x

Iklan

bella

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2023

Minggu, 13 Agustus 2023 10:24 WIB

Optimalisasi UMKM Rambak Kulit Sapi Desa Plosowangi dengan Metode E-Business

Pemanfaatan marketing melalui metode e-business diharapkan dapat meningkatkan penjualan rambak, karena semakin banyak orang mudah mengakses dan mengetahui UMKM rambak melalui media sosial yang kini dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Plosowangi (31/7/2023)-Plosowangi merupakan salah satu desa yang terkenal dengan UMKMrambaknya. Dimana terdapat satu dukuh yang sudah menekuni usaha rambak yang dikenal dengan nama Kampung Rambak. 

Apasih rambak itu? Rambak merupakan makanan ringan yang terbuat dari kulit sapi yang kaya akan protein dan diolah dengan diberi bumbu rempah serta penambah rasa. Rambak memiliki tekstur mirip keripik dengan rasanya yang gurih dan kriuk-kriuk cocok sebagai lauk pelengkap makan.

Proses pembuatan rambak baik rambak sayur maupun kerupuk rambak pada prinsipnya hampir sama yaitu perendaman, proses pengolahan meliputi pencucian, pengempukan, pengirisan, pemberian bumbu, penjemuran, pengungkepan, penggorengan dan proses pembungkusan. Proses pengolahan rambak mudah dilakukan akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Salah satunya dilakukan penjemuran di bawah terik matahari. Sehingga kondisi cuaca sangat berpengaruh selama pembuatan rambak. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Proses pemasaran kerupuk rambak UMKM Desa Plosowangi dilakukan secara langsung. Dimana dipasarkan langsung di pasar dalam kiloan. Hal ini merupakan salah satu permasalahan yang terjadi di UMKM Desa Plosowangi termasuk UMKMrambak Bu Sumi. Pada era digital, teknologi sudah semakin berkembang termasuk salah satunya di dunia marketing. Dengan ini KKN Tim II Undip berusaha membantu pemasaran umkm rambak bu sumi dengan mendaftarkan NiB, P-IRT, serta membuatkan platform berbasis media sosial dan marketplace

Kegiatan program multidisiplin Optimalisasi UMKM Rambak Kulit Sapi Melalui Metode E-Business dilaksanakan tanggal 31 Juli 2023 di rumah produksi Dukuh Tukuman, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten. Pelaksanaan program kerja dilakukan secara berkala dimulai dari pendaftaran NiB dan P-IRT, kemudian dilanjut dengan pembuatan video dan foto produk serta praktek pengoperasian marketplace.

Pemanfaatan marketing melalui metode e-business diharapkan dapat meningkatkan penjualan rambak, karena semakin banyak orang mudah mengakses dan mengetahui UMKM rambak melalui media sosial yang kini dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Selain itu dengan penggunaan media sosial dapat memberi peluang untuk menggapai pasar yang lebih luas.

 

Penulis: TIM II KKN UNDIP 2023

Tags: #p2kknUndip #KKNUndipTimII #LPPMUndip #Undip #DesaPlosowangi

Ikuti tulisan menarik bella lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB