x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika melakukan visit pasien diruang ICU/Foto : Dokpri

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Rabu, 19 Juli 2023 14:40 WIB

Hati Sapi Apakah Baik Dikonsumsi?

Hati Sapi Apakah Baik Untuk Dikonsumsi manusia?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Sapi merupakan salah satu hewan yang memiliki tekstur daging yang lembut dan lezat. Selain itu sapi merupakan salah satu binatang yang memiliki daging yang lezat dikonsumsi untuk masyarakat Indonesia. Hati sendiri merupakan salah organ yang berfungsi untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak mengganggu proses metabolisme.

Diantara semua daging hewan, organ hati sapi merupakan organ hati yang paling baik adalah organ hati. Organ hati memiliki kandungan nutrisi protein yangs angat tinggi serta memiliki asam amino tinggi untuk tubuh. Manfaat hati sapi sangat baik mengurangi anemia, resiko kekurangan vitamin A dan mengurangi resiko penyakit lainnya.

Sedangkan menurut penelitian Prima Trisna Aji (2023) untuk organ hati sapi memiliki kandungan lengkap seperti : kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tembaga, zinc, serta vitamin A, B, dan C. Selain itu, hati sapi juga mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu tekstur yang mebut dan empuk baik dikonsumsi baik lanjut usia. Hati sapi baik untuk proses pembentukan sel darah merah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa organ hati atau jerohan merupakan makanan kotor yang tidak baik bagi manusia. Tetapi ketika mengkonsumsi organ hati sapi secara wajar dan tidak berlebihan maka tidak akan menyebabkan masalah kesehatan. Tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang membahayakan bagi tubuh manusia.

Bagi penderita yang memiliki kolesterol yang tinggi, mengkonsumsi hati sapi tidak disarankan dikarenakan bisa meningkatkan kadar koelsterol didalam tubuh. Selain itu pada penderita yang memiliki asam urat yang tinggi juga tidak disarankan dikarenakan bisa meningkatkan kadar purin didalam tubuh manusia.

Selain itu mengkonsumsi hati sapi secara berlebihan bisa menyebabkan resiko penyakit yang lain seperti, serangan jantung, gagal jantung, stroke, penyakit asam urat, kerusakan hati dan bayi lahir cacat.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa mengkonsumi hati sapi secara wajar dan tidak berlebihan sangat baik bagi kesehatan. Tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan penyakit penyerta pada manusia. Cara mengkonsumi hati sapi yang baik dan benar untuk menghindari risiko kelebihan kolesterol, kita perlu membatasi konsumsi hati sapi. Cukup konsumsi hati sapi satu kali dalam sebulan dan porsi yang disarankan tidak lebih dari 85 gram, agar kita terhindar dari kelebihan kolesterol.

Selain itu Prima Trisna Aji juga menyampaikan bahwa Kolesterol dapat menempel di dinding pembuluh darah dan membentuk timbunan plak. Plak inilah yang membuat dinding arteri menjadi sempit, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu