x

Anak dan Pesawat Terbang (Sumber: Pixabay)

Iklan

Dr Ing Salman ST MSc

Dosen Teknik Mesin Universitas Mataram
Bergabung Sejak: 31 Mei 2020

Senin, 10 Juli 2023 19:40 WIB

Meralat Sejarah Penerbangan Pesawat Pertama yang Menggunakan Tenaga Pendorong Properller

Kekaburan infromasi sejarah penerbangan pesawat menggunakan tenaga properller perlu kembali diperjelas apalagi dengan adanya dukungan fasilitas media literasi dengan akses yang semakin mudah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menyusuri seliweran konten Youtube tiba-tiba perhatian saya tertuju pada sebuah kanal yang menulik sejarah penemuan pesawat terbang. Secara umum kita mengenal Wilbur dan Orville Wright atau dikenal sebagai Wright bersaudara yang dengan sangat dramatis merintis penerbangan modern manusia pertama dengan pesawat terbang menggunakan tenaga pendorong propeller.

Mereka adalah pasangan bersaudara yang saling mutualis, Wilbur sesorang sosok yang jenius sementara Overville mahir di bidang teknisi atau mekanik.

Dalam sejarah penerbangan dunia, terdapat sebuah dokumentasi video dari tahun 1903 yang memperlihatkan tayangan Wright bersaudara dengan hati-hati mengeluarkan sebuah rakitan yang boleh kita sebut pesawat, bersayap lebar dan beroda empat dibawa ke tengah lapangan dibantu sejumlah pria ditonton ratusan khalayak ramai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Detik-detik mendebarkan pun itu dimulai yang juga ditengarai atau diklaim oleh Amerika sebagai awal penentu sejarah manusia di bidang transportasi. Sebelumnya manusia sudah menguasai sejumlah alat atau model transportasi seperti kapal laut bertenaga uap, kendaraan bermotor bermesin diesel dengan berbagai tipe yang sudah sangat meluas di sejumlah negara maju saat itu. Namun kali ini tonggak sejarah transportasi yang tergolong baru telah dimulai yaitu transportasi menggunakan pesawat terbang.

Perlu diingat keinginan manusia untuk terbang sudah sangat menggebu-gebu ditandai dengan usaha mengangkasa atau terbang menggunakan balon atau dengan sejumlah alat terbang yang terbilang lucu kalau dibandingkan dengan standar sekarang namun itu semua adalah upaya untuk menuju ke model pesawat standar yang layak untuk diterbangkan.

Wright bersaudara diproklamirkan oleh warga Amerika sebagai dua orang yang memulai atau merintis sejarah penerbangan manusia menggunakan pesawat terbang pesawat. Mereka berdua berhasil terbang pada ketinggian 500 kaki berputar-putar di atas area kota satu jam. Kabar ini pun sontak menyebar ke seantero Amerika saat itu bahkan ke seluruh dunia. Namun faktanya ada sejarah kontroversial di balik siapa yang pertama kali sebenarnya berhasil menerbangkan pesawat terbang ke udara menggunakan tenaga pendorong propeller.

Kontroversi siapa yang pertama kali menerbangkan pesawat terbang mestinya bukan hal yang baru. Jauh sebelumnya, seorang wartawati atau jurnalis barat pada tahun 1900-an saat itu sudah melakukan penyelidikan mengenai hal ini. Dia memberitahukan kepada pemimpin redaksi sebuah harian surat kabar bahwa yang menerbangkan pesawat terbang pertama kali adalah Gustav. Namun hal itu tidak disambut secara serius oleh pemimpin redaksi.

Pada tahun 1901 surat kabar New York Time memberitakan seorang pria bernama Gustav Albin Weisskopf; atau dalam lisan British dipanggil Gustav Whitehead berhasil menerbangkan pesawat terbangnya dengan menggunakan tenaga propeller di Jerman. Bahkan Pada tanggal 7 Desember 1901, Coconino Sun sendiri memuat berita yang menyatakan Gustave Whitehead adalah "penemu mesin terbang" dan sedang merencanakan penerbangan ke New York.

Gustav melakukan dua penerbangan spektakuler pada 17 Januari 1902. Di majalah American Inventor diberitakan, penerbangan pesawat Gustav berlangsung di atas Long Island. Dia mengatakan jarak penerbangan pertama sekitar 3,2 km dan yang kedua adalah 11 km dalam formasi lingkaran dengan ketinggian hingga 61 m dan, mendarat dengan selamat di dekat pantai tempat para asistensya menunggu..

Gustav memvariasikan kecepatan dan juga menggunakan kemudi pesawat. Dia mengatakan teknik tersebut bekerja dengan baik pada penerbangan keduanya dan memungkinkan dia untuk terbang dalam lingkaran besar.

Pada 19 September 1903, Scientific American melaporkan Gustav melakukan penerbangan bertenaga mesin triplane yang ditarik oleh seorang asisten yang menariknya dengan tali.

Namun berita-berita tersebut tidak cukup populer di Amerika apalagi pemberitaannya ditempatkan di pojok surat kabar yang sedikit terpencil. Kelihatannya warga Amerika tidak tertarik mengelu-elukan Gustav sebagai penemu pesawat terbang pertama. Mereka tidak begitu ephoria mendapati kabar bahwa Gustav berhasil membuat pesawat terbang dan menerbangkannya dengan ketinggian ratusan kaki dari atas permukaan tanah.

Berbeda ketika Wright persaudara berhasil menerbangkan pesawatnya. Padahal yang ada di kenyataan saat itu adalah memang sejumlah orang, di Eropa terutama, berusaha berlomba-lomba untuk menciptakan model pesawat yang bisa menerbangkan mereka ke udara. Wright bersaudara tak ketinggalan. Mereka berdua berprinsip kenapa harus ilmuwan lain yang melakukannya kenapa bukan mereka saja. Apalagi dua bersaudara ini merupakan pasangan saudara yang simbiosis satunya jenius dan satunya lagi mahir di hal-hal teknis.

Kembali ke channel youtube yang saya tonton tersebut, disebutkan bahwa sejumlah ahli meragukan foto-foto penerbangan Wright bersaudara. Seharusnya foto tersebut berlangsung tahun 1908 bukan 1903 seperti yang diklaim selama ini. Dari foto terlihat, pada pesawat prototipe pesawat Wright bersaudara terdapat jajet ekor pengarah. Ekor ini berfungsi mengarahkan secara aerodinamika body pesawat saat terbang. Kenyataannya menurut ahli ekor ini baru diperkenalkan pada penerbangan tahun 1908 bukan seperti yang diklaim Wright bersaudara tersebut yang menerbangkan pesawatnya pada tahun 1903.

Sejumlah foto-foto dari pada Wright bersaudara juga memperlihatkan ternyata pesawatnya tidak terbang menurut komentator di channel tersebut melainkan malah hanya seperti pesawat yang meluncur di atas tanah. Sehingga muncul pertanyaan, pada tahun berapakah video Wright bersaudara tersebut berhasil menerbangkan pesawatnya?

Jika itu terjadi pada tahun 1903 perlu diketahui Gustav sudah berhasil menerbangkan pesawatnya dengan menggunakan tenaga pendorong propeller pada tahun 1901. Kalau diakui oleh Wright bersaudara menerbangkan pesawatnya pada tahun 1903 maka kenapa fotonya menampilkan jajet ekor pengarah di belakang pesawatnya yang notabene baru ada dalam sejarah penerbangan pada tahun 1908?

Kekaburan infromasi sejarah penerbangan pesawat menggunakan tenaga properller perlu kembali diperjelas apalagi dengan adanya dukungan fasilitas media literasi dengan akses yang semakin mudah. Bahkan termasuk pula meninjau kembali siapa sebenarnya yang pertama menemukan bola lampu listrik apakah benar Alfa Edison atau siapa yang menerbangkan manusia pertama ke angkasa luar itu semua tak lepas dari semangat kepentingan dan fanatik nasionalisme yang sampai sekarang belum pudar sama sekali dan ironisnya itu merambah ke dunia sains.

 

Penulis

Dr. –Ing. Salman, ST., MSc.

Dosen Teknik Mesin Universitas Mataram

Ikuti tulisan menarik Dr Ing Salman ST MSc lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu