x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Sabtu, 12 Agustus 2023 10:35 WIB

Ke Mana Saya Donasi Buku dan Bagaimana Caranya?

Tentang donasi buku ke taman bacaan, tertarikkah Anda? Karena buku bekas Anda adalah buku baru bagi yang belum membacanya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu cara berbagi yang sederhana adalah donasi buku. Sedekah buku, emnyumabng buku bacaan. Agar anak-anak Indonesia di era digital begini masih mau dan bisa membaca buku. Tentu, demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Jangan menyebut minat baca rendah tanpa mampu menyediakan buku-buku bacaan. Masalahnya itu, buku-buku bacaan tidak merata dan tidak ada tempat membaca?

 

Donasi buku ke taman bacaan. Imbauan ini yang selalu disosialisasikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Agar tersedia akses bacaan ke kampung-kampung, ke pelosok-pelosok negeri. Untuk mednukung aktivitas literasi dan taman bacaan di mana pun. Jadi, cukup berdonasi buku. Orang per orang, keluarga, komunitas dan organisasi apapun pasti bisa berdonasi buku. Lalu mengirimkannya ke taman bacaan. Sekali lagi, demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kamu tahu nggak? Buku-buku bacaan itu aset utama taman bacaan. Nafasnya gerakan literasi ada di buku-buku. Karena buku-buku yang dibaca dapat mengubah masa depan anak-anak Indonesia. Sekaligus menjadi motivasi untuk selalu datang ke taman bacaan. Buku-buku adalah energi yang menggerakkan taman bacaan.

 

Nah, bagaimana cara donasi buku ke taman bacaan? Maka tips donasi buku sesuai dengan pengalaman TBM Lentera Pustaka adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan buku yang akan didonasikan adalah buku bacaan dari berbagai macam genre, bukan buku pelajaran sekolah.
  2. Bikin durasi waktu pengumpulan buku sekaligus men-sortir buku yang akan didonasikan.
  3. Taruh buku-buku yang mau didonasikan ke kardus atau boks dan disusun secara rapi.
  4. Cari taman bacaan terdekat sebagai tempat penyaluran donasi buku. Pilihlah taman bacaan yang aktivitasnya rutin dan semarak agar lebih bermanfaat dan dibaca anak-anaknya. Silakan saja "search" di mbah google, taman bacaannya apa?
  5. Kirimkan donasi buku bacaan melalui jasa kurir ke alamat taman bacaan yang dituju atau datang langsung untuk menyerahkan buku-buku donasinya.
  6. Jangan khawatir, pasti buku-buku yang didonasikan ke taman bacaan sangat bermanfaat. Karena taman bacaan prinsipnya, 1) ada bukunya dan 2) ada anak-anak yang membacanya.

 

Donasi atau sedekah itu tidak selalu berupa uang. Buku-buku yang bisa dibaca orang lain pun sedekah. Seperti senyum kepada orang lain pun sedekah. Jadi, donasikan buku yang Anda punya ke taman bacaan. Karena buku bekas Anda adalah buku baru bagi yang belum membacanya.

 

Donasi buku ke taman bacaan itu ibarat sungai yang mengalir. Siapapun dia, hanya akan terus memperoleh manfaat dari air bersihnya. Bahkan donasi (sedekah) buku pun bisa jadi "obat" untuk langkanya aktivitas membaca di pelosok negeri. Agar tersedia akses bacaan untuk anak-anak Indonesia. Karena taman bacaan tanpa buku-buku bacaan, pastinya akan “mati suri” alias dijauhi anak-anaknya.

 

Jangan tunda lagi, silakan donasi buku ke taman bacaan. Mumpung masih ada waktu, mumpung masih punya banyak teman. Kumpulkan buku-buku bacaan dan donasikan ke taman bacaan. Karena sejatinya, tidak ada minat baca tanpa adanya ketersediaan akses bacaan. Dan tidak ada bacaan tanpa ada yang mau berdonasi buku. Saat Anda berdonasi buku ke taman bacaan, maka berkah pun tersalurkan. Salam literasi! #DonasiBuku #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu