x

Perpustakaan digital Elib Spandawa ( Electronic Library) SMP Negeri 22 Bandar Lampung merupakan bentuk lain dari perpustakaan digital berada di lingkungan sekolah. Dalam konsep ini, buku-buku disajikan dalam bentuk file-file dalam berbagai format. Dengan adanya Perpustakaan Digital Elib Spandawa, maka pengumpulan, pengelolaan dan penyebaran sumber pustaka dapat dilakukan lebih baik lebih mudah, lebih murah dan lebih luas. Setiap anggota yang memerlukannya dapat langsung mengakses file-file tersebut dalam genggaman melalui handphone.

Iklan

Herimirhan Mirhan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juli 2023

Rabu, 26 Juli 2023 04:49 WIB

Electronic Library Spandawa SMP N 22 Bandar Lampung

Dengan Perpustakaan Digital Elib Spandawa pengumpulan, pengelolaan dan penyebaran sumber pustaka dapat dilakukan lebih baik lebih mudah, lebih murah dan lebih luas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

HADIRKAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

MERANGKAI MASA DEPAN PENDIDIKAN DAN AKSES INFORMASI DIGITAL DENGAN ELIB SPANDAWA ( ELECTRONIC LIBRARY) SMP N 22 BANDAR LAMPUNG

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

HERIMIRHAN,S.Ag., M.Pd

  • Guru Penggerak Angkatan 7 Kota Bandar Lampung
  • Ketua MGMP PAI Kota Bandar Lampung
  • Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 22 Bandar Lampung
  • Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia Propinsi Lampung

 

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menuju perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan dan akses informasi. Salah satu inovasi yang muncul sebagai respons terhadap perkembangan ini adalah perpustakaan digital. Perpustakaan digital merupakan platform yang memungkinkan akses mudah dan cepat terhadap berbagai jenis buku, jurnal, artikel, dan sumber daya informasi lainnya melalui internet.

Perpustakaan digital menawarkan banyak manfaat yang tidak bisa diabaikan. perpustakaan digital mengatasi kendala geografis dan fisik yang mungkin dihadapi oleh perpustakaan tradisional. Dengan adanya akses internet, seseorang dapat mengakses perpustakaan digital dari mana saja dan kapan saja. Hal ini memungkinkan akses yang lebih luas dan merata terhadap sumber daya pendidikan dan informasi, terlepas dari lokasi geografis atau status sosial ekonomi.

Perpustakaan digital juga menawarkan fleksibilitas dalam hal format dan media yang digunakan. Buku fisik seringkali terbatas dalam hal jumlah dan variasi yang dapat ditampung, sementara perpustakaan digital dapat menyediakan ribuan bahkan jutaan judul dengan berbagai format seperti e-book, audiobook, atau bahkan video pembelajaran. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih format yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan belajar mereka.

Hadirnya Perpustakaan digital Elib Spandawa ( Electronic Library) SMP Negeri 22 Bandar Lampung merupakan bentuk lain dari perpustakaan digital berada di lingkungan sekolah. Dalam konsep ini, buku-buku disajikan dalam bentuk file-file dalam berbagai format. Dengan adanya Perpustakaan Digital Elib Spandawa, maka pengumpulan, pengelolaan dan penyebaran sumber pustaka dapat dilakukan lebih baik lebih mudah, lebih murah dan lebih luas. Setiap anggota yang memerlukannya dapat langsung mengakses file-file tersebut dalam genggaman melalui handphone.

Layanan peminjaman dilakukan secara otomatis oleh sistem dengan mudah. Berbagai koleksi buku disediakan di perpustakaan digital seperti buku Ensiklopedia, Kamus, Cerpen, Novel, Sains, Biografi, Buku Mata Pelajaran dan koleksi buku lainnya. Elib Spandawa digunakan oleh anggota Perpustakaan SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Di sekolah anggota perpustakaan dapat berkunjung langsung ke perpustakaan sekolah, di luar sekolah anggota perputakaan tetap dapat berliterasi, membaca buku di manapun dan kapanpun melalui Elib Spandawa.

Adapun tujuan yang ingin dicapai (goal) dari program ini adalah sebagai penunjang sarana pembelajaran jarak jauh atau online dari rumah. Meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Meningkatkan budaya literasi tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan seluruh siswa. Mendukung program inovasi daerah. Sedangkan manfaatnya Elib Spandawa (Electronic Library)  terbuka informasi secara luas yang mudah didapatkan. Meningkatnya literasi dan pengunjung Perpustakaan. 

Ikuti tulisan menarik Herimirhan Mirhan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler