Teknik Informatika UNPAM yang diketuai oleh Khaerul Ma'mur, M.Kom. dengan narasumber Muhamad Rizki AKbar, S.Kom., M.Kom. dan fasilitator Muhammad Rosyid Ridlo, M.Eng., telah menghadirkan pengetahuan mendalam tentang digital marketing kepada siswa SMK Yapia Parung. Materi pembelajaran meliputi strategi pemasaran melalui media sosial, konten yang menarik, dan analisis data. Selain itu, siswa juga diajarkan bagaimana mengidentifikasi target audiens, merancang pesan yang menarik, serta mengoptimalkan tingkat konversi penjualan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan pembekalan ini melibatkan penerapan Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dalam strategi pemasaran. Model AIDA telah terbukti efektif dalam mempengaruhi perilaku konsumen dan membantu mengarahkan proses pembelian produk atau layanan. Para siswa diberikan pemahaman yang kuat tentang tahapan-tahapan Model AIDA dan bagaimana menerapkannya dalam strategi pemasaran produk di era digital.

Pemaparan materi oleh narasumber

Selama kegiatan berlangsung, siswa SMK Yapia Parung sangat antusias mengikuti acara hingga selesai. Kurang lebih 30 siswa dari kelas 11 ikut hadir dan menyimak dengan baik.

Kepala Sekolah SMK Yapia Parung, A. Roup Rahman, M.Pd., menyatakan kepuasannya atas kolaborasi ini. Ia menyampaikan, "Kami sangat mengapresiasi upaya dosen Teknik Informatika UNPAM dalam memberikan pembekalan digital marketing kepada siswa kami. Program ini memberikan peluang bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tren pemasaran saat ini. Kami berharap program ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan keterampilan siswa dan mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif."

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti ini menunjukkan komitmen dosen-dosen Teknik Informatika UNPAM dalam memberikan kontribusi yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat. Melalui kolaborasi dengan sekolah menengah kejuruan, menjadi salah satu peran aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan persiapan siswa untuk masa depan yang lebih baik.

Dosen Teknik Informatika UNPAM berharap bahwa program pembekalan siswa ini akan memberikan dampak positif jangka panjang. Mereka berharap siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh dalam pengembangan karir mereka di bidang pemasaran digital atau bahkan menjadi pengusaha yang sukses. Sehingga sebagai bahan evaluasi dilakukan tanya jawab secara langsung, dan bagi yang menjawab dengan tepat diberikan bingkisan yang menarik.

Pemberian Doorprize

Untuk itu, dalam era digital yang terus berkembang, kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah menjadi sangat penting. Inisiatif seperti ini mendorong terciptanya lingkungan belajar yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri. Selain itu, program pembekalan siswa terhadap konsep digital marketing juga mencerminkan komitmen SMK Yapia Parung dalam menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Teknik Informatika UNPAM dan dukungan dari Kepala Sekolah A. Roup Rahman, M.Pd. merupakan contoh nyata kolaborasi yang sukses antara perguruan tinggi dan sekolah dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat. Diharapkan, upaya ini akan terus berlanjut dan menginspirasi lembaga pendidikan lainnya untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat yang sejalan dengan kebutuhan zaman dan perkembangan teknologi.

Ikuti tulisan menarik El Kemunk lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu