x

Apa itu Virtual Banking

Iklan

IRKaMedia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Maret 2023

Rabu, 5 Juli 2023 06:41 WIB

Apa dan Mengapa Virtual Banking

Virtual Banking mengacu pada tindakan mengakses lembaga perbankan dan fungsinya secara online tanpa harus tampil secara fisik di balai perbankan. Ini memerlukan penyediaan berbagai layanan perbankan melalui penggunaan TI secara ekstensif tanpa perlu melakukan walk-in fisik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Virtual Banking mengacu pada tindakan mengakses lembaga perbankan dan fungsinya secara online tanpa harus tampil secara fisik di balai perbankan. Ini memerlukan penyediaan berbagai layanan perbankan melalui penggunaan TI secara ekstensif tanpa perlu melakukan walk-in fisik.

Oleh karena itu, lembaga keuangan mana pun yang menyediakan layanan perbankan tradisional secara online. Ini berarti pelanggan dapat mengajukan pertanyaan akun, mendapatkan pinjaman, membayar tagihan secara online, dan bahkan menarik dan menyetor uang kapan pun pelanggan mau. Terkadang juga disebut sebagai remote banking, internet banking, online banking, dan phone banking.

Perbedaan Antara Perbankan Online dan Virtual

Perbankan online adalah metode perbankan berbasis internet yang digunakan oleh bank biasa sedangkan Dalam perbankan virtual, setiap transaksi dilakukan secara online. Ini berarti bahwa sama sekali tidak ada keterlibatan sama sekali dengan toko bata-dan-mortir biasa, tidak seperti perbankan online.

Bagaimana Cara Kerja Bank Virtual?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada dasarnya, bank virtual beroperasi dengan memungkinkan pelanggan melakukan beberapa aktivitas bisnis secara online sebagai layanan. Pendekatan keseluruhan mereka akan tetap terikat pada lokasi fisik, seperti kantor cabang. Bank virtual beroperasi secara elektronik.

Bank virtual beroperasi melalui 3 cara sederhana: membuat akun, mentransfer uang masuk, dan kemudian mentransfer uang keluar:

1-Membuat Akun

Bank virtual berfungsi ketika pelanggan, pertama-tama, membuka rekening di bank virtual. Ini berarti individu harus mengisi aplikasi online dan melakukan deposit. Pelanggan dapat mengirimkan formulir secara online atau cukup mencetaknya dan mengirimkannya.

Untuk melakukan penyetoran, pelanggan harus mentransfer uang ke bank secara elektronik atau mengirimkan cek melalui surat. Sebelum menyelesaikan tahap ini, bank juga dapat meminta agar nasabah mengirimkan salinan identitasnya melalui faks.

2-Menyimpan Dana Masuk

Salah satu cara bank virtual memungkinkan Anda menyetor uang ke akun virtual adalah dengan meminta majikan menyetor gaji Anda langsung ke akun.

Juga, Anda dapat mentransfer dana dari bank lain atau akun PayPal ke akun virtual Anda. Ini juga bekerja dengan memungkinkan pelanggan untuk mengirimkan setoran ke bank virtual.

Secara meyakinkan, beberapa bank virtual dapat beroperasi dengan mengizinkan Anda mengambil gambar smartphone dari setoran untuk melakukan transaksi. Meskipun bank virtual Anda tidak menyediakan fitur ini, PayPal menyediakannya. Dengan demikian, Anda dapat mentransfer uang dari akun PayPal Anda.

3-Membayar Dana Keluar

Sama seperti bank tradisional, bank virtual juga mengeluarkan kartu debit, dan pelanggan juga diperbolehkan memesan cek. Dengan ketentuan tersebut, Anda dapat membeli produk seperti biasa. Selain itu, bank virtual menyediakan opsi untuk membayar tagihan secara online.

Meskipun bank virtual tidak memiliki ATM sendiri, mereka memungkinkan pengoperasian penarikan tunai dengan memungkinkan Anda menggunakan mesin ATM milik bank lain. Namun, bank yang bertanggung jawab atas ATM kemungkinan besar akan membebankan biaya penarikan ATM kepada Anda, meskipun bank virtual tidak akan melakukannya. Namun ada kemungkinan bank virtual Anda dapat mengganti biaya ini.

Pentingnya Perbankan Virtual

1-Keamanan Terjamin

Salah satu pentingnya saat ini adalah keamanan yang terjamin. Ini besar karena fakta bahwa bank di seluruh dunia telah mulai menawarkan perbankan online sebagai salah satu layanan utama mereka.

Bank virtual menggunakan platform yang sangat aman yang memungkinkan enkripsi perangkat untuk menjamin bahwa semua data pelanggan aman. Dengan tidak adanya dan perlindungan dari pelanggaran keamanan, Anda pada akhirnya terlindung dari penipuan online dan peretasan akun.

2-Keandalan

Itu selalu dapat diandalkan bahkan jika Anda beberapa menit dari batas waktu untuk membayar tagihan Anda dan menghindari dikenakan penalti. Dari kenyamanan rumah Anda, Anda dapat melakukan transaksi online kapan saja dan dengan mudah. Terlebih lagi, Anda tidak perlu repot hadir secara fisik untuk transaksi dalam jumlah besar. Ini memungkinkan transfer dana yang aman tanpa kekecewaan.

3-Tanpa Biaya Tersembunyi

Sangat wajar untuk berasumsi bahwa dengan kemudahan yang ditawarkannya , akan ada beberapa biaya tersembunyi yang terkait dengan melakukan transaksi online.

Namun, tidak ada biaya tersembunyi! Ketika Anda melakukan transaksi online, Anda hanya dikenakan biaya kenyamanan transaksi nominal dan sisanya ditangani oleh bank Anda.

4-Bank di Rumah Anda

Memang salah satu yang penting adalah kenyataan bahwa kenyamanan terjamin. Mereka membawa aula perbankan tepat ke tengah rumah Anda. Artinya, Anda tidak perlu lagi mengantri panjang di bank. Apakah Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau sedang melakukan pekerjaan mendesak, Anda selalu dapat menyelesaikan transaksi saat dalam perjalanan.

Akibatnya, memudahkan Anda untuk mengonfirmasi saldo sebelum melakukan pembelian tanpa uang tunai untuk menghindari rasa malu jika akun Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli semua yang ada di daftar belanjaan Anda.

5-Kelola Akun Anda dari Dekat

Terakhir, fitur penting lainnya adalah kemampuan untuk menganggarkan dan memantau akun Anda melalui akses ke mobile banking dan aplikasi penganggaran yang efisien. Menjadi lebih mudah untuk memantau pengeluaran waktu nyata saat melakukan pembelian atau menghitung tabungan dan pengeluaran Anda untuk bulan itu.

Artinya, setelah melakukan transaksi, Anda tidak perlu menunggu hari akhir bulan sebelum Anda memeriksa log transaksi Anda.

Bentuk Perbankan Virtual

Di bawah ini adalah berbagai bentuk:

  • ATM
  • RTGS
  • Skema pengelolaan dana terpusat
  • Skema layanan kliring elektronik
  • Penggunaan kode pengenalan karakter tinta magnetik (MICR)
  • Skema transfer dana elektronik
  • Penyelesaian transaksi kliring secara komputerisasi.

Mengapa Bank Virtual Adalah Masa Depan?

Era transformasi digital menimpa seluruh umat manusia. Memang, perkembangan modern dalam teknologi internet, prevalensi perangkat pintar, dan variasi perilaku pelanggan telah menyebabkan peningkatan pesat dalam pendirian bank virtual.

Akibatnya, mayoritas pelanggan secara signifikan menerima perbankan virtual . Selain itu, organisasi seperti Japan Net Bank dan Manulife Bank telah memberikan contoh umur panjang dan model bisnis yang terbukti untuk digabungkan dengan bank virtual baru lainnya.

Oleh karena itu, masa depan dominasi keuangan diperkirakan akan diduduki oleh perusahaan-perusahaan seperti New Virtual Banks di China Daratan dan Hong Kong, serta bank virtual inovatif lainnya yang berpotensi menjadi sangat sukses dan akhirnya menjadi pemain utama di dunia Perbankan. dan Keuangan.

Kesimpulannya, era TI dan transformasi digital telah berkembang pesat, dan banyak bisnis yang sangat memanfaatkannya. Seperti yang telah Anda lihat, kelebihan perbankan virtual menggantikan kekurangannya.

Lalu apa yang Anda tunggu? Naik kereta dan mulailah memanfaatkan banyak manfaat dan peluang yang melekat.

Semakin Mudah menikmati Bank Virtual

Untuk menunjang kebutuhan digital Anda, kini telah hadir ICONNET, jaringan internet kabel fiber optik dari PLN Icon Plus. ICONNET menghadirkan layanan internet keluarga yang andal dan harga yang terjangkau mulai dari 100 ribuan per bulan. Khusus bulan Juli, ICONNET menawarkan promo “ICONNET FUNTASTIC JULY”. Yuk manfaatkan beragam penawaran ICONNET bagi pelanggan baru pada bulan ini yang tentunya akan memberikan pengalaman berselancar digital yang semakin mudah.

  1. GRATIS biaya instalasi sebesar Rp 250.000,- ;
  2. Promo ICONNET PAHE (Paket Hemat) bayar 6 bulan GRATIS 1 bulan, bayar 12 GRATIS 3 bulan, dan berlaku kelipatan.

Bagi Anda yang berminat mendaftar layanan ICONNET dapat mengunjungi iconnet.id atau mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk informasi promo, produk layanan, ketersediaan jaringan, dan proses registrasi.

Selain itu, untuk semakin memudahkan layanan pelanggan, ICONNET juga berinovasi dengan meluncurkan aplikasi MyICON+. Dengan adanya platform digital ini, PLN Icon Plus berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan purna jual yang semakin inovatif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Berbagai fitur aplikasi MyICON+ akan semakin memudahkan akses layanan ICONNET dalam satu genggaman, antara lain:

  • Informasi layanan ICONNET mulai dari profil pelanggan, jenis paket, dan status layanan
  • Informasi jatuh tempo tagihan
  • Informasi kanal pembayaran
  • Layanan customer care, termasuk pemantauan status laporan
  • Informasi produk dan promo terbaru

Segera unduh aplikasi MyICON+ di Google PlayStore dan AppStore. ICONNET - Semua Makin Mudah

 

Ikuti tulisan menarik IRKaMedia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu