x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Rabu, 2 Agustus 2023 12:32 WIB

Ketika Lelah dengan Apa yang Kamu Jalani Saat Ini

Ketika kamu lelah dengan apa yang dialami saat ini? Berdamailah dengan diri sendiri, jangan menyerah. Karena hati dan pikiran yang mengerti pun lelah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bisa jadi, kamu lelah hari ini. Akibat terjebak rutinitas duniawi. Selalu ada masalah, hubungan yang terganggu. Tekanan keuangan, terpesona gaya hidup. Bahkan merasa gagal dan belum berhasil. Jadi tidak nyaman dan susah tidur nyenyak. Terlalu banyak yang dipikirkan. Lelah dan lelah, terkadang bosan. Ketahuilah, semua keadaan itu sangat manusiawi.

Lelah sangat wajar. Pasti ada saat-saat ketika kamu merasa tidak memiliki semangat. Energi jadi berkuarang, berakibat mental maupun fisik kelelahan. Malas gerak dan tidak tertarik lagi bergerak. Lelah pikiran, lelah emosional, bahkan lelah secara sosial. Lalu bertanya, aku harus apa?

Sungguh, jangan biarkan perasaan lelah terlalu lama menjajah. Jangan biarkan stress bermukim lama-lama. Jangan mau rasa frustrasi menguasaimu. Tidak boleh ada rasa cemas dan depresi yang berkepanjangan. Tenangkan diri dan istirahatlah senyaman mungkin. Bersujudlah dan carilah waktu yang pas untuk berdialog dengan Allah SWT.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tinggalah segala keinginan dan khayalan. Berhentilah sejenak untuk merenung, memikirkan kebesaran-Nya sambil bersyukur. Tarik nafas dan kumpulkan kembali energi positif. Kamu tidak boleh kehilangan harapan. Terus motivasi diri sendiri. Karena tidak ada orang lain yang peduli pada diri kita, selain diri kita sendiri. Ayo bangkit, dan katakana ini bukan tentang berapa kali kamu jatuh. Tapi tentang berapa kali kamu bangkit!

Ketahuilah, lega tidak selalu tenang. Punya tidak selalu senang. Selalu ada hari kita jatuh, bangun, tertawa, bahagia bahkan tersungkur. Tapi apapun keadaannya, percayalah Allah SWT adalah sebaik-baiknya pengatur. Jika bukan jatuh, lantas apa yang akan mengajarkan kita tentang cara berdiri kokoh. Jika bukan kekecewaan, lantas apa yang akan mengajarkan kita tentang membuat hati yang tegar?  Ketahuilah, setiap hal yang memberatkan kita adalah cara Allah SWT untuk menjadikan kita lebih baik dan lebih baik lagi.

Percayalah, Allah SWT pasti dan selalu memberikan sesuatu yang terbaik untuk hamba-Nya. Kehendak-Nya pasti lebih baik dari apa-apa yang kita inginkan, lebih besar dari apa-apa yang kita harapkan. Itulah mengapa hati perlu dilatih untuk lebih peka. Agar mampu lebih memaknai bagaimana cara Allah SWT menyayangi kita.

Ketika kamu lelah dengan apa yang kamu jalani saat ini? Siapapun pasti pernah mengalaminya. Ayo bangkit dan jangan menyerah. Mengeluh atau stress tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Kumpulkan energi itu, ayo bangkit. Mulailah dan beranilah berdamai dengan keadaan diri sendiri. Cintai diri sendiri dan nikmati segala masalah yang ada. Tetap sabar dan ikhlaskan. Bertawakal dan mohon bantuan-Nya. Insya Allah akan indah pada waktunya. Karena setelah gelapnya malam, pasti akan terbit pagi yang cerah.

Berdamailah dengan diri sendiri. Lelah pasti alami semua orang, lelah pun sangat manusiawi. Karena hakikatnya, hati dan pikiran yang mengerti pun menjadi lelah. Tetap samangat!

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB