x

Puisi cinta teruntuk perempuan yang suka setia menemani dalam keadaan apapun

Iklan

Nicholea Billy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Selasa, 15 Agustus 2023 19:11 WIB

Bawa Orang yang Anda Cintai ke Australia dengan Dependent Visa

Dependent Visa Australia adalah program visa yang mengizinkan anggota keluarga dekat Anda untuk bergabung dengan Anda di Australia. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan visa tanggungan di Australia, anggota keluarga Anda harus memenuhi definisi Anggota Unit Keluarga (MoFU)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dependent Visa Australia telah menjadi pilihan yang terkenal bagi orang-orang yang bermigrasi ke Australia namun harus berpisah dengan keluarganya.

Dependent Visa Australia mengizinkan pelajar/profesional internasional untuk membawa keluarga mereka untuk tinggal di Australia selama pemegang visa utama. Jadi, Anda dapat membawa keluarga/pasangan Anda ke Australia dengan menggunakan Dependent Visa Australia.

Pada artikel ini, ONE derland Consulting akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis visa yang dapat membawa keluarga/pasangan dalam Program Dependent Visa Australia dan proses pengajuannya serta persyaratan dari setiap visa yang dapat masuk dalam Program Dependent Visa.

Apa yang dimaksud dengan Dependent Visa Australia?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dependent Visa Australia adalah program visa yang mengizinkan anggota keluarga dekat Anda untuk bergabung dengan Anda di Australia. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan visa tanggungan di Australia, anggota keluarga Anda harus memenuhi definisi Anggota Unit Keluarga (MoFU), yaitu:

  • pasangan atau pasangan de facto dari pemohon utama
  • anak pemohon utama atau anak pasangannya yang belum bertunangan, menikah, atau dalam hubungan de facto dan
  • di bawah usia 18 tahun, atau
  • berusia antara 18 dan 23 tahun dan bergantung pada pemohon utama atau pasangan pemohon utama, atau
  • berusia 23 tahun atau lebih dan bergantung pada pemohon utama atau pasangan pemohon utama karena cacat fisik atau mental sebagian atau seluruhnya
  • anak yang menjadi tanggungan anak yang disebutkan di atas

Dependent Visa Australia untuk Anggota Keluarga Anda

Ada beberapa jenis visa yang termasuk dalam Program Dependent Visa Australia, termasuk:

  • Visa Anak Tanggungan (Dependent Child Visa) (Subkelas 445)

Jika Anda adalah orang tua yang bermigrasi ke Australia di bawah program Partner Visa, dan Anda ingin membawa serta anak Anda untuk bermigrasi ke Australia, Anda dapat mengajukan permohonan Visa Anak Tanggungan (Subkelas 445). Harap diperhatikan bahwa setelah anak Anda mendapatkan visa 445, Anda harus menyertakan anak Anda dalam aplikasi Visa Mitra permanen Anda. Kemudian, anak Anda akan diberikan visa PR bersamaan dengan Visa Mitra permanen Anda.

  • Visa Pelajar Pendatang Selanjutnya (Student Visa Subsequent Entrant)

Visa ini diperuntukkan bagi pemegang Visa Pelajar Tanggungan. Jika Anda adalah tanggungan dari pemegang Visa Pelajar dan berencana untuk bergabung dengan keluarga Anda di Australia, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan Visa Pelajar Pendatang Selanjutnya. Dalam visa ini, seseorang yang dapat dikategorikan sebagai keluarga dari pemegang visa pelajar ini adalah

  1. Pasangan atau pasangan de facto dari pemegang visa pelajar utama
  2. Anak-anak dari pemegang visa pelajar utama yang berusia di bawah 18 tahun
  • Visa Anak (Child Visa) (Subkelas 101 dan subkelas 802)

Visa Anak Tanggungan atau hanya Visa Anak Australia memiliki dua subkelas yang berbeda, yaitu subkelas 101 dan subkelas 802. Subkelas 101 diperuntukkan bagi anak-anak yang masih berada di luar Australia, sementara orang tuanya sudah berada di Australia. Jika Anda berada dalam situasi ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan Visa Anak (subkelas 101) untuk anak Anda agar mereka dapat bergabung dengan Anda di Australia.

Sementara itu, jika anak Anda sudah berada di Australia dengan memegang visa substantif yang valid, Anda dapat mempertimbangkan aplikasi subkelas 802 agar mereka dapat tinggal secara sah dan permanen bersama Anda.

Harap diperhatikan bahwa sebagai orang tua, Anda juga harus memenuhi persyaratan sponsor, termasuk menjadi orang tua biologis anak tersebut dan berstatus sebagai warga negara Australia atau penduduk tetap Australia.

  • Visa Kerabat Lanjut Usia (Aged Dependent Relatives) (Subkelas 114)

Visa permanen ini diperuntukkan bagi seorang lansia lajang yang bergantung pada kerabat yang tinggal di Australia untuk mendapatkan dukungan finansial. Visa ini memungkinkan kerabat Anda untuk pindah ke Australia secara permanen. Dengan visa ini, kerabat Anda dapat bekerja dan belajar di Australia, mendaftar dalam skema perawatan kesehatan publik Australia, dan mensponsori kerabat Anda untuk datang ke Australia.

Jadi, jika Anda memiliki kerabat yang berada di usia pensiun, tinggal sendiri dan sepenuhnya bergantung pada Anda dalam hal makanan, pakaian, dan dukungan keuangan lainnya, Anda dapat mempertimbangkan visa ini untuk mereka.

  • Visa Pendatang Selanjutnya di Bawah Program Visa Kerja (Subsequent Entrant Visa Under Work Visa Program)

Ada juga opsi pendatang berikutnya di bawah program visa kerja. Opsi pendatang berikutnya tersedia untuk subkelas visa kerja berikut ini:

  • Visa Lulusan Sementara (Temporary Graduate) (subkelas 485)
  • Kekurangan Keterampilan Sementara (Temporary Skills Shortage) (subkelas 482)
  • Daerah yang Disponsori Pemberi Kerja Terampil (Skilled Employer Sponsored Regional) (subkelas 494)

Harap diperhatikan bahwa Anda harus menjadi pasangan atau anak dari pemegang visa di atas agar memenuhi syarat untuk program visa ini.

Mari Cari Tahu Proses dan Cara Mendaftar di Setiap Visa Dependen!

Setelah mengetahui jenis-jenis visa yang tercantum dalam Program Dependent Visa Australia, yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah proses dan cara pengajuan setiap visa. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengajukan permohonan visa tanggungan Australia dan meminimalisir kesalahan atau kekurangan dokumen saat memproses visa tanggungan Australia. Mari kita lihat proses dan cara mengajukan setiap visa berdasarkan Departemen Dalam Negeri Australia:

  • Visa Anak Tanggungan (Dependent Child) (Subkelas 445):

Sebelum mengajukan permohonan, periksa apakah paspor anak masih berlaku. Kemudian lengkapi formulir dan dapatkan foto, dokumen, dan terjemahan yang Anda perlukan. Setelah mengisi formulir, Anda dapat mengajukan permohonan visa ini di atas kertas dan Anda harus mengisi formulir dalam bahasa Inggris.

Pemerintah Australia akan memberi tahu Anda ketika mereka telah menerima aplikasi dan dokumen. Setelah Anda mengajukan permohonan, Departemen Dalam Negeri akan membuat keputusan dan anak Anda dapat berada di dalam atau di luar Australia untuk menerimanya. Mereka akan memberi tahu Anda keputusan secara tertulis, jika mereka memberikan visa, mereka akan memberi tahu Anda:

  1. Nomor pemberian visa
  2. Tanggal mulai berlakunya visa
  3. Segala ketentuan visa

Jika Departemen Dalam Negeri menolak visa, mereka akan memberi tahu Anda:

  1. Alasan mengapa visa ditolak
  2. Apakah ada hak untuk meninjau kembali keputusan tersebut
  • Pendatang Selanjutnya di bawah Visa Pelajar (Subsequent Entrant under Student Visa) (Subkelas 500)

Proses aplikasi untuk pemegang visa pelajar yang bergantung melalui pendatang berikutnya sama dengan visa pelajar. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah Anda harus memastikan bahwa Anda dinyatakan sebagai anggota keluarga dalam aplikasi Visa Pelajar keluarga Anda. Jika mereka tidak menyatakan Anda sebagai anggota keluarga mereka, Anda harus mengajukan permohonan Visa Pelajar yang baru dan memberikan pernyataan mengapa mereka tidak menyatakan Anda sebagai anggota keluarga.

Visa ini memungkinkan Anda untuk tinggal di Australia selama pemegang visa pelajar utama sedang menempuh pendidikan.

  • Visa Anak (Subkelas 101 dan subkelas 802)

Proses dan pengajuan visa jenis ini hampir sama dengan Visa Anak Tanggungan (Subkelas 445). Sebelum mengajukan permohonan, periksa apakah paspor anak Anda masih berlaku. Kemudian lengkapi formulir dan dapatkan foto, dokumen, dan terjemahan yang Anda perlukan. Setelah melengkapi formulir, Anda dapat mengajukan permohonan visa ini di atas kertas dan Anda harus melengkapi formulir dalam bahasa Inggris.

Pemerintah Australia akan memberi tahu Anda ketika mereka telah menerima aplikasi dan dokumen.

  • Visa Kerabat Lanjut Usia (Aged Dependent Relatives Visa) (Subkelas 114)

Pertama, Anda harus memeriksa paspor Anda sebelum mengajukan permohonan. Departemen Dalam Negeri hanya akan memberikan visa jika Anda memiliki paspor yang masih berlaku. Setelah menyiapkan paspor, Anda memerlukan bukti identitas dan dokumen karakter. Anda juga akan membutuhkan dokumen sponsor Anda. Kemudian, kamu harus mengajukan permohonan visa di atas kertas dan kamu harus berada di luar Australia saat mengajukan permohonan. Departemen Dalam Negeri akan memberi tahu Anda secara tertulis mengenai keputusannya.

  • Visa Pendatang Selanjutnya di bawah program Visa Kerja (Subsequent Entrant Visa under Working Visa program)

Prosesnya berbeda-beda tergantung pada setiap subkelas visa. 

Apa Kriteria untuk memenuhi Definisi "Tanggungan"?

Ada kriteria kelayakan yang berbeda di setiap visa tanggungan Australia, tetapi ada kriteria umum yang harus Anda ketahui:

  • Tanggungan mengacu pada mereka yang sepenuhnya atau terutama bergantung pada Anda untuk jangka waktu yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan, pakaian, dan tempat tinggal mereka.
  • Untuk anak yang menjadi tanggungan, mereka harus berusia di bawah 18 tahun agar dapat dianggap sebagai "tanggungan" untuk sebagian besar aplikasi visa tanggungan Australia.
    Jika anak yang menjadi tanggungan berusia di atas 18 tahun, mereka harus terus menerus menjadi siswa aktif atau memberikan bukti bahwa mereka secara fisik tidak dapat menghidupi diri mereka sendiri secara finansial.
  • Jika tanggungan berusia 18 tahun atau lebih, tanggungan harus sudah membaca buklet Life in Australia dan menandatangani Pernyataan Nilai-Nilai Australia yang mengonfirmasi bahwa Anda akan menghormati cara hidup di Australia dan mematuhi hukum Australia.
  • Khusus untuk Visa Kerabat Tanggungan Lanjut Usia (Subclass 114), Anda harus cukup umur untuk menerima pensiun usia di Australia, Anda harus bergantung pada kerabat Anda di Australia untuk kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan pakaian setidaknya selama 3 tahun sebelum Anda mengajukan visa. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan visa ini, Anda tidak boleh memiliki pasangan.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara membawa keluarga/pasangan Anda ke Australia dengan visa dependen, Anda dapat mencari bantuan untuk aplikasi visa dependen.

Ikuti tulisan menarik Nicholea Billy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu