x

Dokumentasi iniTempe (Sumber: SATU Indonesia Awards 2021)

Iklan

Ida Bagus Indra Dewangkara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Jumat, 4 Agustus 2023 15:21 WIB

Usaha Tempe Asal Bali Ini Raih Apresiasi SATU Indonesia Awards, Kamu Juga Bisa

Usaha tempe yang diberi nama iniTempe berhasil meraih apresiasi SATU Indonesia Awards 2021. iniTempe juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya, khususnya petani yang menjadi mitra pentingnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di balik setiap kesuksesan usaha terdapat cerita inspiratif dan penuh tantangan. Begitu pula dengan iniTempe (Innovate New Ideas with Tempe), sebuah usaha tempe asal Bali yang berhasil meraih penghargaan bergengsi SATU Indonesia Awards 2021.

Yuk kita simak bersama bagaimana cerita awal yang mengantarkan iniTempe menuju puncak kesuksesan dan menginspirasi pecinta kuliner lokal.

Mengenal Sejarah iniTempe

Semua dimulai dari mimpi seorang pria bernama Benny Santoso. Sejak lulus dari Culinary School, Benny merasa tertarik dan terobsesi untuk mengembangkan potensi tempe, makanan tradisional Indonesia yang memiliki khasiat kesehatan dan gizi yang tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada tahun 2017, Benny Santoso mengambil langkah berani dengan mendirikan iniTempe. Dengan tekad yang kuat, dia memulai perjalanan panjangnya dengan hanya berbekal ide, semangat, dan 4 orang karyawan yang setia mendukungnya.

Usaha iniTempe Menjadi Inovasi Tempe yang Menyegarkan

Benny berjuang keras untuk menciptakan produk tempe yang berbeda dari yang lain. Tidak hanya mengandalkan tempe sebagai camilan khas Indonesia, ia juga berpikir lebih jauh dengan menggabungkan tempe dalam berbagai makanan internasional seperti hamburger, steak, dan sandwich.

Kreativitas Benny menjadikan tempe sebagai bahan dasar makanan yang unik dan menarik, menggugah selera siapa pun yang mencobanya. Usaha ini tidak berhenti di situ, Benny juga melibatkan petani lokal sebagai mitra penting dalam usahanya, sehingga membantu menciptakan ketahanan pangan dan memberdayakan masyarakat setempat.

Dengan memberikan arahan dan dukungan kepada petani, ia mengajak mereka menanam kembali kedelai lokal untuk mengurangi ketergantungan pada kedelai impor.

Melihat Tantangan dan Perjuangan iniTempe

Perjalanan iniTempe tidak berjalan mulus. Benny menghadapi berbagai tantangan yang menguji ketekunan dan kegigihannya. Salah satu tantangan besar adalah mencari tenaga kerja yang memiliki semangat dan komitmen tinggi dalam bekerja di bidang produksi tempe.

Kesulitan ini diatasi dengan mencari solusi alternatif dan mencari pekerja yang berdedikasi. Selain itu, masyarakat juga menghadapi persepsi bahwa harga tempe lokal lebih murah karena dominasi kedelai impor di pasar.

Untuk mengatasi hal tersebut, Benny berfokus pada edukasi dan menyosialisasikan perbedaan serta keunggulan kedelai lokal kepada masyarakat.

Membangun kesadaran akan pentingnya dukungan terhadap produk lokal menjadi langkah penting dalam menghadapi persaingan pasar.

Bagaimana Kesuksesan dan Dampak Positif dari iniTempe?

Berbekal inovasi dan kerja kerasnya, iniTempe berhasil mencuri perhatian banyak penggemar. Produk unik ini menarik minat tidak hanya di Bali, tetapi juga di kota-kota besar lainnya, seperti Jakarta.

Kesuksesan iniTempe memberikan inspirasi positif bagi anak-anak Indonesia untuk lebih mencintai dan menghargai makanan lokal yang kreatif dan bermutu. Melibatkan petani lokal sebagai mitra pemasok bahan baku yang stabil serta memberdayakan perempuan dalam proses produksi telah menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian daerah.

Usaha iniTempe juga menjadi duta kuliner Indonesia yang membawa nama baik produk lokal hingga ke pasar internasional.

SATU Indonesia Awards: Ajang Bergengsi yang Apresiasi iniTempe

Keberhasilan iniTempe dalam meraih penghargaan SATU Indonesia Awards 2021 tak lepas dari komitmen penuh Benny Santoso dan timnya.

Mereka percaya bahwa dengan kualitas produk yang terus ditingkatkan dan dukungan pemerintah serta pasar yang baik, usaha ini akan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Cerita awal kesuksesan iniTempe telah membuktikan bahwa dengan inovasi, kegigihan, dan semangat berusaha, sebuah usaha kuliner lokal dapat menjadi sorotan dan menginspirasi banyak orang.

Yuk, Ikuti SATU Indonesia Awards 2023!

Banner Satu Indonesia Awards

SATU Indonesia Awards 2023 memberikan kesempatan emas bagi Anda untuk mendapatkan pengakuan atas dedikasi, kerja keras, dan kreativitas yang Anda tampilkan.

Dengan berbagai bidang yang di antara lainnya adalah kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi. Jadi, jika kamu memiliki kegiatan dari salah satu bidang tersebut, yuk simak syarat dan caranya di bawah ini!

Syarat Daftar SATU Indonesia Awards 2023

  • Peserta harus berusia maksimal 35 tahun, baik sebagai individu atau sebagai kelompok dengan anggota minimal 3 orang.
  • Bidang kegiatan peserta harus berfokus pada Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Teknologi, serta Kewirausahaan.
  • Kegiatan yang diajukan harus bersifat orisinal dan telah berlangsung selama minimal 1 tahun.
  • Kegiatan yang diajukan tidak boleh pernah menerima penghargaan tingkat nasional atau internasional sebelumnya.
  • Peserta tidak boleh menjadi karyawan Grup Astra atau merupakan mitra dari SATU Indonesia Awards.
  • Seseorang diperbolehkan untuk mendaftarkan orang lain yang memenuhi syarat untuk mengikuti SATU Indonesia Awards 2023.
  • Kegiatan yang diajukan harus belum pernah menerima manfaat dari Grup Astra.
  • Kegiatan yang dilakukan harus sejalan dengan konsep sustainability, mencakup aspek lingkungan, sosial, serta tata kelola yang berkelanjutan.
  • Setelah pengumuman dilakukan, keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Cara Daftar SATU Indonesia Awards 2023

  1. Akses halaman website di https://sia.astra.co.id/,
  2. Daftarkan akun baru atau masuk menggunakan akun Google Anda,
  3. Klik opsi "Daftar di Sini",
  4. Isikan informasi yang diminta dalam formulir pada halaman website,
  5. Setelah selesai, submit formulir yang telah Anda isi melalui website.

Mudah, bukan? Jadi, yuk sekarang adalah saat yang tepat untuk daftar SATU Indonesia Awards 2023!

Ikuti tulisan menarik Ida Bagus Indra Dewangkara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu