x

Iklan

Berkat veryfi Laia

Mahasiswa Semester 6 Prodi Akuntansi Ekonomi Bisnis Universitas Pamulang
Bergabung Sejak: 27 Juni 2023

Rabu, 28 Juni 2023 10:31 WIB

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Unilever Indonesia Tbk


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengendalian manajemen merupakan salah satu aspek penting dalam keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. PT Unilever Indonesia Tbk sebagai salah satu perusahaan konsumen terkemuka di Indonesia, memiliki sistem pengendalian manajemen yang sangat terintegrasi. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai penerapan sistem pengendalian manajemen pada PT Unilever Indonesia Tbk dengan fokus pada sistem informasi manajemen.

PT Unilever Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsumen dengan produk-produk terkenal seperti sabun Lifebuoy, deterjen Rinso, dan produk makanan seperti SariWangi. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1933 dan telah berkembang menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. PT Unilever Indonesia Tbk memiliki sistem pengendalian manajemen yang sangat terintegrasi dan dilakukan dengan menggunakan sistem informasi manajemen yang canggih.

Penerapan sistem pengendalian manajemen pada PT Unilever Indonesia Tbk dilakukan dengan menggunakan sistem informasi manajemen yang terintegrasi. Sistem ini memberikan informasi yang akurat dan real-time mengenai kinerja perusahaan dan memungkinkan manajer di semua tingkatan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen pada PT Unilever Indonesia Tbk merupakan salah satu komponen penting dari sistem pengendalian manajemen. Sistem ini mencakup berbagai aplikasi seperti sistem ERP (Enterprise Resource Planning), sistem SCM (Supply Chain Management), sistem CRM (Customer Relationship Management), dan sistem BI (Business Intelligence).

Sistem ERP digunakan untuk mengintegrasikan semua proses bisnis perusahaan, termasuk manajemen rantai pasokan, manajemen produksi, dan manajemen keuangan. Sistem SCM digunakan untuk mengelola rantai pasokan perusahaan, mulai dari pengadaan bahan baku hingga pengiriman produk ke pelanggan. Sistem CRM digunakan untuk memantau dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan sistem BI digunakan untuk menganalisis data bisnis dan menghasilkan informasi yang berguna untuk mengambil keputusan.

2. Pengukuran Kinerja

PT Unilever Indonesia Tbk menggunakan pengukuran kinerja untuk memastikan bahwa perusahaan mencapai tujuannya. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan sistem Balanced Scorecard yang mencakup empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Setiap perspektif dilengkapi dengan sejumlah indikator kinerja yang berkaitan dengan tujuan perusahaan. Indikator kinerja ini diukur secara teratur dan digunakan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan untuk memantau kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

3. Sistem Pengendalian Internal

PT Unilever Indonesia Tbk juga memiliki sistem pengendalian internal yang ketat untuk memastikan bahwa semua proses bisnis dijalankan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Sistem ini meliputi prosedur-prosedur yang berkaitan dengan manajemen risiko, manajemen keuangan, manajemen persediaan, dan manajemen SDM.

Sistem pengendalian internal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai alat, seperti audit internal, penilaian risiko, dan pengawasan kepatuhan. Setiap proses bisnis diuji secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada kelemahan atau kesalahan dalam pelaksanaannya.

Kesimpulan

PT Unilever Indonesia Tbk merupakan perusahaan konsumen terkemuka di Indonesia dengan sistem pengendalian manajemen yang sangat terintegrasi. Sistem pengendalian manajemen ini dilakukan dengan menggunakan sistem informasi manajemen yang canggih, pengukuran kinerja, dan sistem pengendalian internal yang ketat. Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan dinamis, penerapan sistem pengendalian manajemen yang efektif dan terintegrasi menjadi semakin penting bagi keberlangsungan bisnis perusahaan.

Ikuti tulisan menarik Berkat veryfi Laia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu