x

Iklan

Rifki Aryatno

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2023

Minggu, 16 Juli 2023 18:55 WIB

Destinasi Wisata Situ Cipondoh Punya Menghadapi Masalah Sampah dan Kemacetan

Setelah rampung revitalisasi, tempat wisata Situ Cipondoh kini menjadi lokasi yang banyak menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya masyarakat Kota Tangerang, tapi juga dari luar Tangerang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Isrofathul Laili Amalia dan Rifki Aryatno

Setelah rampung revitalisasi, tempat wisata Situ Cipondoh kini menjadi lokasi yang banyak menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya masyarakat Kota Tangerang, tapi juga dari luar Tangerang.

Setelah disulap yang kini tampil dengan gaya moderen, Pemprov Banten juga membuka kawasan Situ Cipondoh dengan nuansa pasar apung dan tempat jogging bagi masyarakat yang akan melakukan olahraga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk diketahui, proyek destinasi wisata yang menjadi salah satu kebanggaan provinsi Banten ini memiliki luas 126 hektare, dipersulit dengan anggaran cukup fantastis dengan nilai mencapai 8,6 miliar. Dalam pengerjaannya, Pemprov Banten menganggarkan dengan APBD untuk revitalisasi Danau Cipondoh.

Proyek yang sempat dihentikan oleh mantan Gubernur Banten Wahidin Halim ini mulai dikebut kembali pembangunannya pada tahun 2022 lalu. Tempat wisata danau ini juga menjadi sumber resapan air ini rampung dikerjakan pada Januari 2023.

Meskipun belum dilakukan seremonial peresmian setelah rampungnya proyek ini, namun sudah nampak ribuan masyarakat kerap mendatangi lokasi ini bersama keluarga mereka. Apalagi saat akhir pekan maupun hari libur nasional, pengunjung membanjiri lokasi ini.

Banyak masyarakat yang bahagia akan adanya pembangunan Situ Cipondoh ini. Mereka menyebut dengan rekreasi murah yang ada di Kota Tangerang.

Namun demikian, ada saja masyarakat yang malah merasakan lokasi ini menjadi sumber masalah baru.

Lazim adanya, pro dan Kontra yang timbul atas pembangunan Situ Cipondoh sebagai destinasi wisata yang ada di depan Kantor Kecamatan Cipondoh. Ada yang diuntungkan, namun tidak sedikit masyarakat yang dirugikan.

Berikut keuntungan dari destinasi wisata Situ Cipondoh.

1. Wisata Merakyat
Sejak rampungnya revitalisasi lokasi ini, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung memadati lokasi ini. Apalagi, lokasi ini banyak terdapat penjual makanan jalanan yang bersahabat dengan kantong.

Masyarakat yang datang ke lokasi ini umumnya menikmati nuansa alam dari pemandangan danau.

2. Pasar Apung Digadang Dapat Mendongkrak Perekonomian
Selain itu, spot yang telah disiapkan untuk pedagang di lokasi ini juga digadang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat. Apalagi sebelum adanya revitalisasi danau ini masyarakat juga banyak menikmati Danau Cipondoh dengan banyak nuansa kuliner dan permainan anak.

Sementara itu, adanya lokasi ini juga menuai permasalahan baru yang merugikan masyarakat.

3. Sampah berserakan
Sejak dipadati oleh pengunjung, lokasi yang ini juga banyak dipenuhi dengan sampah yang berceceran. Hal tersebut terjadi karena minimnya sarana pembuangan sampah.

4. Kemacetan Panjang Bikin Sengsara
Akhir-akhir ini setelah Situ Cipondoh tampil dengan wajah baru, wisatawan yang berkunjung juga semakin banyak.

Alhasil, jalan Hasyim Ashari mengalami kemacetan panjang, bahkan bisa mencapai dua kilometer.

Hal ini bukan tanpa sebab, kemacetan terjadi akibat ruas jalan di kawasan Situ Cipondoh yang sempit ditambah banyaknya bermunculan kantong parkir liar yang ada di dekat lokasi Situ Cipondoh.

Ikuti tulisan menarik Rifki Aryatno lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu