x

Iklan

Nicholea Billy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Selasa, 11 Juli 2023 07:40 WIB

7 Langkah Cara Mengubah Visa Pengunjung Menjadi Visa Mitra Menikah 2023

Jika Anda memutuskan untuk menikah di Australia, kabar baiknya adalah Anda dapat melakukannya tanpa harus meninggalkan negara ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tujuh langkah untuk mengubah visa pengunjung Australia Anda menjadi visa mitra

Oleh Indah Melindasari

Pendiri ONE derland Consulting & Agen Migrasi Terdaftar

Memutuskan untuk menikah adalah saat yang menyenangkan bagi pasangan. Seringkali hal ini merupakan sesuatu yang telah mereka bicarakan sejak lama, terkadang terjadi secara spontan dan bisa juga karena faktor lain yang membuat mereka memutuskan untuk menikah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai agen migrasi, saya memiliki banyak klien yang merupakan orang asing yang memutuskan untuk pindah ke Australia untuk bersama orang yang mereka cintai. Ini adalah komitmen besar yang harus dibuat karena mereka sering kali meninggalkan pekerjaan, keluarga, dan teman-teman dan selalu ada ketidakpastian tentang bagaimana segala sesuatunya akan berjalan, terutama jika mereka tidak menikah dengan pasangan mereka. 

Mungkin pasangan ini pernah tinggal bersama di luar negeri, menjalin hubungan jarak jauh selama beberapa waktu, atau, seperti halnya cara modern, mereka bertemu secara online. Kadang-kadang pasangan asing tersebut pernah mengunjungi Australia sebelumnya, tetapi bisa juga ini merupakan kunjungan pertama mereka ke Australia. 

Apapun itu, saya sering melihat pasangan asing dari negara seperti Indonesia, Thailand, dan Filipina tiba di Australia dengan pikiran terbuka mengenai masa depan mereka dan sangat bersemangat untuk bertemu dengan pasangan mereka di Australia dan menjelajahi negara ini. Tiba di Australia sebagai turis seperti mencelupkan kaki Anda ke dalam air untuk mengetahui bagaimana rasanya. 

Apakah Anda salah satu dari orang-orang ini? Anda telah jatuh cinta pada Australia dan memutuskan untuk mengambil risiko dan menikah dengan pasangan Anda yang berkewarganegaraan Australia, namun karena pembatasan perjalanan internasional akibat Pandemi COVID-19, Anda tidak dapat mengambil risiko meninggalkan Australia karena Anda tidak tahu kapan Anda dapat kembali. 

Sebagai alternatif, jika menikah dengan pasangan Anda bukanlah sesuatu yang ingin Anda lakukan, Anda dapat mempertimbangkan pengaturan alternatif untuk tetap bersama. Salah satu visa yang dapat Anda pertimbangkan adalah visa pelajar, visa ini memungkinkan Anda untuk belajar, bekerja paruh waktu, dan tinggal bersama pasangan di Australia. Kami akan membahas opsi ini di tautan ini.

Jadi, Anda memutuskan pilihan terbaik adalah menikah di Australia dan kabar baiknya adalah Anda dapat melakukannya tanpa harus meninggalkan negara ini.  Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui proses bagaimana mengubah visa pengunjung sementara atau yang biasa disebut visa turis menjadi visa pasangan atas dasar pernikahan - ini lebih sederhana dan tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Langkah-langkah yang Anda perlukan untuk memperpanjang visa pengunjung menjadi visa pasangan (pernikahan) (subkelas 820)

Dalam kebanyakan kasus, Anda harus melalui tujuh langkah untuk beralih dari visa pengunjung di Australia menjadi visa pasangan dan memiliki visa pasangan. 

  1. Periksa apakah Anda memiliki kondisi 'tidak boleh tinggal lebih lama' dan perpanjang visa pengunjung Anda.
  2. Selamat melangsungkan pernikahan yang indah!
  3. Bersiaplah untuk mengajukan visa pasangan Anda.
  4. Kumpulkan dokumen pendukung Anda.
  5. Dapatkan dokumen Anda diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  6. Ajukan permohonan visa pasangan sementara Anda.
  7. Tunggu hingga visa baru Anda disetujui.

Langkah Pertama: Periksa apakah Anda memiliki kondisi 'tidak boleh tinggal lebih lama' dan perpanjang visa pengunjung Anda

Langkah pertama untuk meningkatkan visa pengunjung Anda menjadi visa mitra adalah memahami kondisi 8503 atau No Further Stay Conditions - NFS. Visa pengunjung Australia dapat diberikan hingga 12 bulan, tetapi dalam banyak kasus visa ini diberikan untuk tiga bulan dan dalam banyak kasus terdapat ketentuan 'tidak boleh tinggal lebih lama'. Jadi, pastikan untuk memeriksa apakah visa pengunjung Anda saat ini memiliki ketentuan ini dan jika ya, jangan khawatir karena Anda dapat mengajukan permohonan untuk menghilangkannya atau jika Anda lebih suka saya yang mengurusnya untuk Anda, tidak masalah sama sekali. 

Meskipun Anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk merencanakan pernikahan Anda, Anda harus bermain aman dan memperpanjang visa pengunjung Anda karena selalu membutuhkan lebih banyak waktu daripada yang dipikirkan orang untuk mengurus aplikasi visa berikutnya, yaitu visa pasangan. 

Sebagai panduan, jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk tinggal di Australia dan visa pengunjung Anda tidak memiliki 'tidak ada ketentuan tinggal lebih lama', Anda harus mengajukan perpanjangan visa selama 3 bulan. Namun, Anda harus berhati-hati karena Anda harus menunjukkan bahwa Anda adalah pengunjung asli. 

Anda tidak dapat menyatakan bahwa Anda bermaksud mengajukan visa pasangan. Karena itu berarti Anda tidak memenuhi persyaratan masuk sementara yang asli. Jika Anda masih memiliki cukup waktu untuk menikah sebelum visa pengunjung Anda habis masa berlakunya, Anda bisa melakukan hal ini dan mendaftarkan pernikahan Anda sesegera mungkin.

Langkah Kedua: Selamat melangsungkan pernikahan!

Setelah perpanjangan visa pengunjung Anda selesai, Anda bisa fokus pada hal yang paling penting - merencanakan hari istimewa Anda. Saya mendengar begitu banyak cerita luar biasa dari klien saya tentang pernikahan mereka dan bahkan dengan adanya pembatasan ukuran pernikahan saat ini, saya yakin cerita Anda juga akan luar biasa.

Pada titik ini saya mungkin harus menjawab pertanyaan umum: "bisakah saya mendapatkan visa pasangan tanpa menikah?". Jawabannya adalah 'ya' tetapi Anda harus sudah tinggal bersama pasangan Anda selama satu tahun, jadi kemungkinan besar Anda tidak akan memenuhi persyaratan ini jika Anda telah menjalin hubungan jarak jauh. 

Langkah Ketiga: Bersiaplah untuk mengajukan visa pasangan Anda

Oke, sekarang Anda sudah menikah, sekarang saatnya untuk fokus mendapatkan visa pasangan Anda. Ini diperlukan untuk memastikan Anda dapat tinggal secara sah di Australia, bekerja atau belajar, serta memiliki akses ke layanan kesehatan. 

Pengajuan visa pasangan merupakan proses dua tahap di mana Anda akan diberikan visa sementara terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mengajukan visa mitra permanen yang memberikan Anda hak untuk tinggal di Australia tanpa batas waktu. 

Sebelum Anda mengajukan visa sementara, ada beberapa poin penting yang harus Anda penuhi:

  • Anda belum pernah mengalami pembatalan visa Australia atau permohonan visa Anda ditolak
  • Anda dan pasangan Anda harus berkomitmen untuk hidup bersama dengan mengesampingkan yang lainnya
  • Hubungan Anda dengan pasangan Anda harus tulus dan berkelanjutan
  • Anda harus tinggal bersama pasangan Anda atau tidak tinggal terpisah secara permanen
  • Pasangan Anda harus disetujui oleh Departemen Dalam Negeri sebagai sponsor Anda
  • Anda harus memenuhi persyaratan kesehatan dan karakter

Jika Anda khawatir tentang salah satu dari poin-poin ini dan ingin mendiskusikannya dengan saya, saya selalu siap membantu.

Langkah Keempat: Kumpulkan dokumen pendukung untuk mengubah visa pengunjung Anda menjadi visa mitra

Saya membuat langkah ini terpisah karena ini adalah tantangan terbesar dari keseluruhan proses. Jika Anda melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mendokumentasikan hubungan Anda, ada kemungkinan besar Anda tidak perlu diwawancarai dan aplikasi Anda akan menjadi proses yang lancar, tetapi jika Anda melakukan pekerjaan yang buruk, ini akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

Anda harus memberikan dokumen identitas diri, dan pernikahan sebelumnya kepada Departemen Dalam Negeri, dan Anda juga harus mendapatkan surat keterangan polisi dari negara asal. Dokumen-dokumen ini mungkin membutuhkan waktu untuk diperoleh, yang merupakan alasan lain mengapa Anda harus mengajukan permohonan perpanjangan visa pengunjung sebelum menikah. 

Tantangan sebenarnya adalah membuat gambaran yang menarik tentang hubungan Anda untuk membuktikan kepada Departemen Dalam Negeri bahwa hubungan Anda adalah hubungan yang sah dan jangan berpikir bahwa hanya dengan surat nikah saja sudah cukup. Anda harus memberikan penjelasan sedetail mungkin tentang semua aspek hubungan Anda, termasuk:

  • Bagaimana, kapan dan di mana Anda pertama kali bertemu.
  • Bagaimana hubungan itu berkembang.
  • Ketika Anda pindah bersama, bertunangan dan menikah.
  • Apa yang Anda lakukan bersama dan dengan orang lain sebagai pasangan.
  • Waktu yang Anda habiskan bersama.
  • Peristiwa-peristiwa penting dalam hubungan.
  • Rencana Anda untuk masa depan.
  • Bagaimana Anda berbagi masalah keuangan dan rumah tangga.

Saya tidak bermaksud membuat Anda panik di sini, tetapi sangat penting untuk memikirkan bagaimana Anda akan membuktikan hal-hal ini. Mengambil beberapa tindakan seperti membeli polis asuransi bersama atau memiliki rekening bank bersama bahkan sebelum Anda menikah akan sangat membantu, begitu juga dengan mengambil banyak foto saat Anda melakukan kegiatan bersama dan dengan orang lain. 

Langkah Kelima: Dapatkan dokumen visa pasangan Anda diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Jika bahasa Inggris bukan bahasa negara asal Anda, maka dokumen apa pun yang perlu Anda sertakan dalam aplikasi harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat dilakukan di Australia atau di negara asal Anda, dan ingatlah bahwa akan ada biaya yang harus Anda anggarkan. 

Langkah Keenam: Ajukan permohonan visa mitra sementara Anda

Setelah Anda melakukan semua kerja keras, yang harus Anda lakukan adalah mengajukan permohonan Visa Mitra subkelas 820 (Sementara). Seperti halnya semua aplikasi visa, Anda harus membuktikan identitas Anda dan memberikan informasi yang benar dalam aplikasi Anda.

Anda perlu mengajukan permohonan dan membayar biaya visa di situs web ImmiAccount Departemen Dalam Negeri Australia dan pastikan untuk menyimpan Nomor Referensi Transaksi Anda karena mitra Australia Anda akan memerlukannya untuk aplikasi sponsor mereka. ImmiAccount Anda juga merupakan tempat Anda akan menerima permintaan informasi lebih lanjut. 

Setelah aplikasi Anda diterima, Anda akan diberikan visa penghubung yang akan mulai berlaku saat visa pengunjung Anda saat ini habis masa berlakunya. Ini akan membuat Anda tetap sah di Australia sementara Anda menunggu kasus Anda diputuskan. 

Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan saat aplikasi Anda sedang diproses dan Anda mungkin juga akan diminta untuk memberikan data biometrik.

Langkah Ketujuh: Tunggu sampai visa baru Anda disetujui

Setelah Anda mengajukan aplikasi visa pasangan Anda, Anda akan diberikan visa penghubung yang memberikan Anda hak untuk bekerja dan belajar di Australia sementara Anda menunggu visa pasangan Anda disetujui. Proses untuk mendapatkan visa pasangan sementara ini cukup lama dan terkadang membutuhkan waktu lebih dari dua tahun, namun sering kali lebih singkat.

Setelah Anda mengajukan aplikasi, Anda harus terus mengunggah dokumen untuk menunjukkan bahwa hubungan Anda asli dan berkelanjutan. Anda dapat melakukan ini setiap bulan untuk terus memberi informasi terbaru kepada Departemen Dalam Negeri tentang hubungan Anda.

Ikuti tulisan menarik Nicholea Billy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB