x

Iklan

Ria Febrianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Agustus 2021

Selasa, 18 Juli 2023 20:17 WIB

Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang Membuka Peluang Bisnis Baru bagi Pelaku UKM Desa Joho

Di era digital saat ini, teknologi telah menjadi kunci sukses bagi pengembangan bisnis. Oleh karena itu, Universitas Negeri Malang (UM) turut berperan dalam memajukan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Joho, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era digital saat ini, teknologi telah menjadi kunci sukses bagi pengembangan bisnis. Oleh karena itu, Universitas Negeri Malang (UM) turut berperan dalam memajukan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Joho, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek. Melalui kegiatan pelatihan pemasaran produk melalui marketplace, UM memberikan kesempatan kepada 15 pelaku UKM Desa Joho untuk memanfaatkan teknologi secara optimal dan menjangkau masyarakat global.

Sebelumnya, masyarakat Desa Joho hanya memanfaatkan teknologi sebagai sarana komunikasi saja. Namun, dengan pesatnya perkembangan platform online seperti marketplace, tim pengabdian UM menyadari pentingnya mengedukasi dan melatih pelaku UKM dalam memanfaatkan teknologi tersebut untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing bisnis mereka.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan langkah konkret UM dalam memberdayakan pelaku UKM Desa Joho. Dengan antusiasme yang tinggi, para pelaku UKM mengikuti pelatihan ini dengan harapan dapat memanfaatkan potensi yang ada dan meningkatkan keterampilan pemasaran online mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyampaian Materi Pelatihan Pemasaran Produk Online

Selama pelatihan, pelaku UKM diberikan panduan praktis dalam membangun keberadaan bisnis mereka di platform marketplace. Mereka dibekali dengan handbook yang dilengkapi link video lengkap terkait strategi pemasaran online, teknik branding produk, dan manajemen pesanan. Hal ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana memanfaatkan platform marketplace untuk meningkatkan visibilitas produk mereka.

Ibu Rika, salah satu peserta pelatihan, menyatakan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan oleh UM. "Sebelumnya, kami hanya mengandalkan pemasaran konvensional dan belum merasakan manfaat dari teknologi. Melalui pelatihan ini, kami belajar bagaimana memanfaatkan marketplace secara efektif untuk menjangkau pelanggan di berbagai lokasi. Kami sangat antusias dan berharap dapat mengimplementasikan strategi pemasaran yang kami pelajari."

Selain memberikan panduan praktis, UM juga berkomitmen untuk memberikan bimbingan lanjutan kepada pelaku UKM setelah pelatihan selesai. Dosen dan mahasiswa dari UM akan terus memantau dan memberikan dukungan kepada pelaku UKM dalam mengembangkan pemasaran online mereka. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan pelaku UKM dapat menerapkan strategi yang tepat dan mencapai kesuksesan dalam bisnis mereka.

Widianti, S.Pd., M.Pd., dosen Universitas Negeri Malang yang terlibat dalam kegiatan ini, mengatakan, "Kami berharap pelatihan ini dapat membuka peluang bisnis baru bagi pelaku UKM Desa Joho. Dengan memanfaatkan teknologi dengan optimal, mereka dapat bersaing di pasar global dan membawa dampak positif bagi perekonomian lokal."

Revitalisasi UKM melalui pelatihan pemasaran produk melalui marketplace merupakan langkah nyata dalam membangun perekonomian yang berkelanjutan. Diharapkan, melalui inisiatif seperti ini, pelaku UKM Desa Joho dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam perekonomian daerah.

Ikuti tulisan menarik Ria Febrianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu