x

Ilustrasi Mie Instan. Shtuterstock

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Sabtu, 17 Juni 2023 08:57 WIB

Berapa Batas Aman Makan Mie Instan agar Tak Berbahaya bagi Tubuh?

  Mie instan mengandung natrium yang sangat tinggi, MSG dan zat pengawet. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya bagi tubuh. Jadi berapa ukuran maksimal boleh menyantap mie instan ini?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang sangat digemari banyak orang. Kenapa demikian? Karena mie instan mudah dikonsumsi, hanya dengan merebus saja, makanan siap dikonsumsi. Selain itu harga mie instan yang murah meriah dengan berbagai merk yang banyak juga menjadi pilihan menu makan setiap hari.

            Kalangan yang paling menyukai mie instan adalah mahasiswa (anak kos), karena bisa menghemat uang. Itu perlu agar mereka bisa bertahan hidup. Mie instan juga merupakan salah satu makanan yang menjadi kegemaran dunia. Bahkan mie instan merk dari Indonesia yaitu Indomie masuk dalam kategori makanan yang paling enak sedunia.

            Tapi ada hal yang penting yang harus diketahui tentang batas aman maksimal dalam mengkonsumsi mie instan setiap hari. Karena mie instan apabila dikonsumsi setiap hari secara berlebihan akan berdampak jelek bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Ada batas aman yang boleh dikonsumsi setiap harinya apabila tidak ingin mendapatkan efek samping dari makanan tersebut. Selain mengandung zat pengawet Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati. Gagal Ginjal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Tetapi ada batas aman dalam mengkonsumsi mie instan tersebut yaitu mie instan tidak boleh dikonsumsi lebih dari dua kali dalam sepekan. Jadi boleh mengkonsumsi mie instan tetapi tidak boleh dikonsumsi lebih dari 2x seminggu. Alasannya adalah mie instan mengandung natrium yang sangat tinggi, MSG dan zat pengawet jika dikonsumsi secara berlebihan.

            Terlalu berlebihan mengkonsumsi mie instan bisa membawa dampak buruk antara lain : Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang disebabkan dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi natrium atau garam yang tinggi. Efek negatif selanjutnya adalah bisa menyebabkan diabetes dikarenakan mie instan mengandung tinggi karbohidrat yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Terlalu banyak tinggi karbohidrat berpotensi menurunkan kinerja hormon insulin dan memicu diabetes mellitus.

            Efek negatif selanjutnya adalah bagi wanita hamil bisa menyebabkan keguguran, dikarenakan kandungan garam dan zat pengawet didalam mie instan dapat memperlambat pembentukan ginjal pada janin bayi. Jika proses tersebut terhambat maka janin tidak akan dapat menyerap dengan baik nutrisi tubuh serta akan menyebabkan kematian pada bayi didalam kandungan.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa meskipun Mie Instan memiliki banyak kandungan berbahaya apabila dikonsumsi terlalu berlebihan tetapi mie instan juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secarabaik dan benar. Manfaat kesehatan mie instan antara lain : mie instan memiliki sumber energi yang baik, mengandung mikronutrein yang penting  bagi tubuh yang tertera dalam kemasan, membantu berat badan tetap ideal dan mudah untuk disajikan. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB