x

Di zaman sekarang aplikasi TikTok sangatlah populer baik dikalangan anak muda, tua maupun \xd dikalangan para pebisnis. Kita bisa bandingkan ketika ditahun-tahun sebelumnya orang yang \xd berjualan online hanya bisa berjualan melalui postingan marketplace di Facebook dan untuk \xd melakukan siaran langsung (Live) pun masih sedikit sulit. Sekarang tidak lagi harus \xd memposting melalui marketplace di Facebook atau WhatsApp. Karena kita bisa berjualan \xd melalui siaran langsung (Live) di aplikasi Tiktok. Bahkan sudah jarang orang-orang berjualan \xd melalui Instagram. Hampir semua warga negara Indonesia menggunakan aplikasi TikTok. \xd Berdasarkan informasi dari Data Indonesia.id ada 8 Negara dengan pengguna aktif TikTok \xd terbesar di Dunia. Salah satunya termasuk Negara Indonesia yang menduduki pengguna Tiktok \xd terbesar kedua di Dunia setelah Amerika Serikat. Pengguna aktif TikTok di Indonesia sebesar \xd 99,1 juta orang pada April 2022. Sehingga pada jumlah tersebut menjadi yang terbesar kedua \xd setelah Amerika Serikat.

Iklan

Alfaira Nazwa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2023

Senin, 24 Juli 2023 18:45 WIB

Pengaruh TikTok dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Para remaja yang malas belajar bahasa Inggris akan menjadi lebih semangat dengan adanya aplikasi TikTok . Kita juga bisa mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan oleh para pembuat konten.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TikTok adalah aplikasi yang saat ini sedang hits. Semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menggunakan aplikasi TikTok untuk sekedar menghibur diri. Namun ternyata aplikasi TikTok ini dapat memberikan pengaruh yang besar untuk belajar bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris sangat penting di era globalisasi saat ini. Ada banyak keuntungan dalam mempelajari bahasa Inggris. Kita bisa menggunakan aplikasi TikTok untuk belajar bahasa Inggris. Dengan melihat konten-konten dari penulis asing, kita dapat menyerap bahasa Inggris. Informasi yang disajikan pada aplikasi TikTok sangat menarik dan mudah dimengerti oleh semua kalangan. Dengan begini, para remaja yang malas belajar bahasa Inggris saat ini akan menjadi lebih semangat dengan adanya aplikasi TikTok ini. Kita juga bisa mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan oleh para pembuat konten.

Banyak sekali content creator Indonesia yang mengajarkan bahasa Inggris kepada orang Indonesia. Hal ini membuat kita lebih mudah mencerna karena bahasa yang digunakan tidak semuanya bahasa Inggris, melainkan campuran. Konten yang disajikan juga beragam karena dilihat dari masing-masing content creator yang berlomba-lomba menampilkan video yang menarik. Semakin menarik videonya, maka semakin menarik pula bagi kita untuk belajar bahasa Inggris.

TikTok kini menjadi aplikasi yang dapat mempengaruhi remaja masa kini. Ada banyak informasi di dalamnya, terutama informasi tentang pendidikan bahasa Inggris. Karena kita tahu bahwa di tahun 2020 ini, seluruh dunia sedang mengalami pandemi COVID-19. TikTok dapat memudahkan kita untuk belajar bahasa asing. Mulai dari kosakata, tata bahasa, dan lain sebagainya. Remaja saat ini, hanya membutuhkan aplikasi TikTok karena aplikasi tersebut menyimpan banyak informasi yang menarik untuk dipelajari. Media sosial pada akhirnya akan menjadi media pembelajaran bagi kita sebagai manusia, terutama TikTok. Ternyata TikTok dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam belajar bahasa Inggris.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Betapa pentingnya bahasa Inggris di era globalisasi. Kita membutuhkan banyak media yang menarik untuk berdiskusi dan belajar. Dengan TikTok kita bisa menemukan berbagai macam informasi tentang bahasa Inggris dan bahasa asing. Dari informasi yang kita lihat di aplikasi TikTok, kita bisa mendapatkan informasi baru. Dari waktu ke waktu, bahasa Inggris terus dikembangkan dan dilestarikan. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus kita pelajari karena penting. Dengan mempelajarinya, kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Bahasa Inggris bisa menjadi keahlian kita saat melamar pekerjaan. Bahasa Inggris juga dapat membuat kita merasa lebih percaya diri dan tidak minder.

Pembuat konten di TikTok juga sangat beragam dalam hal menjelaskan bahasa Inggris. Mereka sangat bersemangat dan videonya sangat beragam. Menurut kami, video-video ini sangat berguna. Mulai dari tata bahasa, tenses, kosakata, dan lain-lain. Konten yang mereka sajikan dalam bentuk video pendek biasanya hanya berdurasi sekitar 30 detik atau 3 menit. Mereka menjelaskan penggunaan dan pengucapan bahasa Inggris. Kita juga bisa berlatih berbicara bahasa Inggris dengan para content creator TikTok. Kita bisa dengan mudah mencerna apa yang dimaksud oleh si pembuat konten. Setiap hari kita bisa menemukan video pembelajaran bahasa Inggris di TikTok dan media sosial lainnya. Namun, menurut penulis, TikTok akan memberikan kita video yang singkat namun sangat mudah untuk kita sebagai orang Indonesia mencerna atau memahaminya. Mungkin ada beberapa video yang tidak kita pahami, dari situ kita bisa melihat pentingnya belajar tentang media sosial lainnya. Dengan adanya aplikasi TikTok, kita bisa memahami dan belajar lebih banyak tentang bahasa Inggris.

TikTok menyajikan video-video pendek agar kita dapat memahami apa yang dimaksud dalam video tersebut. Semakin pendek video tersebut, semakin mudah kita memahaminya, dan inilah sisi positif dari TikTok. Para pembuat konten di aplikasi TikTok mengedit video mereka sendiri cukup menarik untuk kita lihat. Ada banyak sekali template yang mereka gunakan untuk menarik perhatian kita. Dari hasil editan yang menarik ini, kita akan lebih semangat belajar bahasa Inggris. Media belajar bahasa Inggris tentu ada banyak, salah satunya adalah TikTok. TikTok bisa membuat media seperti pembelajaran bahasa Inggris kita.

Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang harus dikuasai oleh masyarakat Indonesia sebagai negara berkembang. Kita harus meningkatkan kualitas kita dalam berbahasa Inggris. Kita harus siap bersaing dengan negara lain. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Dengan belajar bahasa Inggris, kita akan mendapatkan banyak manfaat. Tentu saja, manfaat belajar bahasa Inggris sangat banyak. Kita bisa dengan mudah mencerna isi video, waktu belajarnya pun hanya sedikit.

TikTok telah mendapatkan popularitas yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir dan telah menjadi platform utama untuk hiburan dan interaksi sosial. Meskipun TikTok terkenal dengan video-video pendeknya, TikTok juga memiliki dampak yang signifikan terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa cara TikTok memberikan dampak pada pelajar bahasa Inggris. TikTok memberikan kesempatan kepada pengguna untuk membenamkan diri dalam konten bahasa Inggris yang otentik. Melalui video yang dibuat oleh penutur asli atau pelajar lain, pengguna terpapar dengan berbagai aksen, kosakata, dan ekspresi sehari-hari, sehingga membantu mereka mengembangkan pemahaman bahasa yang lebih alami.

Format video pendek TikTok sangat sesuai dengan rentang perhatian pelajar. Banyak kreator di TikTok membuat konten edukasi yang berfokus pada pembelajaran bahasa Inggris. Pelajaran singkat ini mencakup topik-topik seperti tata bahasa, kosakata, pengucapan, dan idiom, sehingga membuat pembelajaran lebih mudah diakses dan menarik. TikTok mendorong pengguna untuk mengekspresikan diri mereka secara kreatif, dan ini meluas ke pembelajaran bahasa. Pelajar dapat membuat video mereka sendiri dalam bahasa Inggris, berpartisipasi dalam tantangan, dan berinteraksi dengan pengguna lain. Keterlibatan aktif ini mendorong latihan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan jalan keluar untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari.

Basis pengguna global TikTok memungkinkan pelajar untuk terhubung dengan penutur bahasa Inggris dari berbagai belahan dunia. Pengguna dapat terlibat dalam pertukaran bahasa, di mana mereka dapat berlatih bahasa Inggris dengan penutur asli, dan pada gilirannya, membantu orang lain mempraktikkan bahasa ibu mereka. Pertukaran ide dan percakapan ini dapat meningkatkan keterampilan bahasa dan pemahaman budaya. Penekanan TikTok pada konten visual menjadikannya platform yang ideal untuk pelajar visual. Pengguna dapat menemukan video dengan subtitle, grafik, atau animasi yang membantu pemahaman. Aspek visual ini membantu pelajar mengasosiasikan kata-kata dengan gambar dan konteks, memperkuat pemahaman mereka tentang kosakata dan frasa bahasa Inggris. Terlepas dari kelebihan-kelebihan tersebut, penting untuk dicatat bahwa TikTok tidak boleh menjadi satu-satunya sumber pembelajaran bahasa Inggris. TikTok tetap harus dilengkapi dengan kursus bahasa yang komprehensif, bahan bacaan, dan percakapan interaktif dengan penutur asli untuk mendapatkan pengalaman belajar yang menyeluruh.

Ikuti tulisan menarik Alfaira Nazwa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu