x

Foto Band Rock asal Kanada yaitu Simpleplan yang mengadakan konser musik di Gambir Expo Kemayoran Jakarta pada tanggal 4-5 Maret 2023

Iklan

Kristina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Juni 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 13:07 WIB

Dampak Positif Konser Artis Asing di Indonesia

Sepanjang 2023 banyak sekali konser musik artis asing di Indonesia. Mereka, antara lain, Simple Plan, Arctic Monkeys, Coldplay, Lewis Capaldi, NIKI, The 1975, dan lainnya. Banyak dampak positif di berbagai sektor menyusul kesuksesan acara-acara tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setelah Indonesia bangkit dari masa keterpurukan akibat Covid 19, banyak sekali konser musik yang kembali di adakan di Indonesia, baik konser musik yang diadakan oleh penyanyi atau band lokal ataupun penyanyi atau band luar negeri. Konser musik yang diadakan oleh penyanyi atau band luar negeri ternyata sangat menarik antusiasme masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Indonesia yang sangat menyukai dunia permusikan luar negeri.

Seperti yang kita semua tau banyak sekali konser musik penyanyi atau band luar negeri yang mengadakan atau yang akan mengadakan konser di Indonesia pada tahun 2023 ini, seperti Simple Plan, Arctic Monkeys, Coldplay, Lewis Capaldi, NIKI, The 1975, dan lainnya.

Dengan diadakannya konser musik di Indonesia baik oleh penyanyi atau band luar negeri ternyata terdapat dampak positif dalam berbagai sektor yaitu sebagai berikut:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

1. Promosi Di Sektor Pariwisata 

Dengan diadakannya konser musik dari band atau penyanyi luar negeri dapat mempromosikan pesona keindahan alam yang berada di Indonesia. Karena penonton konser tersebut pastinya tidak hanya dari penduduk lokal, pasti banyak sekali wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

 

2. Meningkatnya Ekonomi 

Dengan adanya konser musik band atau penyanyi luar negeri yang diselenggarakan dapat menarik antusiasme masyarakat Indonesia bahkan sampai masyarakat luar negeri, terutama penggemarnya penyanyi atau band tersebut. Karena adanya konser musik tersebut dapat meningkatkan pendapatan lokal seperti akomodasi, perhotelan, transportasi, makanan, minuman, serta penjual kaki lima yang berada di sekitar konser tersebut.

 

3. Promosi Budaya

Dengan diadakannya konser musik di Indonesia dapat sebagai ajang untuk mempromosikan budaya daerah Indonesia ke masyarakat internasional, seperti yang kita tau, Indonesia memiliki berbagai macam budaya daerah yang berbeda beda, dengan konser ini kita dapat memperkenalkan budaya khas dari Indonesia kepada masyarakat luar negeri.

 

4. Penyegaran Industri Musik

Dengan mengadakan konser musik dengan penyanyi atau band luar, Indonesia dapat menarik minat dan perhatian lebih dari industri musik internasional. Karena dapat membuka pintu bagi kolaborasi musisi lokal dengan musisi internasional, memperluas jaringan industri, dan meningkatkan visibilitas musik lokal di tingkat internasional.

 

 

Dengan demikian atas diadakannya konser musik penyanyi atau band luar di Indonesia, memiliki berbagai dampak positif diberbagai aspek, seperti mempromosikan budaya Indonesia ke global, meningkatnya pendapatan lokal, sebagai ajang untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, dan sebagai penyegaran industri musik.

Penting untuk mengakui bahwa dampak positif adanya konser musik band atau penyanyi luar negeri dapat bervariasi tergantung pada konteks dan bagaimana acara tersebut dikelola. Penting bagi pemerintah dan penyelenggara konser untuk melakukan perencanaan yang matang, mempertimbangkan aspek lingkungan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat dalam menghadapi konser musik ini.

Ikuti tulisan menarik Kristina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB