x

Wisuda Manba\x27ul Hikam Tanggulangin

Iklan

Rahmat Asmayadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 27 Juni 2023 13:49 WIB

Sebanyak 431 Santri Diwisuda di Ponpes Manbaul Hikam Tanggulangin

Yayasan Pondok Pesantren Manbaul Hikam Desa Putat Kecamatan Tanggulangin menggelar Haflah Akhir Sanah dan Wisuda Akbar

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Yayasan Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Desa Putat Kecamatan Tanggulangin menggelar Haflah Akhir Sanah dan Wisuda Akbar. Prosesi Wisuda Akbar sendiri diikuti tiga lembaga pendidikan sekaligus pada Minggu (25/6). 

 

Wisuda Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dilaksanakan pagi hari. Wisuda MTs sendiri diikuti 270 santri pada wisuda yang ke-22. Sedangkan MA diikuti 161 santri pada wisuda yang ke-19. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Sementara Madin (Madrasah Diniyah) merupakan wisuda yang ke-33 dan diikuti 143 santri. Wisuda Madin dilaksanakan pada malam harinya. "Jumlah keseluruhan wisudawan adalah 574 santri. Tahun ini merupakan sejarah bagi Manba'ul Hikam dengan meluluskan 500-an santri", ujar Ketua Panitia Haflah, Achmad Ardilla. 

 

Selain itu, terdapat 5 siswa berhasil meraih prestasi siswa terbaik kategori akademik MA. Manba'ul Hikam Tahun 2023. Juga 8 siswa meraih prestasi siswa terbaik kategori non-akademik. Tak hanya itu, beberapa siswa Madrasah Aliyah juga berhasil meraih beasiswa kerjasama dengan PWNU Jatim. 

 

Sebagaimana disampaikan oleh Wakamad Kesiswaan, Ahmad Zainal M., S.Th.I., "Tahun ini, kami Madrasah Aliyah Manba'ul Hikam mengantarkan puluhan siswa melalui jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, Beasiswa PWNU dan jalur lainnya". 

 

Lulus dari MA. Manba'ul Hikam merupakan langkah awal kita untuk menuju kesuksesan. Kesan ini yang disampaikan oleh Azzahrotul Wardatillah (XII MIPA 2), sebagai siswa terbaik dengan prestasi non-akademik. Ia telah mengikuti kegiatan Santri Digitalpreneur Indonesia 2022 di Ponpes An-Nawawi, Banten. 

 

"Yang istimewa di Manba'ul Hikam adalah tetap diajarkan ilmu-ilmu salaf. Artinya karakter pondok pesantren salaf tetap dipertahankan sampai saat ini," kata H. Agus Arifuddin, M.Pd.I., Kepala Madrasah Tsanawiyah Manba'ul Hikam. 

 

"Bahwa sebagai santri Manba'ul Hikam harus tetap istiqomah menjalankan sholat jama'ah, nderes atau membaca qur'an dan muthola'ah kitab. Sebagai santri senantiasa harus terus belajar", pesannya mengakhiri sambutan. 

 

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Manba'ul Hikam, KH. Abdul Wachid Harun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh para wali santri. Dimana Manba'ul Hikam tetap dipercaya untuk mendidik para santri di seluruh jenjang pendidikan yang ada. 

 

"Alhamdulillah kami bisa mendidik para santri hingga wisuda. Semoga ilmunya bisa bermanfaat. Jangan puas dengan pencapaian ini. Peran kalian ditunggu masyarakat", ujarnya.

Ikuti tulisan menarik Rahmat Asmayadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu