x

Dokumentasi Yayasan Kaki Kita Sukasada (Sumber: instagram.com/yayasankakikita)

Iklan

Ida Bagus Indra Dewangkara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Senin, 19 Juni 2023 13:10 WIB

Cara Kembangkan Bisnis Berbasis Lingkungan, dan Raih Dana Bantuan Hingga Rp64 Juta

SATU Indonesia Awards adalah ajang bergengsi yang memberikan dana bantuan finalis sebesar 64 juta rupiah. SATU Indonesia Awards saat ini sedang membuka pendaftaran hingga tanggal 6 Agustus 2023. Ajang SATU Indonesia Awards ini sangatlah cocok untuk diikuti oleh para pelopor kegiatan inovatif di negeri ini. Terlebih lagi, ada banyak bidang yang dibuka pada ajang ini. Adapun beberapa bidang tersebut antara lain adalah kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan dan teknologi. Jadi, jika kamu memiliki program bisnis berbasis lingkungan atau salah satu program inovatif dari kelima bidang tersebut, yuk buruan daftar SATU Indonesia Awards 2023 sekarang! Untuk lebih detail tentang SATU Indonesia Awards dan contoh finalisnya, kamu bisa baca artikel ini ya!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Namun dewasa ini, perhatian terhadap lingkungan semakin meningkat seiring dengan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan pelestarian alam.

Hal ini telah mendorong perkembangan bisnis lingkungan di Indonesia, di mana pengusaha dan pelaku bisnis berupaya untuk menggabungkan aspek ekonomi dengan perlindungan lingkungan. Beberapa contoh bisnis lingkungan yang menjadi tren di Indonesia antara lainnya adalah pengolahan sampah, energi yang terbarukan, pertanian berbasis organik, hingga pariwisata dan budaya berbasis ramah lingkungan.

Di sisi lain, guna mewujudkan bisnis yang berkelanjutan, maka diperlukan dana-dana tertentu. Untuk mendapatkan dana, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis, salah satunya adalah bantuan dana dari suatu ajang kompetisi. Pada artikel ini, kamu akan dikenalkan oleh ajang penghargaan yang bergengsi di Indonesia dan berpotensi dapat mengembangkan bisnis lingkungan kamu, penasaran ajang apa itu?

Kenalan dengan SATU Indonesia Awards

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banner Satu Indonesia Awards

SATU Indonesia Awards (SIA) adalah sebuah penghargaan bergengsi yang memberikan pengakuan kepada individu atau kelompok yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam berbagai bidang.

Bagi para pelaku bisnis lingkungan, SIA merupakan ajang yang sangat relevan untuk mendapatkan apresiasi atas inovasi dan kontribusi mereka dalam menciptakan program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tahun ini, SIA kembali membuka pendaftaran bagi individu atau kelompok yang memiliki program inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang lingkungan.

Perlu diketahui bahwa kategori dari SIA 2023 ini antara lain adalah bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan dan Teknologi, serta satu Kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.

Apa Saja Benefit Mendaftarkan Bisnis Lingkungan di SIA 2023?

Jika kamu tertarik dengan SATU Indonesia Awards dan ingin mendaftarkan bisnis lingkungan kamu di tahun ini, berikut adalah daftar keuntungan yang bisa kamu dapatkan; apa saja itu?

  1. Mendapatkan Relasi:
    Dengan mendaftar bisnis lingkungan di SIA 2023, kamu akan mendapatkan relasi yang berasal dari berbagai latar belakang. Artinya, bisnis yang mereka kembangkan bukan hanya bisnis lingkungan, bisa jadi bisnis camilan, bisnis teknologi, atau model-model bisnis inovatif lainnya. Bagaimana? Menarik bukan?
  1. Mendapat Pengakuan dan Penghargaan
    Selain mendapatkan relasi, kamu juga akan mendapatkan pengakuan dan penghargaan; khususnya jika bisnis lingkungan kamu menjadi finalis di SIA 2023. Karena SIA 2023 adalah ajang yang sangat bergengsi, maka pengakuan dan penghargaan yang akan kamu raih pun akan bergengsi juga. Jadi, yuk buruan daftar sekarang!
  2. Pendanaan Sebesar 64 Juta Rupiah per Finalis
    Ini yang paling dicari-cari. Dengan mendaftarkan bisnis lingkungan kamu di SIA 2023 dan lolos sebagai finalis, kamu akan mendapatkan pendanaan kegiatan hingga sebesar 64 juta rupiah. Jadi kalau kamu ingin mendapatkan pendanaan ini, maka kamu dan bisnis lingkungan kamu wajib mendaftarkan diri sebelum pendaftaran SIA 2023 ditutup pada tanggal 6 Agustus 2023, ya!

Referensi Finalis SIA

Salah satu program usaha yang menjadi finalis SIA 2022 bidang kewirausahaan adalah “KarFa YKKS”. KarFa YKKS merupakan unit usaha dari Yayasan Kaki Kita Sukasada (YKKS) yang didirikan oleh Ns. I Made Aditiasthana,S.Kep pada bulan Maret 2020. Meskipun latar belakang Aditiasthana sebagai seorang perawat tidak terkait dengan sampah plastik, namun ia mampu mengembangkan ide bisnis yang inovatif ini.

Kenal Lebih Dekat dengan KarFa YKKS

Dokumentasi Ganesha Care dan YKKS

KarFa YKKS adalah sebuah unit usaha yang bergerak dalam mendaur ulang sampah plastik dengan melibatkan penyandang disabilitas. YKKS sendiri awalnya didirikan oleh Aditiasthana pada tahun 2013 dengan fokus pada tiga program utama, yaitu perawatan luka Diabetes Melitus pada pasien tidak mampu, pembuatan kaki palsu, dan pemberdayaan penyandang disabilitas.

Namun, karena keterbatasan donatur, Aditiasthana kemudian menciptakan unit usaha bernama KarFa YKKS. Dalam usaha ini, 25% keuntungan yang dihasilkan oleh KarFa YKKS akan disalurkan ke YKKS untuk menjalankan tiga program yayasan tersebut.

Perjalanan Bisnis KarFA YKKS

Berbicara tentang perjalanan bisnis, hal yang sudah pasti terjadi salah satunya adalah terjadinya tantangan. KjarFa YKKS juga demikian, salah satu tantangannya adalah terletak pada hal alat untuk mendaur ulang sampah yang mahal. Namun, tim KarFa YKKS tidak hanya melakukan inovasi dalam produk, tetapi juga mengembangkan mesin daur ulang sendiri untuk meningkatkan kapasitas produksi yang sesuai dengan permintaan pasar.

Produk daur ulang plastik yang dihasilkan oleh KarFa YKKS memiliki keunggulan, seperti kekuatan yang tinggi, tahan air, memiliki warna yang khas, dan tentunya bersifat berkelanjutan (sustainable). Papan plastik yang diproduksi dapat menggantikan berbagai produk yang umumnya terbuat dari kayu atau triplek.

Dalam memasarkan produknya, KarFa YKKS mengandalkan media sosial dan bekerja sama dengan empat toko di daerah pariwisata Bali. Konsumen terbesar KarFa saat ini adalah restoran, villa, dan hotel. Selain itu, dilansir dari data yang diambil pada tahun 2022, KarFa telah memberikan dampak positif dengan menciptakan lapangan kerja bagi 12 orang, termasuk 4 orang penyandang disabilitas.

Sekarang Giliran Kamu!

Setelah membaca kisah KarFA YKKS, kini giliran bisnis lingkungan kamu yang menjadi finalis di SIA 2023! Daftarkan bisnis lingkungan kamu di kategori Kewirausahaan melalui link atau tautan https://sia.astra.co.id. Tunggu apa lagi? Yuk, daftar SIA 2023 dan jadilah inspirasi di dunia kewirausahaan melalui inovasi bisnis lingkunganmu sekarang!

Ikuti tulisan menarik Ida Bagus Indra Dewangkara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu