x

Mulai bisnis online dengan menggunakan gadget handphone dan memasarkannya via social media yang biasa digunakan sehari-hari.

Iklan

Patrick Setiabudi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Maret 2023

Jumat, 7 Juli 2023 13:02 WIB

Bisnis Online Tanpa Modal Bisa Menguntungkan? Cari Tahu Selengkapnya di Sini

Banyak orang beranggapan bahwa berbisnis membutuhkan modal yang besar. Nyatanya, banyak pebisnis sukses yang memulai dengan modal nol rupiah. Berkat kerumitan internet, Anda bisa membuka toko online meski tanpa modal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang beranggapan bahwa berbisnis membutuhkan modal yang besar. Nyatanya, banyak pebisnis sukses yang memulai dengan modal nol rupiah. Berkat kerumitan internet, Anda bisa membuka toko online meski tanpa modal.

Hanya jika Anda percaya pada kreativitas, komputer, dan jaringan internet, Anda dapat memulai bisnis Anda. Belanja online adalah bisnis yang dilakukan melalui koneksi internet. Dalam bisnis online, semua aktivitas bisnis, mulai dari negosiasi hingga transaksi, dapat ditangani tanpa pelanggan harus bertemu langsung. Ada beberapa bisnis online yang banyak diminati antara lain affiliate marketing, blogger, dropshipper, jasa seo atau jualan di toko online.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tantangan Bisnis Online

Saat menjalankan bisnis online, ada banyak tantangan yang perlu Anda waspadai dan atasi. Saat ini semakin banyak orang yang tertarik dengan bisnis online karena bisnis ini membutuhkan modal yang tidak begitu banyak bahkan jika Anda memulainya tanpa modal.

Meskipun menjalankan bisnis online terdengar mudah, menjalankan bisnis memberi Anda tantangan yang berbeda. Tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis online adalah memastikan audiens target Anda menemukan situs web Anda.

Anda bisa menggunakan beberapa trik agar toko dan produk Anda dikenal khalayak luas, misalnya melalui search engine optimization (SEO), memasang iklan di jejaring sosial, menggunakan Google Ads dan aktif memasarkan produk Anda di media sosial.

Setelah pengunjung mengunjungi situs web Anda, Anda harus dapat meyakinkan mereka untuk membeli produk dan tidak hanya melihatnya. Anda dapat menggunakan tingkat konversi untuk menentukan tolok ukur ini.

Anda dapat menggunakan tingkat konversi untuk mengukur jumlah pengunjung yang melakukan tindakan tertentu. Jika tingkat konversi toko online Anda rendah, ini pertanda Anda perlu melakukan perbaikan, misalnya pada pembaharuan desain situs web, peningkatan kualitas gambar produk yang ditampilkan atau pengalaman pengguna yang lebih mudah di situs web.

Anda juga bisa memberikan sertifikat yang membuktikan bahwa website Anda aman dan terpercaya atau memberikan kolom rating. Hal ini diperlukan agar pelanggan dapat yakin bahwa barang benar-benar akan dikirim setelah menerima pembayaran dan barang yang diterima sesuai dengan pesanan.

 

Hambatan Bisnis Online

Selain beberapa tantangan, Anda juga akan menghadapi beberapa kendala saat berbisnis online. Berikut beberapa kendala yang mungkin Anda temui saat berbisnis online:

1. Target pasar yang tidak tepat

Penjualan rendah bisa terjadi karena strategi yang Anda ikuti kurang tepat. Misalnya, Anda mengirimkan buletin tentang produk bayi kepada calon pelanggan remaja. Itu sebabnya Anda harus melakukan riset pasar sebelum menjalankan kampanye.

Anda dapat meminta pelanggan untuk mengisi kolom yang menarik. Anda kemudian dapat mengirimkan buletin yang menyertakan produk yang sesuai dengan minat pelanggan Anda. Iklan yang Anda tempatkan juga harus ditempatkan di media yang tepat dan pada waktu yang tepat untuk memberikan keadilan kepada audiens target. 

2. Kurangnya loyalitas pelanggan

Anda bisa membuat pelanggan Anda lebih setia dengan membuat program loyalitas, misalnya dengan memberi penghargaan kepada pelanggan setia. Misalnya, jika seseorang membeli dalam jumlah tertentu, Anda dapat memberikan poin. Poin ini dapat dikumpulkan dari kupon, diskon, atau hadiah langsung.

Selain itu, Anda harus menjaga setiap pelanggan dengan cara yang membuat mereka merasa senang. Ini mencegah pelanggan beralih ke produk lain. Anda juga dapat menemukan toko online yang menjual produk serupa dengan milik Anda. Untuk meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk Anda, temukan berbagai cara untuk menarik pelanggan. Anda dapat menawarkan harga yang lebih rendah atau menjalankan kampanye. Anda juga bisa melakukan penjualan melalui sistem

 

Resiko Bisnis Online

Menjalankan bisnis online dapat membuat Anda menghadapi beberapa risiko. Risiko bisnis online tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain, tetapi risikonya lebih terkait dengan digitalisasi. Berikut adalah beberapa risiko yang terlibat dalam melakukan bisnis online:

1. Kompetitor yang sangat banyak

Kemudahan belanja online membuat banyak orang tertarik dengan bisnis ini. Karena banyaknya bisnis online, persaingan juga semakin ketat. Oleh karena itu, Anda harus bisa menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dibandingkan kompetitor untuk menarik lebih banyak konsumen. 

2. Potensi penipuan yang besar

Penipuan adalah ancaman terbesar bagi bisnis online. Banyaknya pedagang online yang tidak bertanggung jawab membuat masyarakat ragu untuk membeli produk secara online. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus bisa meyakinkan konsumen bahwa bisnis Anda aman dan terpercaya.

3. Banyaknya konsumen yang tidak bertanggung jawab

Saat berbelanja online, biasanya ada konsumen yang terlihat tertarik, namun ketika menemukan harga yang lebih murah di tempat lain, mereka mengabaikan pesanan sebelumnya dan lebih memilih untuk berbelanja di tempat lain. Untuk menghindari hal ini, Anda harus menetapkan tanggal pemesanan dan pembayaran untuk menghindari hal ini. 

4. Potensi hacker yang cukup besar

Hacker biasanya mengincar toko online yang sudah memiliki banyak pengikut. Biasanya, seorang peretas mengambil alih toko online dan mengeksploitasinya. Untuk mengatasinya, Anda perlu meningkatkan keamanan situs web Anda.

 

Contoh bisnis online tanpa modal

Ada banyak bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal. Berikut beberapa contoh bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal:

1. Dropship

Dropship adalah sistem bisnis yang dilakukan dengan cara menjual barang atas nama Anda, namun barang tersebut dikirim oleh pihak atau supplier lain. Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun. Yang harus Anda lakukan adalah memasarkan produk dengan cara yang akan laku dan kemudian meminta pemasok untuk mengirimkannya. Dengan bisnis dropshipping, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang persediaan barang. Ini karena stok dipegang oleh pemasok. Dengan cara ini Anda dapat menghemat biaya penyimpanan, sewa, dan biaya operasional lainnya. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis online ini dengan harga yang Anda tetapkan. Jadi Anda harus menetapkan harga yang lebih tinggi dari harga aslinya.

2. Web Developer

Pada umumnya, orang tidak punya banyak waktu dan keterampilan serius untuk membangun jaringan. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan jasa pembuatan web. Untuk menjadi pengembang web, yang Anda butuhkan hanyalah laptop, koneksi internet, dan kemampuan membuat situs web. Gaji seorang web developer relatif tinggi karena tidak semua orang memiliki skill ini. Semakin kompleks website yang dapat dirancang, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

3. Freelancer

Menjadi freelancer merupakan hal yang dapat dilakukan siapapun sesuai keahlian masing-masing, ada yang menjadi freelancer desain, ada yang menjadi freelancer pembuatan artikel, atau bahkan freelancer akuntansi untuk sebuah perusahaan. Menjadi freelancer merupakan salah satu pilihan yang dapat dicoba sebagai bisnis online tanpa modal.

4. Konsultan SEO

Jika Anda tahu tentang mesin telusur dan cara menggunakan platform seperti Google Analytics, Anda bisa mencoba peruntungan sebagai konsultan SEO. Banyak pemilik bisnis tidak menyadari bagaimana SEO bekerja untuk bisnis mereka. Inilah cara Anda dapat mengedukasi pemilik bisnis tentang manfaat SEO. Dengan pengetahuan Anda tentang SEO, Anda dapat memberikan saran kepada klien bisnis untuk membuat situs web mereka lebih SEO friendly. Dengan keterampilan SEO, Anda juga dapat menunjukkan kepada pengusaha cara membaca dan menggunakan data analitik dengan benar.

5. Desainer web

Jika Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan HTML dan tahu cara membuat template yang bagus, Anda dapat menawarkan layanan Anda sebagai desainer web. Anda dapat membuka layanan untuk membuat situs web yang menarik dan ramah pengguna untuk pedagang. Untuk berhasil sebagai perancang web, Anda perlu membangun portofolio yang luas. Kemudian buat situs web Anda sendiri untuk menarik banyak pelanggan.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa hal terkait bisnis online tanpa modal yang dapat anda coba lakukan dimanapun anda mau, sangat menguntungkan bukan? Tapi tahukah anda bahwa semua bisnis khususnya bisnis online dapat dilakukan dengan lebih mudah ketika memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satu kemajuan teknologi yang dapat anda manfaatkan adalah software ERP. Penggunaan software ERP akan sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas bisnis anda.

Dengan sebuah software ERP anda dapat melakukan manajemen bisnis dari inventory, pembelian dan penjualan, finance dan accounting, hingga human resource semuanya dapat terintegrasi dalam satu aplikasi sehingga sangat efektif. Dan salah satu rekomendasi software ERP yang dapat anda coba adalah Ukirama ERP yang dapat memenuhi semua fitur diatas dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Patrick Setiabudi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu