x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Senin, 19 Juni 2023 16:22 WIB

Saatnya Mengubah Hidup dengan Puasa Daud; Ikuti Tata Caranya

Sabda dari Rasulullah SAW, "Seelok-eloknya shalat dan berpuasa di hadapan Allah SWT adalah shalatnya dan puasanya Daud AS . Dahulu beliau tidur dan di sepertiga malamnya menunaikan shalat. kemudian tidur kembali di satu per enamnya.”

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi umat Islam sangat dianjurkan menjalankan salah satu ibadah, berpuasa  sunah yang disukai Allah SWT. Banyak keutamaan dan manfaat yang akan didapat umat yang menjalankan puasa sunah ini.  Sehingga akan dimudahkan dalam mengurai permasalahan hidup yang sedang dialami seorang umat. Maka, sudah saatnya untuk  merubah hidup dengan puasa Daud.

Meskipun puasa sunah ini tampak mudah, namun pada hakikatnya cukup berat. Sebab, sehari berpuasa, sehari tidak dan dilakukan terus berulang-ulang membutuhkan konsistensi dan kedisiplinan. Tentunya juga keikhlasan umat untuk menata hidupnya dengan berpuasa Daud. Maka, keputusan dan komitmen menjadi sangat penting, dalam  beribadah sunah ini.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memahami Tata Cara Berpuasa Daud

Di sepanjang hidup Nabi Daud AS selalu rutin melakukan puasa dengan cara selang-seling, sehari berpuasa, sehari tidak. Lewat ibadah sunah ini, secara tidak langsung umat akan belajar menjadi istiqamah, untuk merubah hidupnya dengan berpuasa Daud. Maka, perlunya bagi umat Islam pahamkan dulu tata cara berpuasa Daud yang benar.

Yang pertama adalah niatnya untuk beribadah sunnah, puasa Daud. Seyogyanya dilakukan dengan tujuan dan niat yang baik dari dalam hati dan dilafalkan, sebagai bentuk komitmen diri kepada Allah SWT.  Akan lebih baik lagi jika dalam berpuasa Daud ini diiringi ibadah sunnah lainnya, seperti; sholat Tahajud, Hajat dan lain sebagainya, semata-mata guna mendapatkan ridho-NYA

Tata cara yang kedua untuk merubah hidup dengan puasa Daud, yaitu makan sahur. Namun makan sahur ini hukumnya  sunnah, jadi bila kelupaan atau tidak sempat, tak masalah asalkan diniatkan. Selanjutnya dalam berpuasa , hindarkan segala sesuatu kemungkinan yang dapat membatalkannya.

Ketika saatnya berbuka, hendaknya disegerakan, apalagi saat adzan magrib mulai dikumandangkan.  Nah, apabila dalam berpuasa Daud dilaksanakannya tapat  di hari Jumat, ibadah tersebut tetap boleh dijalankan. Sebab hukumnya mubah atau diperbolehkan saat menjalankan rangkaian ibadah puasa Daud di hari Jumat.

 

Keutamaan Dan Manfaat Berpuasa Daud

Umat Islam seeloknya belajar menjalankan ibadah sunah yang dianjurkan Rasulullah Muhammad SAW dan menjadi kesukaan Allah SWT.  Sebab merubah hidup dengan berpuasa Daud dengan ikhlas, tanpa keterpaksaan akan memberikan banyak keutamaan dan manfaat. Sebagaimana yang banyak diriwayatkan oleh Abdullah-bin-Amir-bin- Al Ash di hadist Bukhari.

Sabda dari Rasulullah,  "Seelok-eloknya shalat dan berpuasa di hadapan Allah SWT adalah shalatnya dan puasanya Daud AS . Dahulu beliau tidur dan di sepertiga malamnya menunaikan shalat.  kemudian tidur kembali di satu per enam-nya.”

Tentunya hal tersebut menjadi motivasi atau dorongan bagi umat Islam untuk mulai merubah hidup dengan puasa Daud. Apalagi diketahui dengan berpuasa sunah , seseorang akan mendapat banyak kemudahan dalam menghadapi permasalahan yang menjadi beban hidupnya. nah, beberapa keutamaan dan manfaat menjalankan ibadah puasa sunah ini, antara lain:

  • Kemudahan Di Segala Urusan Duniawi. Sebagai puasa dan ibadah sunah kesukaan Allah SWT, tentunya menjadi keyakinan untuk lebih mendekat diri kepada-NYA. Sehingga harapan untuk mendapatkan ridho dan ijabah dari NYA, menjadi semakin besar.
  • Diibaratkan Berpuasa Selama Setengah Tahun. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Tiada ibadah puasa yang melebihi afdholnya berpuasa Daud, selain berpuasa di bulan Ramadhan.”
  • Kemudahan Mendapatkan Jodoh, sebab berpuasa Daud menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk diijabah doa-doanya.
  • Terjaga kesehatannya, sebab dengan berpuasa Daud seseorang akan terjaga dari obesitas yang sering menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit.

 

Nah demikianlah saatnya bagi umat Islam untuk merubah hidup dengan puasa Daud yang banyak berkatnya.  Sehingga mendapatkan ridho Allah SWT dan diberikan kemudahan dalam mengurai permasalahan hidup. Apalagi manfaat juga  pengaruhnya bagi kesehatan sungguh luar biasa bagi umat yang menjalankannya.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu