x

SMPN 22 BANDAR LAMPUNG\xd JL. PAGAR ALAM GEDONG MENENG rAJABASA kOTA BANDAR LAMPUNG

Iklan

Herimirhan Mirhan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juli 2023

Jumat, 14 Juli 2023 08:08 WIB

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), khususnya siswa baru akan diperkenalkan dengan lingkungan sekolah. Hal ini ditujukan untuk membantu siswa baru agar lebih familiar dengan fasilitas dan ruang lingkup sekolah mereka

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Herimirhan, S.Ag., M.Pd, Ketua MGMP PAI Kota Bandar Lampung dan Guru Pendidikan Agama Islam SMP N 22 Bandar Lampung

Lingkungan Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi untuk memberikan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) dalam mengembangkan potensi dan kompetensi serta mempersiapkan masa depan siswa. Di lingkungan sekolah, siswa belajar berbagai mata pelajaran seperti matematika, bahasa, sains, dan sejarah. Mereka juga dilibatkan dalam kegiatan  intrakurikuler yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan akademik siswa. Kegiatan kokurikuler dimaksudkan untuk memahami materi pengajaran yang telah dipelajari pada kegiatan intrakurikuler di kelas. Kegiatan ekstrakurikuler membantu dalam pengembangan aspek-aspek seperti minat, bakat dan kepribadian.

Sekolah biasanya terbagi menjadi beberapa tingkatan, seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Setiap tingkatan memiliki kurikulum yang sesuai dengan perkembangan siswa pada usia tersebut. Sekolah juga memiliki guru yang bertanggung jawab untuk mengajar dan membimbing siswa dalam proses pembelajaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, sekolah juga merupakan wadah bagi siswa untuk belajar keterampilan sosial. Mereka belajar berinteraksi dengan teman sekelas, belajar menghormati perbedaan, dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Sekolah juga merupakan tempat untuk mengembangkan nilai-nilai moral dan etika, serta membangun kepribadian yang baik.

Pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), khususnya siswa baru akan diperkenalkan dengan lingkungan sekolah. Hal ini ditujukan untuk membantu siswa baru agar lebih familiar dengan fasilitas dan ruang lingkup sekolah mereka. Selain itu, pengenalan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan aturan dan kebijakan sekolah kepada siswa baru.

Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah MPLS biasanya dimulai dengan pemberian informasi mengenai struktur dan organisasi sekolah. Siswa baru akan diperkenalkan dengan nama dan peran setiap anggota staf sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan petugas administrasi. Siswa baru juga akan diberikan penjelasan mengenai program dan kurikulum sekolah. siswa baru juga diajak berkeliling untuk mengenal fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah. Mereka akan diajak mengunjungi ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang olahraga, dan fasilitas lainnya. Selama perjalanan ini, siswa baru akan diberikan penjelasan singkat tentang setiap fasilitas yang mereka kunjungi dan bagaimana cara menggunakannya.

Selain mengenal fasilitas, siswa baru juga akan diberikan penjelasan mengenai aturan dan kebijakan sekolah. Mereka akan diberitahu mengenai jam sekolah, tata tertib di ruang kelas, kebijakan absensi, dan aturan lainnya yang berlaku di sekolah. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa baru memahami apa yang diharapkan dari mereka dan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib.

Selama pengenalan lingkungan sekolah MPLS, siswa baru juga akan diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang hal-hal yang tidak mereka pahami. Guru dan staf sekolah akan siap untuk menjawab pertanyaan siswa baru dan memberikan bantuan yang diperlukan. Ini juga merupakan kesempatan bagi siswa baru untuk memperkenalkan diri dan berinteraksi dengan teman sekelas mereka.

Pengenalan lingkungan sekolah MPLS adalah langkah penting dalam menyambut siswa baru ke lingkungan sekolah mereka. Dengan memberikan informasi yang jelas dan memastikan bahwa siswa baru merasa nyaman dan siap menghadapi tahun ajaran baru, diharapkan mereka dapat dengan mudah beradaptasi dan meraih kesuksesan selama masa sekolah mereka.

Ikuti tulisan menarik Herimirhan Mirhan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler