x

Selesai kegiatan, foto bersama peserta PkM

Iklan

El Kemunk

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Oktober 2022

Senin, 6 November 2023 18:51 WIB

Tim Dosen Teknik Informatika UNPAM Menyebarkan Kesadaran Literasi Media Sosial dalam Bingkai PkM

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh tim dosen teknik informatika universitas pamulang di aula kelurahan Keranggan, Setu, Tangsel.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tangsel, 5 November 2023 - Sebuah upaya nyata dalam membentuk masyarakat yang sadar literasi media sosial telah dilakukan oleh tim dosen dari program studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pamulang (UNPAM). Pada tanggal 5 November 2023, mereka menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Aula Kelurahan Keranggan, dengan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang etika dan aturan dasar dalam literasi media sosial sebagai langkah pencegahan konflik di masyarakat.

Tim dosen yang terdiri dari Muhamad Rizki Akbar, S.Kom., M.Kom, Khaerul Ma'mur, M.Kom., dan Muhammad Rosyid Ridlo, M.Eng., mengakui pentingnya literasi media sosial dalam menjaga harmonisasi dan perdamaian di dalam dunia maya yang semakin mudah terhubung. Hal itulah yang melandasi tercetusnya kegiatan PkM ini. 

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara disertai dengan mengenalkan maksud dan tujuan diaadakannya kegiatan ini, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Pemaparan materi dilaksanakan secara efektif dan efisien oleh Muhammad Rosyid sebagai narasumber. Menurutnya, "Bahwa media sosial adalah sarana komunikasi yang sangat berpengaruh di masyarakat saat ini. Namun, tanpa pemahaman yang benar tentang etika dan aturan yang berlaku, penggunanya bisa tidak sengaja memicu konflik yang merugikan. Kami ingin memberdayakan masyarakat untuk menggunakan media sosial dengan bijak."

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemaparan Materi oleh narasumber

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus kepada memberikan pemahaman kepada warga Kelurahan Keranggan tentang pentingnya berbicara atau menulis sesuatu di media sosaial dengan hati-hati, memeriksa kebenaran informasi sebelum membagikannya, dan menjaga privasi di media sosial. Para peserta diajarkan cara mengenali tanda-tanda konflik awal dan bagaimana mengatasi konflik secara damai melalui komunikasi yang efektif.

"Kami sangat berterima kasih kepada tim dosen dari UNPAM yang telah memberikan panduan praktis tentang literasi media sosial. Semua peserta merasa lebih percaya diri dalam berinteraksi di media sosial dan tahu bagaimana menghindari potensi konflik," kata Bapak Edi Irawan, salah seorang peserta kegiatan tersebut.

Kegiatan PkM ini merupakan salah satu langkah penting dalam mendukung pendidikan masyarakat tentang etika digital di era yang kian terkoneksi tanpa penghalang. Tim dosen Teknik Informatika UNPAM berharap bahwa hasil dari kegiatan ini akan membantu menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan harmonis khususnya di Kelurahan Keranggan serta menginspirasi upaya serupa di seluruh masyarakat. Kesadaran akan literasi media sosial diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menjaga keamanan dan persatuan dalam dunia maya yang semakin kompleks.

Pengajuan Pertanyaan oleh Peserta

Kegiatan kemudian ditutup dengan tanya jawab dan pembagian doorprize kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan narasumber. Setelahnya dilakukan sesi foto bersama tim dosen dan peserta. (kmk)

Ikuti tulisan menarik El Kemunk lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu

Terpopuler